Ingin Menyewa Cloud Server? Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Cloud Server

Sebuah layanan yang menyediakan web hosting biasanya juga menyediakan layanan cloud server. Teknologi yang satu ini mulai banyak digunakan sejak awal tahun 2000-an. Kegunaan dari cloud server adalah menyimpan data yang tersambung dengan jaringan internet. Menyimpan data menggunakan cloud server lebih praktis daripada menyimpan data di perangkat fisik.

Anda yang berniat menyewa sebuah cloud server harus mengetahui kelebihan dan kekurangan cloud server. Itu bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum menggunakan suatu layanan cloud server. Seluruh pembahasan akan disampaikan berikut ini.


Daftar Kelebihan Cloud Server


Penggunaan cloud server sebagai sarana penyimpanan data memang sangat menguntungkan. Sebagian besar pengguna media storage fisik akan sangat dimudahkan saat harus berganti ke penyimpanan cloud server. Anda penasaran dengan alasannya? Sudah pasti hal tersebut sangat berkaitan dengan kelebihan cloud server.

  1. Biaya Lebih Terjangkau
  2. Suatu perusahaan sudah pasti memerlukan kapasitas penyimpanan data yang besar. Bayangkan saja untuk bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan sampai dengan 1 TB saja paling tidak harus mengeluarkan biaya minimal 700 ribuan rupiah. Sudah lagi, Anda perlu ruang untuk menyimpan eksternal harddisk tersebut.

    Padahal biasanya data perusahaan bisa lebih dari itu dan bayangkan saja berapa luas ruang penyimpanan media storage fisik yang diperlukan. Untuk menghemat biaya, maka bisa menyewa atau membeli cloud server. Menggunakan cloud server membuat suatu perusahaan tidak perlu ruangan khusus hanya demi menyimpan media storage yang jumlahnya bisa sangat banyak.

  3. Tidak Perlu Takut Kehilangan Data
  4. Media penyimpanan fisik bisa mengalami corrupt dan berdampak pada data yang disimpan di dalamnya jadi tidak bisa diakses. Bayangkan saja jika itu adalah data yang penting dan perlu segera digunakan. Bisa menimbulkan kepanikan dari banyak karyawan yang berada dalam proyek yang sama.

    Menyimpan dalam media storage fisik riskan hilang (terutama flashdisk), sehingga data yang ada di dalamnya ikut hilang. Bisa akibat lupa menaruh dimana atau tidak sengaja jatuh di jalan.

  5. Akses Data Lebih Fleksibel
  6. Melakukan akses terhadap data yang tersimpan di media storage fisik sudah pasti perlu kehadiran dari barang tersebut. Kalau lupa membawanya, maka sudah pasti tidak akan dapat mengakses data yang ada di dalamnya. Hal ini sangat berbeda dari melakukan akses data terhadap cloud server yang hanya perlu sambungan ke internet.

    Hampir seluruh perangkat yang bisa terhubung dengan internet akan bisa melakukan akses ke cloud server. Karyawan yang berwenang tidak harus selalu membawa kemana-mana perangkat penyimpanan data, seperti eksternal harddisk, DVD, maupun flashdisk. Ini akan membuat akses data menjadi jauh lebih fleksibel.

  7. Kapasitas Penyimpanan Data Unlimited
  8. Bagi yang memerlukan kapasitas penyimpanan data yang tidak terbatas, maka cloud server adalah solusi yang tepat. Tidak lagi perlu menyediakan banyak eksternal hardisk maupun flashdisk dalam menyimpan banyak data perusahaan.

    Anda yang ingin menggunakan kapasitas lebih besar dapat melakukan upgrade terhadap layanan cloud server yang tersedia di perusahaan. Menggunakan cloud bisa sangat berhemat dana dalam rangka pembelian flashdisk dan harddisk yang baru.



  9. Kemudahan Pengelolaan Server
  10. Mengelola dan mengawasi penyimpanan data dalam server akan menjadi lebih mudah dengan menggunakan layanan cloud server. Pengawas atau admin akan bisa melakukan tugasnya darimana saja dan perangkat apa saja berkat fungsi cloud server yang tersambung ke jaringan internet. Pengguna akan bisa melihat status server yang disewa perusahaannya melalui dashboard.

    Melakukan berbagai kegiatan, seperti upgrade, mengelola server, upgrade, dan instalasi aplikasi penunjang akan bisa dilakukan dengan mudah, karena sudah tersedia tools khusus yang bekerja secara otomatis.

    Berkat ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh cloud server, sekarang hampir semua perusahaan sudah mengalihkan penyimpanan data mereka ke cloud server. Ada banyak paket yang disediakan di nusa.id dan Anda akan dapat memilih sesuai dengan keperluan perusahaan tempat bekerja.


Kekurangan Cloud Server


Tidak ada ciptaan manusia yang sempurna, sehingga setiap teknologinya memiliki kelemahan. Hal tersebut berlaku terhadap teknologi cloud server juga. Sebelum memutuskan untuk menggunakan suatu cloud server, maka perlu mengetahui apa saja kelemahannya. Beberapa kelemahan tersebut bisa disimak berikut.

  1. Pelayanan Bergantung pada Service yang Dipakai
  2. Pelayanan yang diberikan kepada konsumen selalu disesuaikan dengan paket yang disewa. Setidaknya ada tiga paket yang bisa Anda pilih di nusa.id yakni Paket NCC 20, Paket NCC 25, dan Paket NCC 40. Setiap paket sudah pasti menawarkan fitur yang berbeda, terutama dalam hal kapasitas penyimpanan data dan RAM yang ditawarkan.

    Pastikan Anda membaca secara seksama, agar dapat memilih paket yang paling sesuai dengan keperluan. Memesan paket yang tepat bisa memberikan performa paling maksimal dan lebih hemat dana.

  3. Perlu Penyesuaian
  4. Setiap perusahaan yang menggunakan layanan cloud hosting perlu memahami regulasi yang diberikan oleh cloud provider kepada seluruh konsumennya. Biasanya terdapat suatu peraturan dengan cara penyesuaian level dalam melakukan penyimpanan data ke dalam cloud. Pemilik data perlu memahami keseluruhan regulasi penyesuaian level yang berlaku.

  5. Mengakses Data Perlu Jaringan Internet
  6. Salah satu kekurangan dari cloud server adalah akses yang memerlukan jaringan internet. Saat berada di tempat dengan jaringan internet yang kurang bagus, akses data bisa terhambat dan menjadi lebih lambat. Tentu saja hal tersebut sangat berkebalikan dengan menyimpan data menggunakan metode penyimpanan data fisik.

    Apabila hendak mengunggah data perlu akses internet saat menggunakan cloud server. Biasanya sebagian besar konsumen pengguna cloud server berada di wilayah perkotaan yang memiliki akses internet yang cepat.

Sekarang Anda sudah memahami seluruh kelebihan dan kekurangan Cloud Server, sehingga bisa mempertimbangkan penggunaannya. Apabila berminat menyewa cloud server guna keperluan bekerja, maka bisa dilakukan melalui nusa.id. Layanan cloud server yang disediakan memiliki banyak keunggulan, seperti aktivasi cepat, SSD storage, upgradable, Upstream protection, root akses, dan Intel Xeon.

Saat Anda memiliki pertanyaan maupun masalah teknis dalam menggunakan layanan kami, maka bisa langsung segera menghubungi sales. nusa.id cloud memiliki layanan tim support sampai dengan 24 jam, sehingga bisa selalu membantu menyelesaikan masalah yang dimiliki oleh konsumen kami.