fbpx

Memahami 502 Bad Gateway dan Cara Mengatasinya

502 bad gateway

Pernahkah Anda mencoba membuka situs dan menemukan kata dan memahami 502 Bad Gateway? Ini berarti Anda tidak bisa mengakses situs karena server penghubung tidak bisa mendapat informasi valid dari server utama. Akibatnya, “jalur” informasi dari server pusat ke server lainnya tertutup, dan Anda tidak bisa mengakses situs.

 

Masalah server bukan satu-satunya penyebab 502 Bad Gateway. Kode error ini bisa muncul jika ada masalah pada peramban yang Anda gunakan, problem koneksi, hingga cache yang sudah menumpuk. Berikut beberapa solusi yang bisa dicoba jika kode ini muncul.

1. Lakukan Refresh Situs

Refresh situs jadi solusi mudah jika error hanya bersifat sementara. Akan tetapi, jangan langsung melakukannya. Tunggu kira-kira dua hingga tiga menit setelah kode error muncul sebelum melakukan refresh.

2. Buka Situs dengan Peramban Lain

Peramban (“browser“) yang bermasalah bisa menimbulkan 502 Bad Gateway. Jangan hanya terpaku pada satu peramban! Cobalah membuka situs menggunakan peramban lain. Jika masih tidak bisa, nyalakan mode incognito.

3. Bersihkan Peramban dan Hapus Cache

Apakah Anda pengguna internet yang sangat aktif? Coba bersihkan peramban dan hapus semua cache. Terkadang cache yang menumpuk bisa mengganggu akses kode dan menciptakan error saat mencoba masuk ke suatu situs.

4. Mengecek Perangkat atau Koneksi Lain

Apakah ada masalah pada sistem koneksi yang sedang Anda gunakan? Atau mungkin, perangkat Anda sedang bermasalah? Keduanya bisa menciptakan kode error berawalan 5. Coba cek jaringan koneksi Anda saat ini atau gunakan perangkat berbeda untuk mengakses situs yang sama.

5. Memeriksa Plugin atau Ekstensi

Jika Anda mengelola situs sendiri untuk pekerjaan atau hobi spesifik, Anda mungkin menggunakan banyak plugin serta ekstensi. Masalah pada ekstensi atau plugin bisa mengakibatkan error saat Anda mencoba mengakses situs. Coba nonaktifkan semua plugin dan ekstensi. Jika situs bisa diakses, Anda bisa mengetes satu-persatu untuk mengetahui mana yang mengakibatkan error.

Error 502 Bad Gateway dapat terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan layanan hosting yang tidak berkualitas. Nah, setelah akamu memahami Error 502 Bad Gateway, selanjutnya, untuk mengurangi risiko terjadinya error tersebut, gunakanlah layanan hosting bermutu seperti yang tersedia di nusa.id cloud.

Share Artikel :

Blog Terkait

Router VPN: Solusi Keamanan Jaringan yang Efektif untuk Kantor

Router VPN: Solusi Keamanan Jaringan yang Efektif

Router VPN adalah solusi penting untuk meningkatkan keamanan jaringan kantor, terutama dalam

Mengoptimalkan Kinerja dengan Topologi Jaringan Mesh di Kantor

Mengoptimalkan Kinerja dengan Topologi Jaringan Mesh di

Topologi jaringan mesh merupakan solusi yang efektif untuk meningkatkan kinerja jaringan kantor,

Manfaat dan Cara Penggunaan Switch Managed di Kantor

Manfaat dan Cara Penggunaan Switch Managed di

Switch managed merupakan perangkat jaringan yang penting untuk kantor yang menginginkan kontrol