Pernah Menerima Link atau File yang Mencurigakan? Hati-Hati Dengan Kejahatan Cyber di Era Modern!

komputer yang terkena kejahatan cyber phising

Tak dapat dimungkiri bahwa kejahatan cyber di era modern makin canggih. Terbukti dari cara yang digunakan untuk meretas informasi lebih halus dibandingkan dulu. Bahkan, banyak orang terkecoh dan tak menyadari bahwa dirinya tengah menjadi korban kejahatan siber. Dari banyaknya jenis kejahatan siber, phising merupakan jenis yang paling sering ditemukan. Tindak kejahatan ini sangat berbahaya karena menarik korban untuk memberikan informasi pribadi melalui link ataupun file aplikasi. 

Kendati tampak sepele, hal tersebut berpotensi merugikan korban. Data yang didapatkan bisa disalahgunakan untuk keuntungan pribadi. Bahkan, tak sedikit pelaku yang menjual data tersebut pada pihak lain dengan imbalan besar. Lantas, bagaimana cara mengenali link atau file aplikasi tersebut adalah pishing? Adakah cara untuk tetap aman dari kejahatan cyber? Simak uraian singkat berikut ini!!.

Catat! Begini Ciri Khas Phishing yang Perlu Anda Waspadai!

hacker sedang melakukan proses hacking

Pada dasarnya, pesan phishing sulit dibedakan. Pasalnya, sering kali pelaku menggunakan identitas palsu dan menyertakan logo perusahaan terkenal. Namun, terdapat beberapa petunjuk yang bisa menunjukkan pesan tersebut adalah upaya phishing. Adapun cirinya menurut Techtarget, sebagai berikut. 

  • Link menggunakan subdomain. Biasanya menyerupai website asli, hanya saja sengaja salah ejaan. Misalnya: googglle.com atau faceboukk.com.
  • Link yang dikirim melalui email menggunakan alamat email publik, bukan perusahaan. Misalnya: googglle@gmail.com. Perusahaan asli biasanya menggunakan domain profesional, seperti cs@google.com
  • Link yang dikirim melalui pesan singkat (SMS) atau WhatsApp biasanya menggunakan nomor palsu, bukan nomor resmi yang diketahui publik dan dipajang di website.
  • Link tersebut disertai dengan pesan yang bernada negatif, terkesan terburu-buru. Bahasa yang digunakan cenderung asal, tidak memerhatikan tata bahasa. 
  • Link tersebut juga disertai permintaan verifikasi data sensitif, baik informasi dasar hingga keuangan yang bersifat rahasia.


    Bagaimana Cara Agar Tetap Aman Dari Kejahatan Cyber?

    Untuk mencegah Anda menjadi korban kejahatan cyber harus dimulai dari hal paling mendasar. Usahakan untuk mengurangi intensitas berbagai hal yang bersifat pribadi di media sosial. Hal ini bisa menarik perhatian pelaku kejahatan siber.

    Agar tetap aman dari bahaya siber, lakukan sejumlah hal berikut:

    • Waspada jika mendapatkan link atau file aplikasi dari nomor atau email tak dikenal. 
    • Gunakan antivirus pada ponsel, tablet, PC, ataupun laptop.
    • Aktifkan penyaring spam.
    • Aktifkan firewall desktop dan jaringan.
    • Ganti kata sandi email, media sosial, m-banking, dan lainnya secara berkala. 
    • Jika terlanjur melakukan klik file aplikasi tersebut, hindari memberikan izin akses pada kontak maupun media penyimpanan.

       

    Sangat penting untuk tetap waspada dan cegah kejahatan cyber dengan sejumlah langkah di atas. Lakukan blokir pada nomor tak dikenal dan tandai spam pada email asing. Untukmeningkatkan keamanan data Anda, gunakan penyimpanan Cloud ataupun layanan email bisnis profesional. 

    Dapatkan berbagai keuntungan yang telah dinikmati oleh lebih dari 15 ribu bisnis. Bersama nusa.id cloud penyedia Cloud Service Provider Terpercaya, bisnis Anda bisa berkembang lebih cepat! Informasi lebih lanjut, hubungi nusa.id cloud!

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting