Apa Manfaat Data Center bagi Bisnis Perusahaan?

data center

Setiap bisnis pasti memiliki pusat data (data center), baik bisnis kecil maupun raksasa. Pusat data menjadi bagian dari bisnis modern yang terus berkembang sekaligus sebuah parameter bisnis yang sangat penting—mengingat pusat data mempengaruhi laju perusahaan secara fungsional.

Sulit untuk membayangkan tentang apa yang akan terjadi pada operasional bisnis apabila pusat data mengalami kendala. Tentu saja, hal ini bisa menimbulkan permasalahan serius dan melemahkan berbagai aspek dalam perusahaan. Maka dari itu, untuk menghindarinya, strategi pencadangan data yang efisien wajib diterapkan.

Berbicara tentang pusat data, apa yang kamu ketahui tentangnya? Sudah tahu apa manfaat data center bagi bisnis perusahaan? Jika ingin memahami lebih lanjut, bacalah ringkasan berikut!
  

Apa Itu Data Center?

data center

Pusat data merupakan sebuah fasilitas yang memusatkan operasional dan perlengkapan teknologi informasi milik bersama dari sebuah organisasi. Tujuannya adalah untuk menyimpan, memproses, dan menyebarkan data serta aplikasi.

Oleh karena peran pusat data sebagai “rumah” bagi aset-aset paling krusial yang dipunyai organisasi, keberadaan dan kelangsungannya sangat penting untuk dijaga. Jadi, keamanan dan kehandalan pusat data beserta segala informasi di dalamnya merupakan prioritas utama bagi setiap organisasi, termasuk perusahaan bisnis.
  

Manfaat Data Center bagi Bisnis Perusahaan

data center

Tak dimungkiri, pusat data dalam sebuah bisnis sangatlah penting. Ditambah lagi, segala jenis bisnis di masa modern bergantung pada internet dan data. Supaya lebih jelas, kamu bisa menyimak beberapa manfaat pusat data bagi bisnis perusahaan berikut ini!

1. Hemat biaya

Pembangunan dan pemeliharaan pusat data onsite merupakan pengeluaran besar yang membutuhkan sumber daya nan terus berlangsung hal yang membuat budget mu sangat tertekan. Terlebih, untuk bisnis kecil yang umumnya tidak mempunyai banyak modal, baik dari sisi keuangan, tempat, maupun sumber daya manusia, tidak mungkin memaksakan diri untuk mengeluarkan dana untuk pusat data onsite.

Namun, tidak perlu khawatir! Pebisnis kecil pun bisa menikmati keuntungan pusat data, seperti halnya perusahaan besar. Caranya adalah dengan menggunakan layanan data center yang mencakup beberapa hal, antara lain :

  • Aplikasi yang berjalan secara seamless.
  • Data yang selalu disimpan dan bisa diakses secara aman dan nyaman.
  • Pencadangan data rutin yang berjalan secara reguler.
  • Semua keperluanmu, baik ruang, tenaga, konektivitas, pendinginan, dan keamanan termasuk proteksi gangguan dan firewall dapat dikelola secara mandiri, serta
  • Generator pencadangan yang selalu siap sedia.

 

2. Menguatkan akses keamanan dan menjamin kepatuhan hukum

Keamanan selalu menjadi prioritas bisnis yang tidak bisa diabaikan. Untungnya, bekerja sama dengan layanan pusat data akan membuat perusahaanmu menikmati segala mekanisme sekuriti yang mereka tawarkan. Oleh karena data sebagai “jantung” dari sebuah perusahaan, kamu harus memastikan bahwa mitra pusat data memberikan keamanan tingkat tinggi yang 100 persen diawasi secara intensif.

Selain itu, faktor hukum yang berhubungan dengan keamanan data juga patut dipertimbangkan. Jika menggunakan layanan pusat data yang terpercaya, kamu tidak perlu cemas ketika terjadi audit dari pihak berwajib yang bertugas memastikan keamanan data pengguna.

3. Skalabilitas sesuai kebutuhan

Hari demi hari, data dihasilkan dengan laju yang amat cepat. Dilansir oleh Entrepreneur, perkiraan data yang dibuat oleh setiap orang di dunia pada 2020 mencapai angka 1,7 MB per detik. Mencengangkan, bukan? Jadi, untuk ke depannya, data dari perusahaanmu akan terus bertumbuh secara pesat. Nah, salah satu keuntungan utama dari layanan pusat data adalah skalabilitasnya yang bisa ditingkatkan seiring berjalannya waktu.

Itulah sekilas info tentang manfaat data center bagi bisnis perusahaan yang penting untuk dicermati. Performa pusat data yang baik pasti akan melancarkan segala urusan bisnismu. Oleh karena itu, jangan sampai salah memilih!

Jika berniat membuka usaha secara daring melalui situs web, carilah layanan hosting dengan pusat data berkualitas, seperti nusa.id cloud. Ingin tahu lebih lanjut? Baca selengkapnya atau konsultasikan kebutuhanmu di sini!

 

 

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting