Aplikasi Cloud Computing Recommended

Belakangan cloud computing dianggap sebagai sarana efektif dalam menyimpan data yang kapasitasnya cukup besar. Dibanding data center tradisional, teknologi ini dianggap lebih efektif. Terlebih lagi, saat ini ada banyak sekali aplikasi yang bisa dipilih dan digunakan untuk mengelola data penting perusahaan.

Di antara ratusan aplikasi yang beredar, berikut beberapa yang cukup recommended dan terbukti kualitasnya:

  1. Dropbox
  2. Sejak teknologi data center dikenal, nama Dropbox sudah mendominasi di dunia bisnis dan pendidikan. Menawarkan pilihan layanan gratis dan berbayar, Dropbox termasuk salah satu aplikasi cloud berkapasitas besar dan mudah diakses dari mana saja. Meskipun saat ini ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk bisnis dan perusahaan, beberapa orang masih menganggap Dropbox salah satu aplikasi cloud terbaik.

  3. OneDrive
  4. Aplikasi ini merupakan produk Microsoft dan dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi yang terhubung dengan akun Office. Dalam beberapa paket penjualan software-nya, Microsoft biasanya menyertakan OneDrive sehingga pengguna tidak perlu repot mengunduh dan meng-install aplikasi ini di laptop atau PC.

    Selain cloud, OneDrive juga menyediakan layanan Office online seperti Word, Power Point, dan Excel yang dapat kita gunakan dan diakses dari mana saja.

  5. Google Workspace
  6. Seperti Dropbox, Google Workspace juga menawarkan layanan gratis dan berbayar. Untuk layanan berbayar, selain cloud computing, pengguna bisa menggunakan berbagai produk Google yang sangat bermanfaat untuk perusahaan, seperti Google Meet, Google Drive, dan lain sebagainya.

    Layanan Google Workspace juga terintegrasi dengan Gmail. Jadi, cukup dengan satu alamat email, kita bisa mengakses berbagai layanan Google Workspace dengan mudah dari mana dan kapan saja. Hal ini tentu saja menguntungkan bagi perusahaan, mengingat fungsinya begitu efisien dan maksimal.

    Tidak hanya perusahaan, aplikasi Google Workspace cocok digunakan di bidang lain seperti pendidikan, pemerintah, dan organisasi baik profit maupun nonprofit. Karena selain aman, Google Workspace menyediakan cloud berkapasitas besar.

    Itulah beberapa aplikasi cloud computing yang sering digunakan di perusahaan dan bisnis. Selain kapasitas, hal paling penting dari aplikasi cloud adalah keamanan dan efektivitasnya. Semoga bermanfaat.