Inilah 5 Fitur Penting yang Harus Ada di Website Bisnis Kamu

5 fitur website

Baru pertama kali membuka bisnis dan membuat website? Pastinya banyak sekali yang ingin kamu lakukan, mulai dari mendesain website, memilih warna, hingga membuat fitur-fitur dengan navigasi semudah mungkin. Hal itu kamu lakukan tentunya karena ingin pengunjung website-mu betah berlama-lama melihat kontenmu. Untuk itu, pemilihan fitur website sangat penting.

Fitur website seperti apa yang harus ada di website bisnismu? Berikut 5 fitur website yang paling utama dan harus ada.

1. Nama Domain

Nama domain merupakan nama website bisnis kamu. Lazimnya, kamu harus menentukan nama domain sesuai dengan nama bisnismu. Berikan nama yang sesingkat mungkin dan mudah diingat.

Bila nama domain kamu ada maksimal dua atau tiga kata, kamu boleh menggunakan garis tengah ( – ) atau dash sebagai pemisah antar kata. Nama domain kamu bisa menggunakan akhiran .com , .co.id, atau id agar terlihat resmi.

2. Nama Bisnis

Sebaiknya nama bisnis juga sama dengan nama domain. Untuk nama bisnis, letaknya harus di bagian atas beranda (halaman utama/homepage) website kamu. Selain itu, gunakan font yang menarik agar nama bisnis langsung terlihat oleh pengunjung.

Lebih baik gunakan warna cerah atau dominan pada nama bisnis. Misalnya saja, bisnismu adalah portal media digital. Letakkan nama media kamu di bagian atas beranda.

3. Logo Perusahaan

Selain nama bisnis, logo perusahaan juga penting sebagai bagian dari personal branding bisnis kamu. Logo bisa berupa huruf atau lambang yang mencerminkan brand perusahaan. Misalnya: logo huruf M besar berwarna kuning cerah untuk waralaba restoran cepat saji McDonald’s. Bahkan, meskipun tidak melihat nama brand-nya secara lengkap, orang akan langsung mengasosiasikan huruf M kuning tersebut dengan McDonald’s.

Maka itu, pastikan logo bisnis kamu mudah diingat pelanggan. Meskipun suatu saat mereka bisa lupa nama bisnismu, logonya mungkin akan membantu mereka mengingat kembali. Hindari membuat logo yang terlalu rumit, yang jadinya malah akan sulit diingat.

4. Deskripsi singkat bisnis

Deskripsi singkat bisnis dalam website biasanya berupa tagline atau kalimat untuk perkenalan singkat. Deskripsi lazim muncul di dekat nama atau logo bisnis pada website. Tidak perlu bertele-tele. Cukup tulis keterangan singkat mengenai dirimu dan bisnis yang kamu jalankan. Biarkan pengunjung mengenal bisnismu seperti itu.

Detail bisnis, termasuk perjalanan bisnismu, dapat ditulis lebih detail dalam artikel pilar atau konten-konten di dalam website. Tidak perlu semuanya dijejalkan ke dalam deskripsi singkat. Biarkan pengunjung mengenal bisnismu secara bertahap, sama seperti cara membangun hubungan yang efektif.

5. Daftar kontak

Bagaimana bila sesudah mengenal website bisnismu, pengunjung tertarik untuk bertanya lebih jauh sebelum membeli? Daftar kontak yang mudah dihubungi termasuk fitur website yang wajib ada dalam website kamu. Misalnya: selain nama perusahaan, harus ada alamat (baik alamat fisik untuk legalitas maupun alamat email.

Selain itu, cantumkan juga nomor telepon khusus bisnis (seperti Whatsapp). Memang, dalam beberapa website bisnis ada fitur ‘buku tamu’ (guestbook) atau live chat dengan bagian customer service. Namun, ada kalanya pengunjung memberi pertanyaan panjang yang belum tentu bisa langsung dijawab di kolom chat.

Lalu, bagaimana dengan akun media sosial bisnismu? Kamu tetap bisa menambahkannya bila mau. Namun, fokuskan informasi utama bisnismu pada website daripada akun media sosial. Bila ada yang bertanya lewat DM, arahkan saja langsung ke website bisnismu. Cara ini juga dapat menambah pengunjung website kamu.

 

Banyak Fitur Tambahan Lain untuk Website Bisnis

Sebenarnya, fitur website yang penting masih banyak lagi. Bila kantormu terbuka untuk dikunjungi, sediakan juga fitur peta (bisa juga terintegrasi dengan Google Maps) agar lokasinya lebih mudah dicari. Kamu juga bisa menambahkan kolom pencari (search bar) di bagian atas atau bawah website. Tujuannya adalah agar pengunjung bisa mencari konten sesuai kata kunci yang mereka pakai. Mereka tidak perlu membuang-buang banyak waktu mengecek setiap konten yang ada di website.

Yang pasti, website bisnismu juga harus bisa diakses, baik dari PC maupun ponsel. Bila bisnis sudah berjalan cukup lama, kamu bisa menambahkan fitur FAQ (frequently asked questions) untuk mengumpulkan pertanyaan yang paling sering ditanyakan pengunjung.

Demikian ulasan seputar 5 fitur website yang wajib ada dalam website bisnismu. Selain daftar ini, fitur apa lagi yang sebaiknya ada?

Pelajari juga : Bagaimana Hosting dapat Mempengaruhi SEO Website Anda !

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting