Mengenal DNF Beserta Kegunaan dan Fiturnya

mengenal dnf

Bagi user Linux khususnya, tentu tak lagi asing dengan DNF yang menggantikan package manager Yum. Simak ulasan berikut untuk lebih memahami tentang DNF berikut fitur-fitur yang dimiliki software package manager ini.

Apa itu DNF?

Dandified YUM atau yang biasa disebut DNF merupakan software package manager yang digunakan untuk keperluan distribusi Linux berbasis RPM (RedHat Package Manager). DNF merupakan pengganti terbaru dari package YUM yang berfungsi menjaga kompatibilitas CLI (Command Line Interface) dengan YUM.

Software yang dikenalkan kali pertama pada Fedora 18 ini dapat menghitung dependency secara otomatis serta menentukan tindakan apa saja yang diperlukan untuk menginstal package. Selain itu, user tidak perlu memperbarui machine secara manual karena DNF pun akan mempermudah pengelolaan group of machine.

DNF memungkinkan user melakukan pengunduhan paket, menghapus paketupdate, downgrade, dan instalasi. DNF juga mampu mendefinisikan API yang ketat untuk melakukan plugin dan ekstensi yang memungkinkan adanya modifikasi DNF maupun memberi perintah CLI tambahan.

Apa Saja Fitur DNF?

DNF dinilai mempunyai fitur yang lebih baik dibandingkan YUM. Penyebabnya tak lain adalah karena DNF mempermudah user dalam melakukan pemeliharaan paket dan menyelesaikan masalah dependency secara otomatis.

DNF memiliki konfigurasi dan interface yang sederhana serta mendukung banyak repositori. Selain itu, DNF juga mendukung banyak repository, memiliki perilaku RPM yang konsisten, dan mampu melakukan operasi yang lebih cepat meski memori intensif lebih sedikit. Tak ketinggalan, python API juga terdokumentasi dan solid.

Di samping beberapa keunggulan serta fitur yang telah disebutkan, software yang dapat dijalankan dengan Python2 dan Python3 ini juga mempunyai beberapa fitur tambahan lainnya seperti berikut.

System Upgrades

Produk Fedora pada dasarnya merupakan distribusi Linux pertama untuk menyambut penggunaan DNF command. Adanya fitur system upgrades pun memungkinkan upgrade produk Fedora menggunakan plugin peningkatan sistem DNF.

Automatic Updates

DNF-RPM otomatis mempunyai fungsi sebagai komponen DNF yang menyediakan layanan untuk menginstal dan mengunduh pembaruan secara otomatis. Fitur ini pun akan melakukan pemantauan dan pelaporan secara otomatis terkait ketersediaan pembaharuan, baik dengan mengirim log tentang paket yang diunduh sampai diinstal maupun melalui email.

Itulah informasi mengenai DNF yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pembaharuan pada server Linux. Namun tentu saja, saat akan memilih atau melakukan pembaharuan server, perhatikan pula keamanan data dengan memilih cloud hosting maupun cloud server yang dapat diandalkan seperti nusa.id cloud.

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting