Bagaimana Cloud Server Memastikan Keamanan dan Data dan Privasi Penggunanya?

cloud server

Popularitas cloud atau teknologi komputasi awan semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Dengan menggunakan cloud server, pengguna bisa lebih cepat meluncurkan aplikasi mereka ke pasar. Komputasi awan menggunakan sumber daya jarak jauh yang akan menghemat biaya server dan hardware lainnya bagi perusahaan.

Selain itu, keamanan data juga lebih terjamin karena kegagalan perangkat keras tidak akan menyebabkan Anda kehilangan data. Ini karena cadangan data tersimpan di jaringan. Bagaimana cara cloud server memastikan keamanan data dan privasi penggunanya?
  

Keamanan yang Ditingkatkan (Enhanced Security)

Cloud server dengan layanan terbaik akan berusaha melindungi keamanan data Anda dengan cara seoptimal mungkin. Mereka mematuhi standar keamanan yang diterapkan dan lulus audit. Fitur keamanan yang dibuat tetap memungkinkan Anda membuat ruang kerja yang fleksibel sekaligus memiliki skalabilitas tinggi, terlepas dari browser atau perangkat apa yang Anda gunakan.

Beberapa cara peningkatan perlindungan keamanan yang dilakukan oleh cloud server adalah dengan menggunakan enkripsi untuk semua data yang disimpan. Ini membuat data tetap aman dalam media cadangan, saat berpindah lewat jaringan internet atau berpindah antar pusat data. Enkripsi adalah bagian penting yang tidak hanya dapat melindungi data yang disimpan, tapi juga semua aktivitas yang Anda lakukan dalam jaringan cloud tersebut.
  

Tersertifikasi

Cloud server menerapkan sertifikasi ISO yang sesuai dengan jenis layanan yang mereka berikan. Google dengan Google Workspace-nya misalnya, memiliki sertifikasi ISO/IEC 27701 sebagai pemroses data. Keamanan yang diterapkan berfungsi melindungi semua pengguna Google Workspace, tidak hanya sebagai platform cloud saja, tapi sebagai perangkat produktivitas.

Standar akreditasi ISO/IEC 27701 dirancang untuk mendukung bisnis yang perlu menyelaraskan produktivitas dengan undang-undang dan kerangka kerja privasi internasional. Sertifikasi ini memberikan panduan mengenai penerapan, pemeliharaan serta peningkatan yang berkelanjutan dari Sistem Manajemen Informasi Privasi (Privacy Information Management System/PIMS). Selain itu, ISO 27701 juga bisa digunakan oleh pemroses data dan pengontrol. Sertifikasi ini menawarkan privasi dan keamanan terbaik bagi pengguna.
  

Menerapkan Berbagai Prinsip Keamanan

Dalam menjalankan layanannya, cloud server menggunakan sejumlah prinsip keamanan yang jelas yang penting seiring dengan semakin majunya teknologi dan berkembangnya persyaratan privasi. Prinsip-prinsip ini membantu pengguna menjaga data pribadi mereka dalam kondisi seaman mungkin. Prinsip-prinsip tersebut antara lain adalah:

  • Hormati pengguna dan privasi mereka. Ini adalah inti dari layanan cloud server yang baik. Artinya, Anda bisa mempercayakan data Anda kepada mereka tanpa perlu khawatir mengenai keamanannya
  •  

  • Memperjelas tentang data apa saja yang mereka butuhkan. Penyedia layanan cloud yang baik dapat membantu pengguna membuat keputusan yang tepat tentang bagaimana memanfaatkan produk mereka sekaligus memudahkan pengguna memahami proses pengumpulan data yang mereka lakukan. Mereka memiliki solusi yang transparan yang membuat semua data tersedia, kredibel dan bisa ditindaklanjuti.
  •  

  • Tidak menjual informasi pribadi pengguna kepada siapa pun. Apapun yang Anda lakukan dalam platform cloud adalah data yang harus dilindungi. Meski data ini bisa saja digunakan untuk memasarkan produk atau kampanye tertentu, namun cloud server tidak dibenarkan menjual data ini kepada siapapun.
  •  

  • Memudahkan pengguna mengontrol privasi mereka. Soal privasi, masing-masing pengguna pasti memiliki ukuran masing-masing. Cloud server yang baik memungkinkan semua pengguna membuat pengaturan privasi yang relevan sesuai dengan kebutuhan mereka.

 
Itu hanya beberapa langkah yang dilakukan oleh cloud server untuk melindungi keamanan data Anda. Ingin mendapatkan semua layanan terbaik di atas? Anda bisa menggunakan layanan cloud dari nusa.id. nusa.id cloud dalam naungan PT Media Antar Nusa yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun membantu menyediakan layanan cloud untuk klien-klien termasuk Pharos Group, Sinarmas Group hingga Adhi Karya. Konsultasikan kebutuhan cloud Anda dengan menghubungi kami di sini.

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting