Masih Pakai HDD untuk Penyimpanan Data? Kini Sudah Ada SSD 200 TB Lho!

pakai hdd

Teknologi penyimpanan data mempunyai fungsi yang sangat penting. Keberadaannya membuat Anda bisa menyimpan data dalam bentuk digital dan mengaksesnya saat dibutuhkan. Hard Disk Drive (HDD) adalah teknologi penyimpanan data yang sudah cukup lama digunakan. Di sisi lain, Anda dapat menemukan teknologi yang lebih canggih berupa Solid State Drive (SSD).

Sebagai teknologi yang lebih mutakhir, tidak heran kalau SSD menawarkan banyak kelebihan dibandingkan HDD. Meski begitu, banyak orang yang lebih mengutamakan pemakaian HDD. Bisa jadi Anda adalah salah satu di antaranya. Padahal, saat ini sudah ada SSD dengan kapasitas mencapai 200 TB, lho!
  

SSD Berkapasitas Terbesar Dunia 200 TB

pakai hdd

Pada 2020, Nimbus Data merilis SSD terbesar dunia saat itu dengan kapasitas mencapai 100 TB, dikenal sebagai SSD ExaDrive. SSD tersebut mereka tawarkan dengan harga sebesar US$40 ribu atau setara sekitar Rp574 an juta. Pemakaiannya bisa menggantikan lebih dari 5 HDD berkapasitas 18 TB dengan disertai peningkatan performa.

Keberadaan SSD 100 TB tidak membuat Nimbus Data puas. Mereka terus berinovasi dalam meningkatkan performa produk SSD-nya. Pada tahun 2022, Nimbus Data memiliki rencana untuk segera merilis produk SSD terbarunya, yakni SSD dengan kapasitas mencapai 200 TB dan bakal menjadi SSD terbesar dunia yang baru.

Bentuk fisik dari SSD ini memang masih belum terlihat di pasaran. Namun, Nimbus Data mengindikasikan kalau produk tersebut telah siap dan bakal dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan produk penyimpanan data dengan kapasitas dan performa tinggi. Sebagai tambahan, pemakaian SSD ini juga dibarengi dengan efisiensi energi yang lebih baik.
  

Tak Semua Orang Bisa Memakai SSD Canggih 200 TB

pakai hdd

Hanya saja, ada catatan penting yang perlu Anda perhatikan terkait keberadaan SSD ExaDrive 200 TB. SSD ini ditujukan bukan untuk penggunaan personal. Dalam sebuah wawancara dengan Techradar, CEO Nimbus Data Thomas Isakovich mengatakan kalau SSD 200 TB dirancang secara khusus untuk pemakaian supercomputer.

Jadi, komputer biasa untuk pemakaian personal tidak akan bisa memanfaatkannya. Pemakaian SSD ini bakal ditujukan untuk keperluan bisnis seperti data center. Dengan indikasi seperti itu, kemungkinan besar kalau SSD 200 TB ini akan dipasarkan dalam format 2.5 inch.

Sebagai informasi, rata-rata SSD berkapasitas besar memang mempunyai faktor bentuk 2.5 inch. Contohnya adalah Samsung SM883, Seagate Nytro 1551, Micron 5300 MAX, dan lain sebagainya. Kalau Anda ingin menggunakan SSD berkapasitas tinggi untuk komputer biasa, pilihannya adalah ExaDrive DC dari Nimbus Data dengan opsi kapasitas 100 TB dan 50 TB.
  

Keuntungan Menggunakan SSD

 

Keberadaan SSD 200 TB dari Nimbus makin mempersempit perbedaan kapasitasnya kalau dibandingkan dengan HDD. Di samping itu, Anda juga akan memperoleh keuntungan lain dari pemakaian SSD, seperti:

1. Tingkat Kecepatan

SSD SATA mempunyai kemampuan mentransfer data sebanyak 600 MB per detik, kontras dengan HDD yang kecepatannya berkisar antara 50-120 MB per detik. Kemampuan SSD pun bakal melonjak drastis kalau memakai teknologi NVMe, mampu mentransfer data mencapai 64.000 per detik.

2. Daya Tahan

SSD tidak mempunyai komponen yang bergerak seperti halnya HDD. Oleh karena itu, SSD mempunyai tingkat ketahanan yang lebih lama dibanding HDD.

3. Efisiensi Energi

Anda juga bisa menghemat pemakaian listrik yang signifikan kalau memakai SSD. Sebagai referensi, ExaDrive DC memerlukan suplai listrik hanya sebesar 0,16 watt saat aktif dan 0,08 watt ketika idle.

4. Tidak Bising

Keuntungan selanjutnya adalah suara yang tidak bising. SSD beroperasi tanpa menggunakan plat seperti pada HDD.

5. Ukuran yang lebih Ringkas

Terakhir, Anda bisa memperoleh keuntungan dari faktor bentuknya. SSD punya bentuk yang jauh lebih ringkas dibanding HDD. Jadi, pemakaiannya tidak akan terlalu banyak menggunakan tempat.

Jadi, Anda ingin tetap menggunakan HDD atau SSD? Bagi para pebisnis, tidak ada salahnya kalau Anda menunggu kedatangan SSD 200 TB. Pemakaiannya bisa memberikan banyak manfaat untuk usaha Anda.

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting