Cara Merawat Leads Layaknya Pertemanan

illustrations help others like keeping leads

 
Akuisisi dan retensi leads atau pelanggan yang sukses bisa diwujudkan dengan beberapa langkah penting. Mulai dari membuat buyer persona, penargetan yang terarah sampai pembuatan kampanye yang dipersonalisasi. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga pelanggan tetap senang.
 
Penting untuk diingat bahwa strategi terbaik sekalipun tetap bisa gagal jika kamu tidak menangani klien atau calon klien dengan cara yang baik. Cara yang baik itu adalah dengan membuat mereka merasa dihormati dan dekat dengan brand Anda seperti layaknya seorang teman. Bagaimana kamu bisa melakukannya?
  

Teman yang Sesungguhnya Selalu Mendengarkan dan Selalu Peduli

Tidak akan ada komunikasi yang baik tanpa rasa empati dan saling menghormati. Ini semua bisa dimulai ketika kamu mendengarkan dengan penuh perhatian.

Seorang teman sejati itu tahu apa yang mengganggumu dan mereka juga selalu ada saat kamu membutuhkan mereka. Tapi jangan salah, mereka juga bisa menarik kesimpulan dari perilakumu ketika kamu tidak memberitahu mereka segalanya.

Bisnismu harus bertujuan untuk menjadi teman yang seperti itu. Bisnis yang mengenal pelanggan dengan sangat baik dan selalu siap membantu saat mereka membutuhkan. Caranya:

  • Perhatikan baik-baik ulasan, komentar, pesan dan ekspresi verbal pelanggan yang ada di situsmu (dan pesaingmu), saluran media sosial bahkan toko online mereka
  •  

  • Atur event terbuka (baik online maupun offline) yang diselenggarakan oleh perusahaan agar kamu bisa berbicara secara langsung dengan leads kamu dan mempelajari kebutuhan mereka
  •  

  • Berinvestasilah untuk membuat kampanye akuisisi dan care campaign. Lakukan analisis secara mendalam pada hasilnya agar kamu tahu langkah apa yang akan berhasil di masa depan.

  

Teman Itu Tetap Berhubungan dan Memperbaikinya Seiring dengan Berjalannya Waktu

Kalau seseorang hanya menghubungi saat butuh, apakah kamu akan menyebut mereka sebagai teman? Hal yang sama juga berlaku untuk pelanggan atau leads. Kalau kamu hanya datang pada mereka untuk tujuan penjualan, email atau pesanmu hanya akan berakhir di tempat sampah. Postingan sponsor yang kamu buat juga akan disembunyikan dan dilupakan.

Teman sejati menghargai hubungan yang sepadan dengan waktu yang mereka miliki. Bukan hanya sekedar memikirkan tentang apa yang bisa mereka dapatkan darinya. Untuk membuat leads kamu merasa seperti teman, ulurkan tangan untuk mengucapkan selamat ulang tahun di hari ulang tahun mereka, berikan penawaran khusus atas loyalitas mereka serta beritahu mereka kalau ada yang baru dari brand-mu.

Selalu sapa pelanggan dengan nama-nama mereka alih-alih hanya panggilan yang umum. Pertahankan nada bicara yang sopan, tapi tidak kaku dan menjual.

Tidak Ada Orang yang Mau Di-ghosting oleh Temannya

Kalau kamu pernah merasa kesal ketika seseorang mengirimkan pesan tapi tidak membalas lagi ketika kamu membalas, maka kamu tidak boleh melakukannya kepada pelanggan. Pastikan customer support-mu tidak hanya responsif dan aktif ketika akan menginisiasi pembicaraan.

Hargai waktu pasanganmu seperti kamu ingin waktumu untuk dihargai. Selalu utamakan kebutuhan mereka. Segera tanggapi masalah, balas pujian dan kritik mereka. Dengan cara ini hubunganmu dengan pelanggan akan berkembang.
  

Integritas dan Konsistensi adalah Kunci untuk Pertemanan yang Langgeng

Rasa hormat, perhatian yang tulus, komunikasi yang terbuka dan daya tanggap adalah kunci dalam mencapai keberhasilan dalam mempertahankan kesetiaan pelanggan. Tapi integritas dan konsistensi yang dimiliki oleh bisnismu lewat nada dan kualitas layanan akan membuat mereka tetap tertarik.

Konsumen adalah raja, ini memang benar. Tapi bukan berarti kamu harus mengubah visi dan misi bisnismu setiap kali mereka memberikan umpan balik. Sebagian besar konsumen lebih suka membeli dari bisnis yang punya kesadaran akan nilai bisnisnya serta bersedia mengambil sikap tentang apa yang penting bagi tim mereka. Ini jauh lebih baik daripada menjadi bisnis yang plin-plan dan bergerak ke mana arah angin bertiup.
  

Mengenal nusa.id cloud

nusa.id cloud sendiri merupakan salah satu penyedia jasa cloud server di Indonesia, yang dinaungi oleh PT Media Antar Nusa. Bukan perusahaan baru, PT Media Antar Nusa sudah lama berdiri, dengan pengalaman lebih dari 20 tahun.
 
Selain menjadi penyedia cloud dan internet, PT Media Antar Nusa juga menjajal bisnis baru di bidang SaaS dengan adanya aplikasi nusapropect. Aplikasi ini bermanfaat untuk memudahkan para sales manager dan tim nya untuk melakukan pekerjaan sehari-hari dan mencapai target yang telah ditentukan.

Tertarik menggunakan nusapropect? Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut di sini ya!

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting