Ingin Menyimpan Data dengan Lebih Aman? Pahami Perbedaan Cloud Server dan Dedicated Server Dulu

Anda yang masih awam terhadap website dan aplikasi, Pasti dibuat bingung saat pihak jasa penyedia menawarkan untuk memilih cloud server maupun dedicated server. Padahal keduanya adalah hal yang berbeda dan wajib tahu tentang perbedaan yang sebelum menggunakan salah satu layanan tadi.

Anda bisa mendapatkan penjelasan singkat tentang keduanya, sehingga mengerti perbedaannya. Memahami masing-masing istilah tersebut bisa membantu bisnis menjadi lebih efisien dalam menyimpan data perusahaan. Anda akan bisa memutuskan untuk menggunakan hosting website atau membuat aplikasi juga.


Cloud Server


Menghubungi pihak tim IT atau melakukan rekruitmen biasanya memerlukan biaya yang besar, kecuali bila Anda membeli sebuah infrastruktur khusus seperti cloud server. Cloud server bisa menjadi pilihan yang tepat saat penggunaannya memerlukan penyimpanan data secara virtual dengan kapasitas yang lebih besar dari media storage biasa.

Tidak lagi perlu menyediakan penyimpanan fisik yang notabenenya bisa mengalami kerusakan atau hilang. Layanan cloud server ini tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar saja, saat ini sudah banyak perusahaan kecil maupun menengah yang menggunakan layanan tersebut untuk menyimpan data mereka.

Menggunakan cloud server memungkinkan untuk dilakukan konfigurasi advance, terutama dalam hal keamanan maupun kontrol. Kedua unsur yang barusan disebutkan tadi memiliki fungsi yang hampir sama dengan dedicated server. Perbedaan terletak pada lingkungan virtual yang dikelola oleh cloud provider dan pengguna bisa saja memutuskan untuk melakukan upgrade maupun downgrade sesuai dengan kondisi perusahaan.

Para pengguna ke server akan membayar layanan dan mendapatkan beberapa fitur berupa CPU, memori, penyimpanan, dan lain sebagainya. Seluruh resource tersebut bisa diakses secara fleksibel dan tidak terbatas oleh seluruh karyawan dalam perusahaan.

Untuk membuat lebih paham tentang penggunaan cloud server, maka perlu mengetahui seluruh kelebihan menggunakan cloud server. Seluruh kelebihan cloud server bisa dilihat berikut.

  • Kemudahan Akses Data
  • Kelebihan pertama menggunakan cloud server adalah mudah dalam melakukan akses terhadap data maupun aplikasi. Penggunanya tidak harus menggunakan PC yang sama untuk bisa mengambil data yang disimpan di cloud server. Bisa melakukannya melalui perangkat lain, seperti tablet dan smartphone.

  • Fleksibel
  • Setiap perusahaan yang menggunakan cloud server bisa menyewa paket sesuai keperluan. Saat perlu upgrade dan downgrade, maka semua itu bisa diwujudkan dalam waktu sekejap saja. Hanya perlu kontak ke cloud provider saja.

  • Memudahkan Pengelolaan Data
  • Manajemen server bisa mengawasi apa data yang beredar dalam sebuah cloud server perusahaan. Semua status kegiatan dapat diawasi melalui dashboard yang bisa diakses melalui berbagai macam perangkat yang bisa tersambung ke internet.


Dedicated Server


Anda yang sudah memahami pengertian tentang cloud server perlu memahami juga tentang dedicated server. Pengertian dari dedicated server adalah server PC yang mana disewakan maupun dijual kepada pengguna yang memerlukan. Persewaan maupun pembelian dedicated server ditujukan untuk mendukung keperluan bisnis seperti penyimpanan database dan platform data.

Dedicated server memiliki wujud berupa perangkat fisik atau server fisik, sehingga sangat mendukung adanya tingkat keamanan data yang lebih tinggi dan mengharuskan proses instalasi yang menghabiskan banyak waktu. Jenis server fisik ini lebih tidak mudah di hack daripada cloud server yang hanya mengandalkan penyimpanan data secara virtual.


Perbedaan Cloud Server dan Dedicated Server


Cloud server maupun dedicated server memang sama-sama berguna dalam memberikan suatu performa di dunia IT maupun bisnis. Hanya saja membuat keduanya mampu bekerja secara optimal, perlu banyak mengetahui ilmunya dan juga karakteristik dari 2 jenis server tersebut.

Jika Anda ingin membuat performa keduanya menjadi lebih efektif, maka harus memahami berbagai aspek yang akan dijelaskan berikut ini. Tenang saja, penjelasan yang akan disertakan di bawah ini singkat dan mudah dipahami oleh semua orang awam sekalipun.

  1. Kecepatan Perolehan Resource Online
  2. Hal pertama yang harus Anda pahami mengenai perbedaan cloud server dan dedicated server yakni tingkat kecepatan penerimaan resource secara online. Saat ada pengguna yang lebih memilih cloud server, maka ia akan sangat mudah dalam mendapatkan resource yang mana hanya dalam hitungan menit saja.

    Tentunya hal ini akan sangat berbanding terbalik dengan dedicated server dalam hal memperoleh resource. Dedicated server membutuhkan waktu yang bisa mencapai berbulan-bulan dan paling cepat biasanya dalam hitungan minggu

  3. Kecepatan Update Hardware
  4. Aspek kedua yang perlu dipahami untuk bisa membedakan kedua jenis server tersebut adalah tingkat kecepatan saat update hardware. Ada lebih dari 1 jenis hardware yang bisa di-update dengan menggunakan kedua server tersebut, seperti RAM, CPU dan disk space.

    Proses update hardware yang dilakukan cloud server bisa terwujud hanya dengan melakukan beberapa klik. Sedangkan pengguna yang menyewa dedicated server perlu waktu lebih lama untuk bisa melakukan upgrade hardware yang ada di Data center.

  5. Biaya yang Dikeluarkan
  6. Jika Anda berbicara tentang bisnis, maka hal yang paling pertama dipertimbangkan adalah mengenai keuangan. Ada tidaknya dana khusus untuk menyewa atau membeli perangkat virtual maupun fisik yang menunjang kinerja perusahaan juga sangat penting dipertimbangkan.

    Apabila perusahaan sedang dalam tahap berkembang dan memerlukan banyak dana itu artinya harus berhemat dalam mengeluarkan uang, terutama untuk menyewa atau membeli perangkat. Jika itu yang terjadi pada perusahaan, disarankan untuk menggunakan cloud server saja. Penggunanya hanya akan diharuskan membayar terhadap fasilitas berupa CPU, RAM, dan penyimpanan.

Peranan teknologi saat ini sudah tidak bisa dipisahkan dari bisnis. Itu sudah menjadi hal yang mutlak dan harus dipelajari oleh siapapun yang bekerja. apabila berminat untuk menyewa salah satu dari kedua jenis server yang telah disebutkan, bisa memesan di nusa.id cloud.

Seluruh jenis server yang ditawarkan selalu lebih terjangkau dibandingkan dengan perusahaan serupa lainnya. Seluruh konsumen nusa.id juga dapat berkonsultasi selama 24 jam secara gratis untuk bisa menggunakan layanan yang terbaik sesuai keperluan perusahaan.