fbpx

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux

sistem operasi linux

Linux merupakan salah satu sistem operasi yang makin banyak digunakan meski belum sepopuler Windows terutama untuk kebutuhan perorangan (personal). Namun faktanya, sekitar 80% sistem operasi pada smartphone di seluruh dunia menggunakan kernel Linux. Tak hanya itu, bahkan 90% internet juga didukung oleh server Linux.

Memangnya, apa saja yang menjadi kelebihan Linux hingga memegang peranan sepenting ini? Lalu, apa saja yang menjadi kekurangan Linux dibandingkan beberapa sistem operasi lainnya?

Kelebihan

  • Open Source dan Gratis : Maksud dari open source adalah sumber kode yang ada di dalam Linux dapat dilihat oleh setiap penggunanya sehingga memungkinkan mereka untuk meilhat cara kerja sekaligus mengembangkan sesuai kebutuhan maupun keinginan. Bahkan, Linux dapat dimodifikasi dengan tujuan apapun tanpa ada batasan penggunaan.Oleh karena sifatnya yang open source, pengguna Linux dapat memperoleh dan menggunakan sistem operasi ini secara gratis. Mereka tidak dikenakan biaya lisensi apapun untuk mengoperasikan Linux—tidak seperti kebanyakan kompetitor lainnya.

 

  • Ringan : Linux masih cenderung menggunakan command line melalui perintah teks untuk membuka aplikasi maupun menjalankan beberapa fitur dan aktivitas. Maka dari itu, Linux menjadi relatif lebih ringan dan bahkan masih dapat beroperasi di perangkat dengan spesifikasi rendah.

 

  • Keamanan Lebih Terjaga : Linux bukannya kebal terhadap virus. Kendati begitu, dampak yang dihasilkan tidak separah Windows. Pasalnya, tiap kali pengguna akan menjalankan program, Linux akan meminta authorization sehingga virus sulit untuk berjalan di sistem tersebut.Di samping itu, data dan privacy lebih terjamin di Linux. Hal ini disebabkan Linux tidak mengumpulkan data pengguna saat menggunakan distro atau software tertentu.

 

Kekurangan

  • Tidak Banyak Dukungan Aplikasi : Seperti yang disebutkan sebelumnya, penggunaan Linux memang masih sangat terbatas untuk keperluan perforangan. Maka dari itu, masih belum banyak aplikasi yang hadir dan compatibledengan Linux.

 

  • Interface Cenderung Rumit : Bagi pengguna yang terbiasa menggunakan Windows maupun iOS misalnya, mengoperasikan Linux bisa jadi tantangan tersendiri. Pasalnya, perintah diberikan melalui command line yang membutuhkan kode perintah tertentu alih-alih menggunakan GUI.

 

  • Minimnya Dukungan untuk Perangkat : Sama seperti aplikasi, masih belum banyak vendor yang menyediakan driver perangkat untuk Linux. Karena itu, banyak perangkat di komputer maupun laptop yang tidak terdeteksi secara otomatis pada platform Linux dan mengganggu kenyamanan dalam mengoperasikan.

 
Seperti sistem operasi lainnya, Linux juga mempunyai kekurangan dan kelebihan. Oleh karena itu, pastikan Anda memahami dulu kebutuhan operasional sebelum menentukan menggunakan sebuah sistem operasi tertentu, termasuk Linux.

Share Artikel :

Blog Terkait

OSPF Load Balancing

OSPF Load Balancing

OSPF (Open Shortest Path First) adalah sebuah protokol routing yang digunakan dalam

Dynamic Routing

Dynamic Routing

Routing dinamis memainkan peran penting dalam jaringan komputer modern dengan mengotomatisasi proses

Policy-Based Routing (PBR)

Policy-Based Routing (PBR)

Policy-Based Routing (PBR) adalah teknik yang memungkinkan administrator jaringan untuk menentukan jalur