fbpx

Membandingkan Fitur Google Suite Setiap Edisi

google suite

 

Google Suite setidaknya memiliki 3 jenis paket yang bisa digunakan bagi orang yang berminat. Ketiga pakai tersebut adalah Basic, Bisnis, dan Enteriprise. Masing-masing paket memiliki fitur yang berbeda, sehingga calon pengguna harus mengerti perbedaan dari ketiganya sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satunya.

Seluruh penjelasan dari masing-masing fitur Google Suite akan dijelaskan secara singkat melalui ulasan ini. Anda akan dapat mempertimbangkan untuk pemilihan salah satu berdasarkan penjelasan yang akan kami berikan.

 

Fitur Masing-Masing Paket Google Suite

 

Harga harga dari setiap paket sudah pasti berbeda, karena memiliki fitur yang berbeda. Untuk bisa menghemat dana perusahaan maupun bisnis, maka perlu mengetahui kriteria yang paling cocok untuk bisnis. Mari kita simak ulasan mengenai Google Suite berikut.

 

1. Aplikasi Office Cerdas

Fitur pertama yang akan dibahas adalah mengenai kecerdasan buatan dimasukkan dalam aplikasi Office. Seluruh pengguna dari semua paket memiliki fitur yang satu ini, sehingga memungkinkan untuk melakukan kolaborasi maupun menyelesaikan pekerjaan dengan kualitas sama baiknya.

 

2. Penyimpanan Data dengan Basis Cloud

Anda sudah mengerti fitur yang pertama, sehingga perlu untuk mengerti fitur berikutnya yang berkaitan dengan penyimpanan data masing-masing paket Google Suite. Paket Basic memiliki penyimpanan sebesar 30 GB. Sedangkan Paket Bisnis dan Enterprise mampu melakukan penyimpanan file dengan jumlah tidak terbatas.

 

3. Kemampuan Akses dari Beda Perangkat

Fitur penting lain yang dimiliki oleh Google Suite adalah kemudahan dalam melakukan akses dengan menggunakan perangkat yang berbeda. Penggunanya akan mampu berpindah perangkat dalam melakukan akses, seperti komputer, tablet, dan smartphone.

Anda akan dapat menggunakan Google Suite di perangkat bersistem operasi Android maupun iOS. Bahkan tidak terdapat batasan jumlah perangkat yang bisa dipakai untuk akses Google Suite. Hal ini berlaku untuk semua paket di G Suite.

 

4. Fungsi Tanpa Internet

Dahulu memang penggunaan Google Suite tidak bisa dipakai tanpa adanya sambungan ke internet. Namun perusahaan tersebut telah merilis pembaharuan, sehingga seluruh perbedaannya dapat digunakan tanpa adanya koneksi internet.

Tentu saja hal ini sangat berguna bagi UMKM yang didirikan pada daerah terpencil yang mana tidak memiliki koneksi internet yang stabil. Ada beberapa fitur yang bisa digunakan tanpa menggunakan internet, seperti Gmail, calender, dan document. Sinkronisasi terhadap konsumen akan dilakukan secara otomatis saat sudah terhubung dengan internet dan ini berlaku untuk seluruh paket G Suite.

 

5. Kompatibel terhadap Microsoft Office

Hampir seluruh manusia yang ada di dunia ini menggunakan fasilitas Microsoft Office. Hal itu membuat Google Suite memberikan fasilitas pengubahan dari file Microsoft Office menjadi Google Suite.

Apapun jenis format Microsoft yang Anda gunakan akan bisa diedit secara otomatis menjadi Google Suite melalui browser website. Tidak perlu lisensi tambahan untuk melakukannya karena sudah masuk dalam fitur yang ditawarkan secara otomatis.

 

6. Dukungan Berbagai Bahasa Asing

Sukses dengan layanan Google Translate-nya, maka G Suite mendapatkan dukungan dari layanan Google Translate. Setidaknya ada 28 dukungan bahasa yang bisa dipakai oleh pengguna G Suite dari seluruh belahan dunia. Hampir seluruh bahasa nasional dari suatu negara terdapat dalam layanan G Suite.

Jumlah 28 dukungan bahasa tersebut tersedia di seluruh paket G Suite. Semua penggunanya bisa memanfaatkan bahasa nasional mereka dalam menggunakan akun G Suite mereka.

 

7. Peserta Ruang Chat Maksimum

Semua orang saat ini menyadari bahwa ketidakmampuan untuk bepergian dalam jarak yang jauh membuat mereka merasa lebih terbatasi secara sosial. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah memanfaatkan chatting. Fitur chatting tersedia di G Suite dan dapat dipakai melalui bermacam-macam perangkat, baik seluler maupun PC.

Bahkan fitur chatting ini dapat dimanfaatkan penggunanya dalam ruang konferensi online. Berkat fitur ini konferensi menjadi lebih jelas, karena disampaikan dalam bentuk tulisan. Setiap pernyataan akan bisa tersampaikan dengan baik. Setiap paket memiliki peserta ruang chat maksimal sebanyak 8.

google suite

Perbedaan Setiap Paket Google Suite

 

Setelah mengetahui masing-masing fitur yang terdapat pada ketiga paket, maka Anda perlu mengetahui perbedaan mencolok dari ketiganya. Seluruh perbedaan fitur tersebut akan dijelaskan secara singkat berikut.

 

1. Google Vault untuk eDiscovery dan Pengarsipan

Paket Basic tidak akan memiliki fitur Vault dan pengguna yang memerlukan fitur ini bisa mendaftarkan di paket bisnis maupun Enterprise. Fitur Vault memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengelolaan, penyimpanan, penelusuran, dan export email dalam suatu organisasi yang menggunakan Google Suite. Bahkan penggunanya akan bisa melakukan rekaman chatting.

 

2. Kontrol Advance

Anda harus mengetahui adanya kontrol tingkat lanjut yang diberikan oleh Google hanya ada pada paket Enterprise. Pengaturan tingkat lanjut ini mampu mencegah terjadinya kebocoran data, dan menerapkan kunci keamanan tingkat tinggi. Pengamanan dilakukan dengan menggunakan enkripsi khusus, integrasi Gmail dalam pengarsipan pihak ketiga, dan lain sebagainya.

 

3. Pusat Keamanan Terbaik

Setiap paket Google suite sudah pasti dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik. Namun sistem keamanan terpusat hanya ada pada paket Enterprise. Pemiliknya akan dapat menganalisa keamanan, menindaklanjuti hasil analisis, dan melakukan rekomendasi terhadap praktek terbaik yang semuanya dilakukan dalam satu dashboard.

 

4. Cloud Identity Premium

Paket yang menyediakan fitur cloud identity premium hanya di Paket Enterprise. Fitur tersebut memungkinkan layanan pengamanan data perusahaan, membantu mengelola aplikasi, maupun pengelolaan perangkat. Pengguna Paket Enterprise akan disediakan pemberian izin terhadap aplikasi, pengaturan otomatis, pengelolaan perangkat seluler, dan lain sebagainya.

 

5. Analisis Log Gmail di BigQuery

Fitur analisis log Gmail di BigQuery ini juga hanya tersedia pada Paket Enterprise saja. Pengguna pada paket tersebut bisa menjalankan Query kustom yang memiliki performa canggih dan kinerja tinggi. Fitur ini memungkinkan untuk melakukan proses analisis yang mendalam maupun membuat dashboard secara kustom.

 

6. Mendukung Permintaan LDAP

Fitur mendukung permintaan LDAP berkaitan dengan autentikasi, otorisasi, maupun pencarian direktori. Aplikasi terintegrasi G Suite ada yang mampu mendukung LDAP dan admin mampu menggunakannya pada hosting melalui Cloud pribadi maupun platform laaS publik.

Admin akan mampu melakukan pengelolaan klien LDAP melalui laman LDAP yang tersedia dalam konsol Google Admin. Pengaturan dapat dilakukan sambil melihat daftar klien LDAP. Seorang admin dapat mengaktifkan, menonaktifkan, menambahkan klien LDAP baru, dan lain sebagainya. Admin perlu paham mengenai tata cara membuat sertifikat autentikasi klien LDAP.

Sekarang Anda sudah mengetahui seluruh fitur yang sama-sama ada dan tidak ada dalam setiap paket Google Suite. Pastikan Anda mempertimbangkan secara matang berdasarkan keberadaan fitur Google Suite yang ada di setiap paket sebelum menggunakan salah satunya. Apabila sudah memutuskan akan menggunakan suatu paket Google Suite, maka bisa menghubungi tim kami di nusa.id cloud. Kami merupakan partner resmi dari Google Indonesia, sehingga layanan yang kami berikan adalah yang terbaik.

Share Artikel :

Blog Terkait

OSPF Load Balancing

OSPF Load Balancing

OSPF (Open Shortest Path First) adalah sebuah protokol routing yang digunakan dalam

Dynamic Routing

Dynamic Routing

Routing dinamis memainkan peran penting dalam jaringan komputer modern dengan mengotomatisasi proses

Policy-Based Routing (PBR)

Policy-Based Routing (PBR)

Policy-Based Routing (PBR) adalah teknik yang memungkinkan administrator jaringan untuk menentukan jalur