Brainware: Pengertian, Komponen, Fungsi, dan Contohnya

brainware

Apa sih itu Brainware ? Istilah brainware memang tidak umum di telinga kita. Namun demikian, terminologi ini sejatinya umum digunakan dalam bisnis, yakni bagaimana seseorang dapat memaksimalkan kemampuannya dalam hal-hal terkait dengan sistem komputer.

Jika dijabarkan secara sederhana, brainware merujuk pada seseorang yang mampu mengoperasikan perangkat komputer dengan pemanfaatan hardware maupun software. Lalu, komponen apa saja yang dimiliki serta fungsi brainware ini bagi sebuah bisnis? Apa itu Brainware ? Jawabannya dapat kamu temukan di sini!

 

Komponen

Dua komponen terpenting dari brainware adalah software dan hardware engineer. Perbedaan keduanya bisa kamu simak dalam ulasan di bawah ini.

 

Software Engineer

Software engineer adalah individu yang fokus dalam pengembangan software. Keahliannya lebih mengarah kepada jaringan komputer. Itulah mengapa seorang software engineer bertanggung jawab untuk mengembangkan teknik baru dalam jaringan komputer.
  

Hardware Engineer

Hardware engineer memiliki kemampuan dan pengetahuan akan perangkat keras dalam sistem komputer. Tugasnya juga mengembangkan teknik baru dalam pembuatan perangkat keras. Keduanya saling bekerja sama agar perangkat dan jaringan komputer dapat bekerja dengan baik.

Komponennya juga dibedakan menjadi dua jika dilihat dari sudut pandang platformnya, yaitu network platform dan web platform. Web platform terdiri dari operatorprogrammer dan analis sistem.

Sementara, network platform terdiri atas administratorguestbackup operatoruserhelp service groupdebugger userpower user hingga remote desktop user.
  

Fungsi

Fungsi dari brainware secara umum bisa digunakan sebagai programmer, operator, maupun administrator

  1. Operator merupakan individu yang mengoperasikan sistem dan program dalam komputer seperti menyimpan data untuk diakses.
  2.  

  3. Administrator memiliki kemampuan pengelolaan sistem operasi yang dijalankan pada komputer dan jaringan perusahaan.
  4.  

  5. Programmer ialah individu yang membuat program dengan bahasa komputer untuk menjaga keamanan dari sistem komputer tersebut.

 

Jenisnya

Jenisnya pun beragam, mulai dari project manager hingga sistem analyst. Berikut tugas dan tanggung jawab yang dibebankan pada setiap unitnya.

  

Programmer

Ia memiliki keahlian dalam menguasai bahasa pemrograman yang digunakan dalam dunia komputerisasi. Tugasnya adalah mempersiapkan dan membuat program pendukung sistem komputer agar tidak terjadi hack database.

 

Project Manager

Tugas dan tanggung jawabnya adalah sebagai perencana proyek pembuatan jaringan. Tugasnya cukup kompleks sehingga membutuhkan banyak kemampuan, seperti pemeliharaan jaringan, anggaran, pemrograman, dan pengelolaan waktu.

  

Teknisi

Teknisi bertugas mencari jalan keluar jika ditemui kendala pada perangkat komputer dan jaringan. Ia mengenal seluk beluk permasalahan yang timbul pada perangkat keras.

  

Operator

Siapa pun yang menggunakan komputer dapat disebut dengan operator. Tidak heran bila penggunanya paling banyak di antara jenis lainnya. Operator bisa seorang guru, karyawan bahkan pelajar.
  

Trainer

Tugas utama trainer ialah melatih operator untuk mengoperasikan program. Ia akan memberikan latihan tertentu yang terkait dengan pekerjaan operator.

  

Security Specialist

Tugas utamanya adalah menjaga keamanan program dan jaringan. Ada banyak cara yang digunakannya agar jaringan dan program terlindungi dengan baik. Beberapa di antaranya adalah memasang firewall untuk mengamankan jaringan.

 

Web Developer

Web developer memiliki tanggung jawab membuat aplikasi berbasis web atau website. Tujuan website tersebut dapat sebagai keperluan bisnis, marketplace, maupun

company profile.

 

System Analyst

System analyst memiliki tanggung jawab sebagai pengawas seluruh hardware. Hasil pengawasannya nanti berguna untuk dasar dalam meningkatkan fitur program yang dijalankan.

 

Database Administrator

Database administrator merupakan posisi yang tugasnya mengelola database. Database administrator memastikan informasi yang terkumpul selalu tersedia danaman.
  

Contoh Brainware

Contohnya bisa disimak dalam tiga sudut pandang, yakni sebagai netter, network system, dan EDP department.

  • Netter merupakan pengguna internet yang menggunakan web untuk mencari informasi. Ketika browsing seseorang akan memakai mesin pencarian dan memakai kata kunci tertentu untuk menemukan informasi tersebut
  •  

  • EDP department merupakan departemen IT yang memakai metode otomatis dalam pengolahan data komersial di sebuah korporasi
  •  

  • Network system adalah layanan untuk menangani jaringan komputer. Sistem ini terdiri atas HTTP service, DNS service, layanan berbagai berkas maupun alat pencetak.

 
Pada intinya, komputer tidak hanya terdiri atas software maupun hardware saja. Ada pula brainware sebagai operator, programmer, sekaligus administrator. Ia bisa berfungsi sebagai pengguna program maupun pembuatnya. Keberadaannya mampu memaksimalkan program yang dibuat atau pengawas keamanan.

Pernahkah Anda mengunjungi sebuah website, tetapi tidak dapat membuka konten website tersebut? Kondisi seperti itu bisa disebabkan karena website sedang down. Simak di sini apa itu Downtime !

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting