fbpx

Mau Bisnis Berjalan Lancar dan Aman? Yuk, Ketahui Keunggulan Cloud Server!

cloud server

Pernahkah kamu kehilangan data penting karena storage laptop atau komputer mengalami kerusakan? Kamu butuh cloud server (komputasi awan) agar mimpi buruk itu tidak terulang lagi! Penggunaan komputasi awan ini lebih efektif dan aman untuk menyimpan berbagai data penting bisnis kamu. Sebenarnya, apa itu cloud server? Apa keunggulannya untuk bisnis? Simak penjelasannya dalam ulasan berikut.
 

Pengertian Cloud Server

 

Cloud server adalah bagian dari cloud computing sebuah teknologi atau pusat server virtual yang digunakan untuk menyimpan hingga mengolah data, dengan memanfaatkan internet. Jadi, dengan menggunakan komputasi awan ini, kamu tidak membutuhkan flashdisk, memori komputer atau laptop, atau disks sebagai alat penyimpanan.

Semua data kamu sudah tersimpan secara aman di ruang virtual. Kapan pun kamu membutuhkan, data-data ini dapat diakses sewaktu-waktu dengan mudah.
  

Jenis-Jenis Cloud Server

cloud server

Saat ini, ada banyak macam komputasi awan yang dapat digunakan untuk menyimpan data. Berikut ini jenis-jenis cloud server Indonesia berdasarkan jangkauan layanannya:

  • Public Cloud : Sesuai namanya, segala informasi yang tersimpan dalam cloud computing ini dapat diakses oleh publik dengan mudah.

 

  • Private Cloud : Layanan private cloud lebih ketat dibanding komputasi awan lainnya. Layanan ini hanya digunakan untuk kebutuhan internal saja.

 

  • Community Cloud : Komputasi awan ini hanya tersedia dan dapat diakses untuk sekelompok organisasi saja.

 

  • Hybrid Cloud : Merupakan cloud yang memiliki fungsi gabungan antara private cloud dan public cloud.

  

Fungsi Penggunaan Cloud Server

Dikenal sebagai ruang penyimpanan virtual yang praktis dibanding flashdisk dan dan penyimpanan fisik lainnya, berikut beberapa fungsi cloud server:

  • Sebagai ruang penyimpanan data personal, aplikasi, hingga web hosting.

 

  • Untuk meminimalisasi kerusakan hingga kehilangan data.

 

  • Sebagai ruang penyimpanan utama yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun, tanpa perlu membawa media storage.

 

  • Dapat digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi tanpa menyita memori hardware.

  

Keunggulan Cloud Server dalam Bisnis

cloud server

Berikut keunggulan penggunaan cloud server Indonesia untuk bisnis kamu:

1. Dilengkapi Jaminan Fasilitas Pendukung

Data corrupt atau hilang merupakan permasalahan yang sering terjadi pada media penyimpanan fisik. Namun, dengan menggunakan komputasi awan, kamu tidak perlu khawatir kehilangan data bisnis atau perusahan. Hal ini karena komputasi awan menggunakan sistem back-up.

Selain itu, komputasi awan juga memiliki arsitektur high availability yang beroperasi penuh. Penggunaannya dapat memberikan perlindungan, pemeliharaan, serta pembaruan hardware.

2. Stabilitas Tinggi

Pernahkah kamu menjumpai situs web yang lambat memuat data atau sering mengalami error ketika membuka menu tertentu? Komputasi awan dapat mengatasi permasalahan ini.

Penggunaan komputasi awan bisa membuat website atau situs web bisnis kamu akan tetap stabil dengan teknologi auto-healing. Selain itu, selalu ada server pengganti ketika salah satu server tidak berfungsi dengan baik. Jadi, semua orang tetap bisa mengakses situs web dan bisnis kamu meski salah satu server mengalami kerusakan.

Keunggulan ini tentu sangat dibutuhkan, terlebih untuk kamu yang menjalankan bisnis berbasis online.

3. Akses Jadi Mudah

Fleksibilitas komputasi awan memungkinkan data bisnis bisa diakses dari mana saja, tanpa harus melalui perangkat yang sama. Ini tentu sangat mempermudah para pebisnis. Kamu dapat berbagi proyek dengan banyak orang dan memantau atau memonitor kinerja melalui satu titik. Jadi, meski sedang liburan atau bepergian, kamu tetap bisa memastikan bisnis berjalan dengan baik.

4. Efisiensi Biaya

Penggunaan media penyimpanan fisik dalam jumlah besar akan membuat pengeluaran bisnis kamu membengkak. Dengan sewa cloud server murah, kamu dapat menghemat biaya pengadaan storage tersebut.

Selain itu, stabilitas cloud server yang tinggi juga dapat membantu kamu menghemat biaya lainnya, seperti biaya penggunaan listrik, biaya pemeliharaan, maupun operasional hardware. Dengan demikian, pengeluaran bisnis kamu jadi lebih efisien.

5. Kinerja Tangguh

Kinerja komputasi awan dinilai lebih tangguh dibanding dedicated server. Layanan ini dapat membuat sistem berjalan lebih cepat karena memberikan lebih banyak sumber daya. Dengan demikian, kamu bisa mengakses data perusahaan atau bisnis dengan lebih cepat dan tanpa hambatan.

Nah, demikian berbagai keunggulan penggunaan cloud server untuk bisnis. Penggunaannya menguntungkan untuk bisnis, bukan? Jika berminat sewa cloud server, kamu bisa melakukannya melalui nusa.id.

Layanan cloud server nusa.id memiliki banyak keunggulan, seperti aktivasi cepat, upgradable, SSD storage, dan masih banyak lagi. Selain itu, harga cloud server di nusa.id cukup terjangkau. Jadi, tunggu apalagi? Sewa cloud server di nusa.id sekarang juga!

Share Artikel :

Blog Terkait

ECMP Load Balancing

ECMP Load Balancing

Equal-Cost Multi-Path (ECMP) load balancing adalah teknik yang digunakan untuk mendistribusikan lalu

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi Open Shortest Path First (OSPF) dengan protokol lain adalah strategi penting

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing Protocol

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing

Open Shortest Path First (OSPF) adalah salah satu protokol routing yang paling