Colocation Server dan Kegunaannya untuk Menyimpan Data

colocation Server provider

Ada berbagai tipe web hosting yang bisa dipilih untuk kebutuhan website. Salah satunya adalah colocation server. Sederhananya, colocation server adalah layanan yang memungkinkan pengguna meletakkan hosting server pribadi di pusat data milik pihak ketiga atau data center.

Ada dua jenis colocation server yang umum dikenal, yaitu unmanaged colocation dan managed colocation. Perbedaannya terletak pada peran dalam proses monitoring, perbaikan, update server, hingga data backup. Pada managed colocation, peran tersebut merupakan tanggung jawab penyedia server, bukan pengguna.

Kelebihan Colocation Server

Colocation server hadir sebagai alternatif tempat penyimpanan data, baik berupa file maupun aktivitas aplikasi atau website yang sangat tinggi. Colocation server biasanya dipilih oleh perusahaan berskala besar karena opsi ini memiliki sejumlah kelebihan, antara lain:

  • Tingkat Keamanan Tinggi

Dalam tujuan penyimpanan data, faktor yang sangat perlu diperhatikan adalah keamanan. Faktor ini merupakan prioritas bagi sebuah perusahaan. Nah, tingkat keamanan colocation server tidak perlu diragukan lagi. Penyedia layanan dipastikan akan menjaga keamanan server selama 24 jam, baik secara fisik maupun digital.

Risiko keamanan dari segi fisik misalnya jika terjadi bencana alam. Sementara itu, risiko secara digital misalnya ketidakstabilan internet, serangan virus dan pencurian data, dan sebagainya. Semua itu telah diperhitungkan oleh penyedia layanan data center.

  • Lebih Efisien

Meskipun menjadi prioritas utama, perusahaan juga tentu ingin mengelola penyimpanan data seefisien mungkin. Artinya, aktivitas penyimpanan data ini sebisa mungkin tidak menguras waktu maupun tenaga sehingga perusahaan bisa fokus untuk mengerjakan tugas lainnya yang tak kalah penting.

Jika kamu memilih untuk menggunakan layanan managed colocation, pekerjaan akan jauh lebih efisien. Segala kebutuhan perawatan dan perbaikan server telah diatur dan dikelola oleh penyedia layanan data center. Colocation server juga lebih efisien dari segi biaya karena kamu tidak perlu membangun data server sendiri.

  • Teknologi dan Sistem Terstruktur

Kelebihan lain dari colocation center adalah didukung oleh teknologi dan sistem yang terstruktur. Karena itu, pengguna tidak perlu khawatir dengan performanya. Colocation server selalu melakukan pembaharuan server sehingga tingkat keamanan selalu dalam keadaan baik.

Selain itu, dari segi akses dukungan daya, cadangan baterai, hingga generator bisa dikatakan tersedia. Dengan demikian, server selalu bisa dipastikan tetap berjalan dalam kondisi stabil dan tidak dipengaruhi kondisi apa pun.

  • Skala Bisa Ditingkatkan

Perusahaan yang dikelola dengan baik tentu akan semakin maju dan berkembang. Hal ini juga pasti membuat skala penyimpanan data semakin besar. Tidak perlu khawatir, dengan menggunakan colocation server, kamu bisa meningkatkan layanan infrastruktur dan fasilitas agar sesuai dengan kebutuhan terbaru.

Hal ini tentu sangat penting, terutama bagi perusahaan yang bersifat dinamis. Sebagai contoh, kamu bisa meningkatkan penggunaan dari kapasitas quarter rack menjadi hall rack atau full rack.

Apakah Colocation Server Pilihan Terbaik?

colocation server

Setelah mengetahui berbagai kelebihan colocation server, kamu tentu bisa mempertimbangkan opsi ini untuk kebutuhan perusahaan. Namun, selain itu ada beberapa hal yang perlu dipastikan terlebih dahulu.

Pertama, apakah perusahaan telah memiliki fasilitas server pribadi? Jika ya, perusahaan dapat menggunakan colocation server dengan tipe unmanaged server. Risikonya, tim teknis harus rutin berkunjung ke lokasi data center untuk memantau performa server yang dimiliki. Kelebihannya, perusahaan memiliki kontrol penuh terhadap server.

Kedua, apakah tersedia data center di daerah terdekat dengan perusahaan? Hal ini penting, terutama jika opsi unmanaged server menjadi pilihan. Jika tidak ada, pilihan yang lebih efisien adalah menggunakan managed server sehingga segala kebutuhan telah ditangani oleh penyedia layanan.

Nah, inilah penjelasan mengenai colocation server dan kegunaannya untuk penyimpanan data. Kamu pun bisa menggunakan layanan data center dari nusa.id yang berlokasi di Medan, Jakarta, atau Bali. layanan yang disediakan dipastikan aman, mudah, dan telah bersertifikasi ISO 27001. Semoga bermanfaat.

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting