Google Classroom dan Fungsinya untuk Pembelajaran Daring

google classroom

Saat pandemi, seluruh aktivitas pembelajaran dilakukan secara daring. Penyelenggaraan pendidikan tanpa tatap muka bertujuan untuk mengurangi intensitas pertemuan sehingga risiko penularan virus COVID-19 lebih sedikit. Untuk mendukung kegiatan belajar, siswa dan para guru menggunakan Google Classroom.

Apa itu Google Classroom? Platform belajar jarak jauh ini secara sederhana memungkinkan guru memantau progres para siswa walaupun tidak bertemu muka. Siswa juga bisa langsung mengumpulkan tugas di Google Classroom. Menariknya, platform ini terintegrasi dengan layanan seperti Gmail, Google Calendar, dan Google Docs.

Kegunaan Google Classroom

Google Classroom bukan hanya bermanfaat bagi siswa dan guru, tetapi juga orang tua. Ada sejumlah fitur yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan proses pembelajaran. Berikut penjelasannya.

1. Guru

 
Salah satu tugas pendidik di sekolah adalah memberikan tugas serta melakukan penilaian atas hasil tugas tersebut. Melalui aplikasi Google Classroom, hal ini dapat dilakukan dengan mudah, misalnya dengan memanfaatkan Google Drive. Guru juga bisa membagikan materi tambahan yang berasal dari YouTube, melakukan survei melalui Google Forms, dan sebagainya.

Kepada para orang tua, guru bisa memberikan undangan untuk melihat hasil pembelajaran anak. Bahkan, secara real time orang tua juga bisa mengecek tugas yang telah dikumpulkan anak. Dengan demikian, guru bisa melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dengan lebih mudah dan praktis.
  

2. Murid

 
Untuk para siswa, fitur yang terdapat dalam Google Classroom tersebut bisa memudahkan dalam pengumpulan tugas. Hasil penilaian dari guru pun bisa diketahui dengan cepat dan transparan. Adanya fitur yang memungkinkan interaksi antar sesama siswa juga membuat kelas tersebut terasa seperti di ruang kelas yang sebenarnya.
  

3. Orang Tua (Guardian)

 
Bukan hanya siswa, orang tua bisa memiliki akses ke Google Classroom. Bahkan, jika diperlukan, orang tua bisa mendapatkan email berisi perkembangan belajar anak di kelas serta kegiatan apa saja yang dilakukan. Terhubung dalam satu platform secara otomatis membuat koordinasi guru dan sekolah menjadi lebih mudah dan lancar.

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting