Kenal Lebih Dekat dengan Google Workspace for Education

google workspace for education

Setelah pandemi, kebutuhan akan aplikasi untuk keperluan pendidikan makin besar. Adanya aplikasi dapat membantu kesuksesan di lingkungan sekolah dan mempersiapkan siswa berkarier di berbagai sektor industri. Salah satu aplikasi yang sekarang digunakan secara luas adalah Google Workspace for Education.

Apa saja fitur yang dimiliki? Bagaimana aplikasi ini bisa membantu kamu sebagai pendidik? Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap untukmu.

Apa Itu Google Workspace for Education?

Google Workspace for Education merupakan seperangkat layanan dan tools dari Google yang bisa dikustomisasi untuk kebutuhan pendidikan. Beberapa di antaranya adalah kolaborasi antara sekolah dan homeschool, menyederhanakan pengajaran, dan menjaga proses pembelajaran tetap lancar dan aman.

Google Workspace for Education tersedia dalam beberapa edisi. Kamu bisa memilih versi gratis atau berbayar.

  • Google Workspace for Education Fundamentals. Tools ini bisa membantu kamu meningkatkan kesempatan untuk berkomunikasi, berkolaborasi, berkreativitas, dan berpikir kritis. Alat ini juga mendukung tujuan pembelajaran untuk siswa yang gratis dan bebas iklan. Edisi ini sudah dimanfaatkan oleh banyak siswa di seluruh dunia karena relevan dan mudah digunakan.

 

  • Google Workspace for Education Standard. Ini merupakan versi upgrade berbayar yang sudah meliputi semua fitur dalam Education Fundamentals plus keamanan serta analitik tingkat lanjut.

 

  • Teaching and Learning Upgrade. Upgrade berbayar ini sudah mencakup semua fitur dalam Education Fundamentals dengan tambahan video conference tingkat lanjut, peningkatan pengalaman kelas, dan alat untuk meningkatkan integritas akademi.

 

  • Google Workspace for Education Plus (sebelumnya bernama G Suite for Education Enterprise): upgrade berbayar ini telah meliputi semua yang ada di Education Fundamentals plus keamanan dan analitik lanjutan, alat pengajaran yang disempurnakan, dan berbagai fitur tambahan lainnya.

 
Semua edisi juga mencakup Gmail, Calendar, Meet, Document, Slide, Form, Sheets, Docs, Sites, Group, Assignments, Classroom, dan Administrator Dashboard. Jika kamu sudah pernah menggunakan Google Workspace sebelumnya, beberapa aplikasi ini tentu sudah tidak asing lagi untuk digunakan.

Apa Saja Kelebihan dan Manfaatnya

Simpel, Kolaboratif, dan Bisa Digunakan di Berbagai Perangkat

Sangat mudah digunakan, bisa dipakai di berbagai perangkat tanpa terbatas pada lokasi, serta menawarkan pengalaman dan kolaborasi praktis terbaik. Berbagai fitur termasuk Gmail, lembar obrolan, dan Form akan menyederhanakan proses kerja dan menghemat waktu. Dengan begitu, guru bisa meningkatkan produktivitas mereka.

Membangun Keterampilan Digital untuk Masa Depan

Pengetahuan digital bukan hanya harus dimiliki oleh pelajar. Ini adalah elemen penting yang perlu dirangkul oleh dunia pendidikan secara umum, termasuk para guru. Dengan begitu, mereka bisa memberdayakan siswa untuk memanfaatkan teknologi baru dalam memfasilitasi pendidikan.

Meningkatkan Produktivitas Guru

Kamu bisa menghemat waktumu yang berharga dengan membuat, mengatur, membagikan, serta menilai tugas siswa semua dalam satu tempat. Jadi, tidak butuh banyak waktu dan usaha dibandingkan dengan cara manual.

Classroom, misalnya, memudahkan kamu terhubung dengan siswa. Ini akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih efisien dan mudah. Cukup dengan satu klik, kamu bisa membuat ruang kelas virtual dan memberikan tugas. Google Classroom juga bisa kamu gunakan untuk melacak kemajuan siswa, melihat siapa yang mengerjakan proyek yang sudah ditugaskan, siapa yang sudah menyelesaikannya, dan siapa yang masih memiliki pertanyaan.

Bagaimana Cara Berlangganan Google Workspace for Education?

google workspace

Meski versi gratisnya sudah cukup mumpuni digunakan untuk kebutuhan sekolah dan pendidikan, untuk mengakses fitur yang optimal, kamu bisa berlangganan Google Workspace for Education versi upgrade. Kamu bisa memilih sendiri versi yang kamu butuhkan dengan berlangganan bersama nusa.id cloud.

nusa.id cloud sebagai Google Cloud Partner dan reseller siap membantu kebutuhan Google Workspace. Hubungi kami sekarang juga di sini !

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting