fbpx

Lebih Efektif dan Optimal Jalankan Fungsi HR dengan HRIS Nusawork

hr dan hris

Selain fokus pada performa dan kesejahteraan karyawan, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan sebuah perusahaan, ketika menjalankan kegiatan operasional Human Resources (HR). Salah satu di antaranya, terkait dengan urusan administratif yang melibatkan data kepegawaian, seperti absensi, pembayaran gaji, asuransi, hingga pemotongan pajak. Jika dalam sistem konvensional, proses ini dirasa cukup rumit karena memakan waktu lama, membutuhkan ketelitian, dan rentan human error, beruntung—di era teknologi yang kian canggih, kita mengenal Human Resource Information System (Aplikasi HRIS) sebagai software yang digunakan khusus untuk membantu HRD dalam perkara administratif. Sederhananya, sistem ini akan menyimpan, mengolah data secara terintegrasi, dan memuat fitur kalkulasi untuk memudahkan fungsi penghitungan. Karena berbasis cloud atau online, sistem ini pun terjamin lebih akurat, aman, dapat diakses, dan dibaca dengan praktis.

Ada beberapa tujuan, pun lingkup pekerjaan HR yang terbantu dengan HRIS. Pertama, yaitu memastikan data karyawan dapat tersimpan dengan lebih optimal, tanpa harus khawatir risiko hilang maupun tercecer. Kedua, memastikan sistem penggajian, pemotongan cuti, tunjangan, pajak, maupun asuransi dapat dilakukan dengan cepat dan akurat. Adapun seluruhnya bermuara pada terciptanya proses kerja yang lebih efisien bagi tim HRD.

 

Memperkenalkan, Aplikasi HRIS Nusawork by nusa.id cloud

fungsi HR

Tergerak oleh tujuan yang sama, yaitu mempermudah HR dalam mengelola data karyawan, nusa.id cloud memperkenalkan aplikasi HRIS Nusawork. Bermitra dengan Google di Asia Pacific (APAC) untuk layanan G-Suite (2018), DigitalOcean (2019), dan tergabung dalam Asosiasi Cloud dan Hosting Indonesia (ACHI), nusa.id cloud merupakan salah satu penyedia jasa cloud server di Indonesia yang patut diperhitungkan. nusa.id cloud sendiri adalah bagian dari Nusanet Group (PT Media Antar Nusa) yang telah lebih dari 18 tahun berpengalaman sebagai perusahaan internet solution provider dengan cabang yang tersebar di sejumlah kota Indonesia. Kini, nusa.id cloud telah dipercaya oleh lebih dari 1.500 bisnis maupun individu sebagai solusi layanan cloud server dan web hosting.

Kendati hadir dengan konsep yang sama, HRIS Nusawork by nusa.id cloud hadir dengan beberapa kelebihan, di antaranya:
 

1. Model Terintegrasi untuk Izin, Cuti, dan Absensi

Dengan aplikasi ini, karyawan dapat melakukan input data absensi, seperti cuti, izin, maupun permintaan lain secara terintegrasi, langsung dari ponsel mereka. Tentu, cara ini jauh lebih fleksibel, karena dapat dilakukan dan diakses di mana dan kapan saja. Anda juga dapat langsung melihat informasi secara real time melalui situs.
 

2. Hitung Gaji Kini Lebih Cepat dan Akurat

fungsi HR

Persoalan terkait angka, sering kali rentan risiko human error. Namun, dalam aplikasi HRIS Nusawork by nusa.id cloud, Anda dapat menghitung gaji dengan lebih efisien. Risiko human error pun lebih minimal, sebab sistem payroll memastikan Anda memasukkan beragam komponen penghitungan dan mengelolanya sesuai formula secara otomatis.

Adapun selain gaji, beberapa hal lain terkait kepegawaian yang bisa terbantu, di antaranya proses menghitung pajak sesuai regulasi, asuransi seperti BPJS—termasuk di antaranya persentase berdasarkan kontribusi dan regulasi, hingga pajak.
 

3. Manajemen Data Karyawan

Nikmati proses manajemen data karyawan dengan lebih mudah melalui aplikasi HRIS Nusawork by nusa.id cloud, sehingga Anda dapat memiliki banyak waktu untuk hal lain yang lebih penting. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melakukan banyak tindakan, seperti halnya (1) mengontrol jumlah karyawan yang masuk atau keluar per periodenya, produktivitas karyawan melalui absensi, dsb, (2) melakukan approval berdasarkan request kehadiran dari karyawan, seperti cuti, lembur, izin, dsb, serta (3) time management seperti membuat jadwal, pengalihan pekerjaan, kalender, atau sekadar melihat laporan absensi karyawan.

Nah itu dia penjabaran terkait fungsi aplikasi HRIS, sekaligus inovasi HRIS Nusawork by nusa.id cloud untuk produktivitas fungsi operasional HR Anda. Untuk menikmati layanan aplikasi ini, kamu dapat langsung menuju laman unduh di Google Play atau menjelajahi situs nusa.id untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Share Artikel :

Blog Terkait

ECMP Load Balancing

ECMP Load Balancing

Equal-Cost Multi-Path (ECMP) load balancing adalah teknik yang digunakan untuk mendistribusikan lalu

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi Open Shortest Path First (OSPF) dengan protokol lain adalah strategi penting

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing Protocol

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing

Open Shortest Path First (OSPF) adalah salah satu protokol routing yang paling