Mengapa Harus Menggunakan Layanan Google Workspace Yang Berbayar ?

Google Workspace

 
Google Workspace merupakan tools produktivitas dan kolaborasi yang disediakan dan dikelola oleh Google yang terdiri dari berbagai macam aplikasi di dalamnya seperti Gmail dengan domain sendiri, Google Docs, Google Spreadsheet, Google Slides, Google Drive, Admin Console dan beberapa aplikasi lainnya. Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi halaman resmi Google Workspace.

Mengutip dari Wikipedia, Google workspace pada awalnya dikenal dengan nama Gmail for your domain yang di luncurkan pada bulan Februari tahun 2006. Beberapa tahun kemudian seiring dengan pengembangan layanan Google melakukan rebranding menjadi G Suite pada tahun 2016. Dan menjadi Google Workspace pada tahun 2020. Berdasarkan pada data bulan April 2020 G Suite saat itu telah digunakan lebih kurang 6 juta pelanggan berbayar dan lebih kurang 120 juta dari segmen pendidikan (Google workspace for Education).

Sebelum desember 2012 Google menawarkan edisi gratis dari G Suite yang dikenal dengan G Suite legacy free kepada publik. G Suite legacy free ini memiliki fitur – fitur yang terbatas dan tidak selengkap Google Workspace atau G Suite yang sebelumnya berbayar. Google telah mengumumkan bahwa untuk pengguna G Suite legacy free harus melakukan upgrade ke edisi Google Workspace yang berbayar sebelum 1 Agustus 2022.

Untuk melakukan upgrade ini dapat dilakukan oleh pengguna secara langsung melalui Admin Console G Suite atau Google Workspace dengan menambahkan metode pembayaran kartu kredit. Bagi yang tidak ingin bertransaksi menggunakan kartu kredit dalam mata uang USD Pengguna juga dapat menghubungi salah satu Partner Google Cloud untuk mendapatkan bantuan dalam proses upgrade G Suite Legacy Free menjadi Google Workspace.

Beberapa alasan mengapa harus menggunakan Google Workspace Berbayar dan bukan G Suite Legacy Free atau Gmail gratis adalah sebagai berikut :

  • G Suite Legacy Free sudah tidak tersedia

 
Pengguna sudah tidak dapat menggunakan layanan G Suite legacy free ini karena per tanggal 1 Agustus 2022 pengguna diwajibkan upgrade ke Google Workspace. Artinya pengguna sudah melakukan upgrade sebelum waktu yang sudah ditentukan.
  

  • Keamanan Akun dan Data

 
Google Workspace merupakan layanan dari Google yang sepenuhnya di manage oleh Google. Kemampuan Google dalam mengelola keamanan informasi sudah tidak diragukan lagi.
  

  • Ownership Data

 
Dengan Google Workspace didapatkan legal authority mengenai email account yang digunakan dan dokumen yang di share ke pengguna lain. Sehingga penerima email yakin bahwa data yang dikirim benar – benar dapat divalidasi dari domain yang digunakan dan perusahaan dapat mengambil semua data bila ada staff yang berhenti bekerja.
  

  • Scalability

 
Dengan Google Workspace memungkinkan untuk melakukan penambahan kapasitas akun dengan sangat cepat saat dibutuhkan. Anda tidak perlu menyiapkan hardware, melakukan konfigurasi dan aktivitas teknis lainnya. Anda cukup melakukan upgrade akun Google Workspace ke edisi yang lebih tinggi dan kapasitas akun Anda akan langsung menyesuaikan.
  

  • Cloud Base

 
Anda tidak perlu menyediakan hardware dan memikirkan maintenance. Google Workspace berjalan di dalam Google Cloud yang seluruhnya di handle oleh Google
  

  • Tidak Perlu Install Aplikasi dan Multiplatform

 
Tools yang tersedia di Google Workspace dapat diakses melalui browser, tidak perlu menginstall aplikasi lain cukup browser saja sehingga dapat menghemat space di personal computer , atau perangkat mobile yang digunakan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Google Workspace silahkan menghubungi nusa.id cloud yang merupakan salah satu Google Cloud Partner di Indonesia.

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting