Google Cloud Platform Hadir Memanfaatkan Solusi ML dan AI, Apa Manfaatnya untuk Bisnis Perusahaan?

google cloud

Diluncurkan pertama kali pada bulan April 2008, Google Cloud Platform atau GCP merupakan layanan komputasi awan atau cloud computing milik Google yang berjalan pada infrastruktur yang sama dengan layanan internal Google, seperti Youtube dan Gmail. Selain menyediakan serangkaian layanan cloud modular termasuk komputasi dan penyimpanan data, GCP juga dilengkapi kemampuan analisis data, AI (artificial intelligence), dan ML (machine learning).

Layanan ini akan membantu kamu dalam menghitung dan menyimpan data serta membantu pengembang dalam membangun, menguji, dan menerapkan aplikasi. Lebih dari empat juta aplikasi memercayai dan menggunakan platform ini.

Google Cloud baru-baru ini mengakuisisi Cornerstone Technology untuk membantu pelanggan dalam memigrasikan beban kerja mainframe mereka ke Google Cloud Platform. Semua layanan ini tersedia dengan biaya yang terjangkau.

 

Google Cloud Platform, Dilengkapi dengan Teknologi AI dan ML

google cloud

AI dan ML belakangan menjadi pembicaraan hangat karena kemampuannya meringkas berbagai tugas penting. Beragam aktivitas yang tadinya harus dilakukan dengan menggunakan tenaga manusia, kini makin simpel dan mudah dengan menggunakan mesin. Google Cloud Platform sendiri dilengkapi dengan layanan Cloud AI yang terdiri dari:

    • Cloud AutoML. AutoML memungkinkan kamu yang memiliki keahlian machine learning yang terbatas untuk melatih model berkualitas tinggi khusus untuk kebutuhan bisnismu. Kamu bisa memanfaatkan AutoML untuk membangun sendiri kemampuan machine learning milik Google lalu membuat model milikmu sendiri dan mengintegrasikannya ke dalam aplikasi dan situs web perusahaanmu.

 

  • Cloud Translation API. Cloud Translation memungkinkan kamu menerjemahkan dokumen antar bahasa dengan menggunakan model machine learning yang sudah dilatih sebelumnya atau didesain berdasarkan kebutuhan konten yang kamu butuhkan. Manfaatkan mesin penerjemah untuk mendeteksi lebih dari 100 bahasa dan buat model khusus dalam lebih dari 50 pasangan bahasa dengan menggunakan teknologi AutoML.

 

Apa Saja Manfaat Google Cloud Platform untuk Bisnis Kamu?

google cloud
GCP dikenal sebagai penyedia layanan cloud dengan biaya fleksibel yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan setiap pengguna. GCP juga dilengkapi dengan infrastruktur lengkap yang fleksibel termasuk analisis data tingkat tinggi hingga machine learning. Apa saja keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakannya dalam bisnis?

    • Sistem komputasi cloud dengan pengamanan berlapis. Karena di-manage sepenuhnya oleh Google, kamu tidak perlu khawatir dengan keamanan data yang tersimpan di dalamnya.

 

    • Memiliki layanan yang lengkap. Tidak hanya layanan cloud, Google Cloud Platform menyediakan banyak pilihan layanan lain, termasuk computing (Compute Engine, App Engine, Kubernetes Engine), storage   database (Cloud SQL, Cloud Storage), big query (Big Query, Cloud Dataflow, Cloud PubSub), network (Cloud Load Balancing, Cloud CDN), sampai cloudAI(Cloud AutoML, Cloud Translation API, Prediction API). Semua bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu.

 

    • Memungkinkan proses deployment aplikasi secara otomatis. Sebuah aplikasi terbuat dari banyak bagian yang bergerak. Itulah sebabnya beberapa pengembang memilih untuk mulai membangun aplikasi mereka lewat cloud. Google sejak awal mengambil pendekatan proaktif dengan mengotomatiskan proses deployment.

 

    • Menawarkan biaya yang terkontrol. Google Cloud Platform tidak mem-branding diri sebagai penyedia layanan berbiaya rendah. Strategi yang digunakan Google dengan GCP adalah memungkinkan daya saing dengan menyediakan layanan yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan sehingga mengefisienkan biaya.

 

  • Mudah digunakan termasuk oleh pengguna pertama. Platform cloud bisa menjadi konsep yang membingungkan bagi mereka yang masih baru. GCP menawarkan contoh yang dilengkapi langkah demi langkah termasuk untuk tugas-tugas yang umum untuk memudahkan kamu menggunakannya.

nusa.id cloud sebagai partner dari Google Cloud siap membantu kamu memperoleh layanan terbaik yang kamu butuhkan. Konsultasikan kebutuhan bisnis kamu dengan menghubungi nusa.id cloud di sini.

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting