Ketahui Cara Mudah Menggunakan Fitur Two Factor Authentication

Two Factor Authentication

 
Kamu pasti pernah mendengar maraknya kasus pencurian data dari berbagai akun email maupun sosial media. Tak hanya mencuri, para pelaku kriminal digital atau disebut juga hacker tidak ragu untuk menjual semua data tersebut pada berbagai pihak yang memang membutuhkannya. Meski mengganti email maupun kata sandi pada akun sosial media bisa membantu, faktanya sifatnya tidak bertahan lama.

Makin canggih perkembangan teknologi, makin banyak pula cara yang bisa dilakukan oleh para peretas dalam mencuri dan menjual data secara ilegal kepada pihak yang tidak bertanggung jawab. Untungnya, kini telah banyak jasa penyedia teknologi yang mengenalkan adanya fitur two factor authentication (otentikasi dua faktor) atau disingkat 2FA. Melalui fitur tersebut, semua pengguna internet bisa menambahkan keamanan berlapis dalam akun sosial media maupun email.
  

Sebenarnya, Apa Itu Two Factor Authentication?

two factor authetification

Mudahnya, two factor authentication adalah sebuah fitur untuk meningkatkan basis keamanan yang memerlukan dua tahap proses identifikasi. Biasanya, tahapan pertama menggunakan kata sandi, dan tahapan berikutnya menggunakan kode keamanan yang dikirimkan melalui ponsel. Namun, kode keamanan itu bisa juga menggunakan IP address, biometrik, hingga waktu log in tertentu.

Cara tersebut umumnya sudah banyak diterapkan dalam website berbasis pelayanan, misalnya toko online. Jadi, para pengguna hanya perlu melakukan aktivasi sehingga akun mereka pun terlindungi. Sementara itu, laman yang memanfaatkan fitur two factor authentication pastinya mendapatkan perlindungan lebih besar dari potensi peretasan berbagai pihak lain yang berencana melakukan tindak kriminal.
  

Cara Mudah Menggunakan Fitur Two Factor Authentication di Google

two factor authetification

Lalu, bagaimana caranya menggunakan fitur two factor authentication ? Guna memudahkan pemahaman, kamu bisa memulai dari mengaktifkan fitur two factor authentication Google. Langkah-langkahnya yaitu:

  • Mengakses halaman akun Google milikmu.
  • Perhatikan menu navigasi pada sisi kiri, lalu pilih menu security.
  • Baca dengan cermat, lalu lanjutkan pilihan “Signing in to Google” dan 2-Step Verification.
  • Bisa jadi kamu akan diminta untuk melakukan log in kembali di halaman Google.
  • Tekan ikon Get Started dan pilih Try It Now. Selanjutnya, kamu tinggal mengikuti arahan yang muncul pada layar.

 
Tidak hanya email, kamu juga bisa mengaktifkan fitur two factor authentication pada beberapa akun media sosial yang kamu miliki, seperti WhatsApp, Telegram, Facebook, two factor authentication Instagram dan halaman website. Cara menggunakannya juga tidak jauh berbeda seperti saat aktivasi pada email. Kamu hanya tinggal mengikuti semua petunjuk yang diberikan.
  

Pentingnya Melindungi Website dengan Fitur Two Factor Authentication

two factor authentification

Two factor authentication adalah cara yang efektif untuk membuat akun media sosial maupun website lebih aman dengan menggunakan tambahan proses verifikasi. Penerapan fitur ini akan mengurangi tingginya risiko kebocoran atau bahkan pencurian data dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ketika kamu hendak log in pada website yang telah mengimplementasikan fitur two factor authentication, kamu harus melalui dua tahapan, yaitu:

  • Memasukkan nama pengguna dan kata sandi sebagaimana mestinya.
  • Melakukan proses verifikasi melalui ponsel atau memasukkan kode keamanan yang sudah dikirimkan ke nomor ponsel kamu melalui sms.

 
Melalui dua proses tersebut, akses masuk ke halaman website, email, hingga akun media sosial hanya dapat melalui pemilik akun.

 

Pastikan Kode OTP Tidak Menyebar ke Pihak Lain

Kode verifikasi atau lebih dikenal dengan sebutan kode OTP menjadi hal yang sangat penting. Pasalnya, kode inilah yang selalu dijadikan sasaran para peretas. Kode ini memiliki sifat sangat rahasia yang hanya diketahui oleh pengguna atau pemilik asli suatu akun, baik media sosial, website, maupun email.

Umumnya, kode OTP akan dikirimkan melalui email maupun SMS ketika kamu log in akun atau hendak melakukan transaksi belanja. Artinya, kamu harus memastikan bahwa kode OTP tidak menyebar ke pihak lain dan merahasiakannya dengan baik seperti layaknya PIN ATM.

Bagaimana, sangat mudah bukan menggunakan fitur two factor authentication untuk akun media sosial dan bisnis kamu? Pastikan kamu sudah menerapkannya pada semua akun digital, ya! Kalau kamu membutuhkan bantuan mengenai optimasi email, kamu bisa langsung menghubungi nusa.id cloud. Tak hanya menawarkan paket hosting, nusa.id juga menawarkan paket domain, server, dan Google dengan harga terjangkau.

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting