Mengapa Website Down? Ini 5 Penyebabnya

mengapa website down

Pernah mengalami website down ketika sibuk menjelajah internet? Hal tersebut memang menyebalkan, tetapi Anda bisa mencari solusinya jika sudah mengetahui sebabnya. Inilah lima kemungkinan mengapa situs mendadak tidak bisa diakses atau melambat.

1. Trafik Besar

Ketika suatu situs kebanjiran pengunjung, server-nya akan mengalami lonjakan permintaan data akibat banyaknya pengguna yang mengakses. Akibatnya, situs website menjadi melambat bahkan crash. Hal ini biasanya terjadi pada situs belanja yang mengadakan promo atau situs yang kebanjiran pengunjung setelah suatu berita yang berkaitan dengannya mendadak populer.

Bagi pengguna situs website pribadi atau bisnis, solusi terbaiknya adalah melakukan upgrade, terutama jika ada indikasi penggunaan yang meningkat.

2. Kerusakan Teknis

Suatu situs dikelola server fisik, jadi jika server tersebut rusak atau mengalami kendala teknis, situs website yang dikelola tentu saja akan down. Hal ini bisa terjadi karena sambaran petir, pemadaman listrik, bencana alam, hingga tindakan manusia. Jika ini terjadi, satu-satunya cara adalah menunggu hingga tim perbaikan menangani kerusakan server.

3. Kesalahan dalam Penulisan Kode

Website terdiri dari rangkaian struktur kode, jadi satu kesalahan kecil pada urutan penulisan kode tersebut dapat membuat situs Down. Hal ini bisa terjadi pada situs yang dikelola secara pribadi. Jika Anda menangani proses penulisan kode sendiri pada situs pribadi, misalnya, Anda bisa menangani kesalahan ini sesegera mungkin.

Caranya? Dapatkan notifikasi terkait kesalahan penulisan kode (error). Misalnya, jika Anda menggunakan WordPress untuk website Anda, informasi akan datang berupa notifikasi Syntax Error. Notifikasi ini memberi informasi seperti kode mana yang keliru dan di baris berapa.

4. Pemeliharaan Sistem Situs

Terkadang, situs website mengalami down karena memang sedang melewati periode pemeliharaan sistem maintenance. Hal ini normal dan merupakan bagian dari upaya penyedia jasa hosting untuk menjaga mutu layanan. Pemeliharaan ini bisa berupa penanganan fisik maupun pembaruan program. Pengguna internet biasanya akan mendapatkan informasi ini dari situs yang bersangkutan sebelum terjadi.

5. Jasa Hosting Berkualitas Buruk

Jasa hosting yang kurang andal akan membuat situs website down karena tidak memberikan layanan optimal dalam pengelolaan server. Karena server harus bekerja 24 jam, jasa hosting harus memastikan agar server selalu bekerja dengan baik. Solusinya, pastikan Anda menggunakan jasa hosting berkualitas seperti dari nusa.id.

Tidak perlu panik saat website down karena penyebabnya bisa beragam. Ketahui kemungkinan penyebabnya agar Anda bisa menemukan solusinya dengan cepat.

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting