fbpx

Cari Keyboard yang Nyaman? Yuk, Kenali Jenis-jenisnya Dulu

cari keyboard

Kerja secara terus-menerus di depan komputer bisa sangat melelahkan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kenyamanan agar tidak ada gangguan saat bekerja. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempertimbangkan pemilihan keyboard secara tepat.

Saat berbelanja periferal komputer, Anda akan menemukan berbagai jenis keyboard. Sekilas, Anda berpikir kalau keyboard mahal adalah pilihan terbaik. Namun, apakah jawabannya sesederhana itu? Belum tentu. Terlebih lagi, setiap keyboard punya plus minus tersendiri.

Jenis-Jenis Keyboard Komputer

cari keyboard

Ada beberapa jenis keyboard yang perlu Anda ketahui. Jenis-jenis tersebut di antaranya adalah:

1. Keyboard Ergonomis

Bagi Anda yang terbiasa kerja dengan durasi lama di depan komputer, keyboard ini jadi pilihan menarik. Desainnya dirancang secara khusus untuk mengurangi ketegangan pada otot. Pemakaiannya memungkinkan Anda untuk mengetik dengan posisi yang natural. Hanya saja, Anda perlu waktu untuk beradaptasi saat menggunakannya.

2. Wired Keyboard

Selanjutnya adalah tipe wired keyboardKeyboard ini menggunakan koneksi kabel untuk terhubung dengan komputer. Cara pakainya mudah, tinggal memasangnya pada port USB alias plug and play. Selain itu, harga wired keyboard sangat terjangkau.

3. Gaming Keyboard

Bagi para gamer, pilihan keyboard terbaik adalah gaming keyboardKeyboard tipe ini dirancang untuk pemakaian dengan durasi yang lama. Selain itu, desainnya juga menarik dilengkapi dengan lampu backlit yang cantik. Sebagai tambahan, keyboard gaming dilengkapi dengan programmable key yang bisa disesuaikan untuk kemudahan bermain game.

4. Keyboard Wireless

Opsi berikutnya adalah keyboard wireless. Periferal ini menggunakan koneksi wireless dengan perangkat komputer. Jenis koneksi tersebut bisa berupa WiFi 2.4 GHz atau Bluetooth. Pemakaiannya memberi kenyamanan mengetik dari mana saja tanpa harus di depan komputer. Hanya saja, harga dari keyboard ini relatif cukup mahal.

5. Keyboard Membran

Keyboard membran mempunyai ciri berupa pemakaian lapisan membran di dalamnya. Harganya murah serta tidak menimbulkan suara berisik saat digunakan. Hanya saja, keyboard seperti ini tidak bisa bertahan lama dan rawan mengalami kerusakan.

6. Keyboard Mekanik

Kebalikan dari keyboard membran, Anda bisa memakai keyboard mekanik. Keyboard ini menggunakan switch mekanik yang menimbulkan suara berisik ‘klik-klik’ saat ditekan. Keyboard mekanik mempunyai harga yang relatif cukup mahal. Keuntungannya, keyboard ini tidak mudah rusak dan bisa dimodifikasi sesuai selera.

7. Keyboard Backlit

Anda bisa pula memilih keyboard backlit yang punya ciri berupa LED backlit. Keberadaan LED backlit tersebut dapat membantu ketika Anda mengetik di ruangan yang gelap. Selain itu, tampilannya juga menarik dan estetis.

8. Keyboard Fleksibel

Kalau Anda mengedepankan mobilitas, pertimbangkan untuk memilih keyboard fleksibel. Keyboard ini dibuat dengan material silikon. Anda bisa menggulung dan membawanya ke mana saja dengan mudah. Selain itu, keyboard fleksibel juga dapat dibersihkan dengan mudah.

9. Keyboard Multifungsi

Keyboard multifungsi merupakan jenis keyboard yang sering digunakan oleh kalangan profesional. Fitur yang ada pada produk periferal ini sangat mendukung kenyamanan bekerja menggunakan beberapa layar.

Tidak hanya itu, keyboard multifungsi dilengkapi dengan tombol yang bisa diprogram seperti halnya keyboard gaming. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pengaturan sehingga tombol-tombol tersebut sesuai dengan workflow pengguna.

10. Keyboard Optik

Keyboard ini menggunakan kombinasi antara LED dan sensor cahaya di setiap tombol atau biasa disebut sebagai switch optik. Penggunaan teknologi seperti itu membuat keyboard optik mempunyai reaksi yang sangat cepat. Selain itu, keyboard jenis ini mempunyai tingkat ketahanan tinggi serta tidak berisik.

Nah, itulah berbagai tipe keyboard yang menarik untuk Anda ketahui. Pengetahuan tentang jenis-jenis keyboard ini sangat berguna dalam membantu Anda dalam menemukan produk periferal yang sesuai dengan kebutuhan. Hal yang tidak kalah penting, pastikan bahwa Anda telah menyiapkan budget yang mencukupi.

Share Artikel :

Blog Terkait

ECMP Load Balancing

ECMP Load Balancing

Equal-Cost Multi-Path (ECMP) load balancing adalah teknik yang digunakan untuk mendistribusikan lalu

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi OSPF dengan Protokol Lain

Integrasi Open Shortest Path First (OSPF) dengan protokol lain adalah strategi penting

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing Protocol

Memahami Open Shortest Path First (OSPF) Routing

Open Shortest Path First (OSPF) adalah salah satu protokol routing yang paling