fbpx

Internet Dedicated vs Internet Broadband: Apa Perbedaannya?

beberapa laptop di atas meja yang menggunakan layanan internet dedicated

Internet telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat modern. Meningkatnya permintaan akan koneksi internet yang lebih cepat dan andal membuat bisnis beralih dari layanan internet broadband ke internet dedicated. Meskipun keduanya sekilas tampak sama, namun ada perbedaan yang signifikan antara keduanya.

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang apa itu internet broadband vs dedicated internet dan apa yang membedakan keduanya. Simak sampai tuntas, ya!

Apa Itu Internet Broadband?

beberapa laptop di atas meja

Internet broadband merupakan koneksi internet berkecepatan tinggi dengan kemampuan transfer data yang cepat. Biasanya internet broadband disalurkan lewat kabel, serat optik atau DSL (Digital Subscriber Line) yang digunakan bersama-sama di antara banyak user. Artinya, koneksi tidak hanya didedikasikan untuk satu pengguna saja, melainkan ke banyak pengguna.

Salah satu kelebihannya adalah internet broadband memiliki jangkauan yang luas dan dapat diakses melalui berbagai penyedia. Selain itu, internet broadband juga harganya relatif lebih murah dibandingkan dedicated internet. Ini menjadikannya pilihan populer bagi penggunaan pribadi (rumah tangga) dan usaha kecil.

Apa Itu Dedicated Internet?

manusia sedang mengetik dengan laptop

Berlawanan dengan internet broadband, dedicated internet access atau yang juga dikenal sebagai DIA adalah koneksi internet yang didedikasikan secara khusus untuk satu pengguna atau satu bisnis saja. Tidak seperti internet broadband yang digunakan bersama oleh banyak user, DIA menyediakan bandwidth khusus. Ini menjamin semua pengguna memiliki akses bandwidth yang penuh setiap saat.

Artinya, ketika Anda menggunakan DIA, Anda bisa mendapatkan kinerja internet yang konsisten dan andal. Ini adalah hal yang sangat penting bagi bisnis yang mengandalkan internet untuk kebutuhan operasional harian.

DIA biasanya disediakan lewat jaringan serat optik pribadi. Tak heran jika harganya pun lebih mahal daripada internet broadband. Namun ini akan tetap jadi opsi yang menguntungkan bagi bisnis yang membutuhkan internet dengan kinerja dan keandalan yang tinggi.

Perbandingan dan Perbedaan Antara Internet Broadband dengan Dedicated Internet

Dari penjelasan di atas, kita bisa menarik kesimpulan mengenai perbandingan keduanya. Apa saja?

  • Kecepatan dan performa. Dari segi kecepatan, dedicated internet memiliki bandwidth yang lebih terjamin sehingga performanya tetap andal sepanjang waktu. Di sisi lain, internet broadband digunakan bersama-sama sehingga kinerjanya bisa melambat di waktu-waktu penggunaan yang tinggi.
  • Keandalan. Dengan tingkat keandalan dan waktu aktif yang tinggi, DIA ideal untuk bisnis yang membutuhkan koneksi internet dengan kecepatan konstan. Internet broadband bisa memiliki masa downtime, kemacetan jaringan dan masalah maintenance yang bisa berdampak pada operasional bisnis.
  • Internet broadband harganya lebih terjangkau sehingga cocok untuk penggunaan rumah tangga, pribadi atau bisnis kecil dan menengah. Sebaliknya, DIA yang lebih mahal, mampu memberikan dukungan kinerja yang konstan dan bisa diandalkan sepanjang waktu.


Itu dia perbandingan antara dedicated vs broadband
. Ingin menggunakan layanan dedicated internet untuk kebutuhan bisnis Anda? Hubungi nusa.id cloud sekarang juga!

Share Artikel :

Blog Terkait

Router VPN: Solusi Keamanan Jaringan yang Efektif untuk Kantor

Router VPN: Solusi Keamanan Jaringan yang Efektif

Router VPN adalah solusi penting untuk meningkatkan keamanan jaringan kantor, terutama dalam

Mengoptimalkan Kinerja dengan Topologi Jaringan Mesh di Kantor

Mengoptimalkan Kinerja dengan Topologi Jaringan Mesh di

Topologi jaringan mesh merupakan solusi yang efektif untuk meningkatkan kinerja jaringan kantor,

Manfaat dan Cara Penggunaan Switch Managed di Kantor

Manfaat dan Cara Penggunaan Switch Managed di

Switch managed merupakan perangkat jaringan yang penting untuk kantor yang menginginkan kontrol