Bagaimana Hosting Dapat Meningkatkan SEO Website Anda

Hosting SEO

Banyak perusahaan kini memanfaatkan sistem SEO atau Search Engine Optimization, untuk meningkatkan organic traffic non berbayar alias gratis. Namun, hal tersebut juga harus diimbangi dengan layanan hosting yang digunakan.

Lantas, bagaimana hosting website bisa membantu meningkatkan sistem kerja SEO di website perusahaan Anda? Karena percuma jika tim SEO sudah berusaha maksimal, tapi dukungan hosting websitenya masih kurang.
  

Sekilas Tentang Hosting Website

Bagi Anda yang belum paham, hosting website sendiri merupakan sebuah layanan penyimpanan dan pengelolaan data website, yang disediakan oleh perusahaan penyedia layanan hosting, contohnya seperti nusa.id.
 
Sederhananya, hosting website adalah tempat di mana website Anda “tinggal” dan dapat diakses oleh pengguna melalui internet. Jika masih bingung, sistem kerja hosting website adalah seperti ini:

  • Seseorang mengunjungi website Anda melalui Google
  •  

  • Browser mereka (Google) akan menghubungi server hosting website, untuk mengambil data website dari penyimpanan
  •  

  • Lalu, browser yang digunakan pengguna akan menampilkan website Anda pada perangkat pengguna.

 
Perlu diketahui, bahwa hosting website juga menyediakan berbagai fitur-fitur untuk memudahkan kegiatan operasional perusahaan, seperti pengaturan email, domain name system (DNS), dan database yang diperlukan untuk mengelola website Anda.
 
Perusahaan penyedia layanan hosting seperti nusa.id, biasanya juga akan menawarkan berbagai jenis hosting, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan website Anda, dan akan sesuai dengan tingkat skala dan traffic website Anda. Seperti:

  • Shared hosting
  •  

  • Virtual private server (VPS)
  •  

  • Dedicated hosting

 
Dalam memilih layanan hosting website, penting juga untuk mempertimbangkan kecepatan akses, uptime, dukungan teknis, dan biaya yang sesuai dengan kebutuhan website Anda.

  

Apa Itu SEO?

 
SEO (Search Engine Optimization) merupakan serangkaian teknik yang digunakan, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas trafik organik (non-berbayar), ke website melalui mesin pencari, sebut saja seperti Google, Bing, Yahoo, dan lainnya.
 
Selain tidak berbayar, tujuan dari teknik SEO adalah agar sebuah website, dapat lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet (user), yang sedang mencari informasi atau produk tertentu by keyword, melalui mesin pencari.
 
Lalu, apa hubungannya SEO dengan hosting website? Jadi, loading website atau kecepatan website, ternyata menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi kinerja SEO.
 
Mengapa? Karena pengguna internet, cenderung meninggalkan website yang loading-nya lambat, atau memerlukan waktu lama untuk ditampilkan misalnya baru terbuka setelah 5 detik di klik.
 
Penyebabnya, dapat mengurangi tingkat trafik organik ke website Anda, serta akan berdampak negatif juga pada peringkat SEO Anda, di mesin pencari. Kenapa website bisa lambat begitu?

Oke, sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan loading website, tapi salah satunya adalah hosting. Kualitas hosting yang buruk dapat menyebabkan website Anda menjadi lambat dalam proses loading.
 
Maka dari itu, penting untuk memilih penyedia layanan hosting website, yang memiliki performa baik dan dapat mendukung kecepatan loading website Anda dan membantu kinerja SEO.
  

Hal-hal yang Mempengaruhi Kualitas Hosting

Beberapa faktor berikut ini, adalah hal yang dapat mempengaruhi kualitas hosting dan kecepatan loading website antara lain:

  • Kecepatan server: Server hosting yang cepat dapat meningkatkan kecepatan loading website.
  •  

  • Lokasi server: Jika server hosting berlokasi terlalu jauh dari pengguna, maka dapat memperlambat waktu loading website.
  •  

  • Traffic website: Jumlah trafik website yang tinggi dapat mempengaruhi kecepatan loading website.
  •  

  • Jenis hosting: Shared hosting yang over capacity dapat memperlambat kecepatan loading website, sementara dedicated hosting yang terlalu besar untuk website kecil dapat menjadi tidak efisien.

 
Ternyata, kualitas hosting sangat mempengaruhi kinerja SEO, sehingga memilih penyedia layanan hosting yang tepat dapat memberikan performa yang baik dan mendukung kecepatan loading website, dan keberhasilan SEO.
 
Selain kualitas, kecepatan website dan uptime juga menjadi faktor penting dalam SEO. Karena, di mana mesin pencari akan memberikan peringkat lebih baik pada website yang memiliki kecepatan loading yang baik.
 
Sedangkan uptime, bisa menjaga kepuasan pengguna, kepercayaan pelanggan, dan kesuksesan bisnis online Anda. Semakin tinggi uptime, semakin sedikit peluang terjadinya kerusakan atau downtime pada website Anda, karena, uptime akan dilihat dari jumlah waktu akses pada website, dan memastikan website berfungsi dengan baik.
  

Cara Meningkatkan Kecepatan Website & Uptime

 
1. Memilih layanan hosting yang handal

Pilih penyedia layanan hosting yang dapat memberikan performa yang baik dan mendukung kecepatan loading website. Pastikan untuk memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan website Anda.
  
2. Mengoptimalkan ukuran gambar pada website

Ukuran gambar yang besar dapat memperlambat kecepatan loading website. Pastikan untuk mengoptimalkan ukuran gambar agar dapat mempercepat waktu loading website.
  
3. Menggunakan plugin atau extension yang sesuai

Plugin atau extension yang terlalu banyak dapat memperlambat kecepatan loading website. Pastikan untuk hanya menggunakan plugin atau extension yang benar-benar diperlukan untuk website Anda.
  
4. Meminimalkan jumlah request

Semakin banyak file yang di-request, semakin lambat waktu loading website. Pastikan untuk meminimalkan jumlah request agar dapat mempercepat waktu loading website.
  
5. Memanfaatkan content delivery network (CDN)

CDN dapat membantu mempercepat waktu loading website dengan menyediakan server terdekat dengan pengguna, sehingga dapat meminimalkan waktu yang dibutuhkan untuk mengambil data dari server hosting.
  
6. Memperbaharui dan memelihara website secara teratur

Perbarui dan pelihara website Anda secara teratur untuk memastikan konsistensi dan keamanan website Anda.
 
Dengan memperhatikan kualitas hosting, kecepatan website dan uptime, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna, SEO, termasuk kesuksesan bisnis online Anda.
 
Nah, sudahkah Anda menggunakan layanan hosting website yang bagus dan terpercaya? Jika belum, tidak perlu bingung untuk menentukan pilihan, karena kamu bisa pilih layanan hosting website dari nusa.id cloud.
 
Dengan nusa.id cloud, kamu pilih jenis layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, nusa.id cloud juga mampu bersaing dengan layanan lainnya, serta mampu menjadi provider penyedia layanan cloud Indonesia, dengan sumber daya yang berpengalaman.
 
Bagaimana tidak? Saat ini saja, nusa.id cloud telah dipercaya oleh lebih dari 15.000 bisnis, maupun personal sebagai solusi layanan cloud server dan web hosting.
 
nusa.id cloud bisa menjadi pilihan, sebagai Google Cloud Partner dan juga reseller, yang siap membantu kebutuhan Google Workspace. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut di sini !

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting