Bedah Keunggulan Google Versi Gratis dengan Google Workspace

Google yang kita pakai sudah terbagi menjadi dua. Pertama adalah versi gratisan dan yang kedua adalah versi berbayar atau Workspace. Keduanya tetap bisa digunakan meski untuk keperluan pekerjaan dan profesional Google Workspace sangat dibutuhkan.

Nah, apa saja kelebihan Google Workspace dibandingkan dengan versi gratis, simak ulasan di bawah ini.

  1. Layanan Email
  2. Layanan email yang digunakan pada versi standar menggunakan domain dari Gmail. Sementara itu kelebihan Gmail untuk versi Google Workspace adalah menggunakan domain milik sendiri. Jadi, email akan terlihat profesional dan mudah diingat oleh orang lain.

  3. Storage untuk Penyimpanan Data
  4. Ruang untuk menyimpan data biasanya menggunakan Google Drive. Baik Google standar atau versi Workspace sama-sama menggunakannya. Bedanya adalah ukuran storage yang ditawarkan. Pada versi standar, Anda hanya akan diberi ruang penyimpanan 15 GB saja.

    Selanjutnya untuk Workspace versi Business Standard, ruangan penyimpanannya sampai 2 TB. Dengan ruangan penyimpanan yang besar, Anda bisa dengan mudah memasukkan aneka data dengan ukuran besar dan jumlah yang banyak. Selanjutnya kalau memilih Enterprise, ruang penyimpanannya tidak terbatas.

  5. Iklan yang Muncul
  6. Google versi standar ada kemungkinan iklan muncul dan mengganggu saat digunakan. Coba cek Gmail yang Anda gunakan baik dari PC atau mobile. Aneka email akan muncul dan membuat proses bekerja kadang mengalami gangguan. Sementara jika menggunakan Google Workspace, Anda tidak akan melihat iklan lagi pada Gmail Anda. Inilah salah satu perbedaan mendasar dari Google versi standar dengan Google Workspace.

  7. Integrasi ke Banyak Layanan
  8. Google versi standar sebenarnya sudah ada integrasi ke beberapa layanan lain dari Google. Namun, tidak akan maksimal dan seperti berdiri sendiri-sendiri. Kalau Anda menggunakan Google Workspace, semuanya akan menjadi satu sehingga mudah diakses dalam satu tempat.

  9. Fitur Video Conference
  10. Bisa menggunakan Google Meet. Namun, versi berbayar bisa dipakai sampai 150 peserta. Selain itu, ada juga fitur rekaman sehingga pertemuan atau rapat yang sudah dilakukan bisa dilihat kembali.

    Melihat keunggulan dari Google Workspace di atas terlihat dengan jelas kalau platform ini sangat penting. Apalagi Anda dan perusahaan banyak melakukan pekerjaan secara remote dan berkolaborasi dengan banyak orang. Coba berlangganan sesuai dengan paket yang sesuai.