5 Manfaat Aplikasi Google Classroom untuk Permudah Kegiatan Belajar Mengajar

Teknologi rasanya sudah sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Berbagai macam aktivitas kini berubah menjadi digital. Aplikasi dan website canggih kini muncul untuk menunjang kegiatan kita. Termasuk kegiatan belajar mengajar.

Aplikasi Google Classroom misalnya, salah satu aplikasi penunjang yang dapat membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efisien. Mulai tahun 2020 lalu, aplikasi ini menjadi semakin populer dan banyak digunakan karena adanya pembatasan aktivitas akibat munculnya pandemi covid-19.

Lalu kira-kira apa saja ya manfaat yang ditawarkan aplikasi Google Classroom untuk kegiatan belajar mengajar?
  

Apa Itu Aplikasi Google Classroom?

Google Classroom adalah salah satu platform edukasi yang dapat diakses secara gratis. Google Classroom dapat diakses melalui website dengan menggunakan PC dan ponsel. Namun, pengguna handphone harus meng-install aplikasi Google Classroom untuk android di playstore terlebih dahulu.

Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan besar Google untuk mewadahi para guru dan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar daring sehingga mereka dapat terhubung di mana saja dan kapan saja. Selain itu, aplikasi ini juga sudah langsung terintegrasi dengan layanan Google lainnya, seperti Gmail, Google Documents, dan Google Kalender. Hal ini tentu saja akan makin memudahkan guru apabila hendak memberikan jadwal kelas maupun pemberian tugas.

Agar makin memudahkan kegiatan belajar mengajar, Google Classroom juga memberikan fitur-fitur yang terbagi untuk guru, siswa, orang tua siswa, dan pihak administrasi. Pembagian fitur ini dapat memudahkan pengawasan dan pengontrolan siswa dalam kegiatan belajar mengajar secara online.
  

Manfaat Aplikasi Google Classroom

google classroom

Munculnya pandemi covid-19 sejak 2020 lalu menimbulkan adanya beberapa perubahan dalam proses kegiatan belajar mengajar, seperti penerapan pembelajaran jarak jauh (online). Meski menjadi strategi adaptasi menghadapi covid-19, metode pembelajaran online mungkin akan menjadi salah satu inovasi proses pembelajaran yang terus dilakukan meski covid-19 sudah mereda.

Terlihat dari beberapa instansi pendidikan pada tahun 2022 ini yang menerapkan pembelajaran secara hybrid, yaitu online dan offline di beberapa pertemuan. Selain sifatnya yang fleksibel, pembelajaran online juga diakses dari manapun. Nah, berikut ini beberapa manfaat aplikasi Google Classroom yang semakin memudahkan kegiatan belajar mengajar.
  

1. Akses dan penggunaan mudah

Google Classroom dapat diakses melalui dua cara, yaitu website dan aplikasi google classroom untuk android. Karena dapat diakses melalui android, tentu saja ini akan memudahkan para siswa untuk mengaplikasikannya.

Selain itu instruksi, menu, serta cara penggunaannya yang sederhana dapat membantu siswa lebih cepat untuk memahami cara pengaplikasiannya.
  

2. Pembelajaran efektif dan efisien

Dengan berbasis online, kegiatan belajar mengajar menggunakan aplikasi ini akan lebih efektif dan efisien. Sifatnya yang fleksibel dan dapat diakses dari mana saja akan memudahkan siswa dan guru. Jadi, apabila guru berhalangan hadir, pemberian materi dan tugas dapat tetap dilaksanakan.
  

3. Melatih siswa melek teknologi

Lekat dengan teknologi, penggunaan aplikasi google classroom secara tidak langsung mengajak siswa untuk lebih melek dengan teknologi. Sebagian besar siswa biasanya menggunakan smartphone-nya hanya untuk bermain. Namun, dengan pembelajaran menggunakan aplikasi ini, siswa dapat memahami bahwa smartphone juga dapat digunakan untuk hal-hal bermanfaat seperti belajar dan eksplor hal-hal menarik lainnya.
  

4. Presentasi

Meski dilakukan secara jarak jauh, penggunaan aplikasi ini memberikan banyak fitur yang membuat pembelajaran antara guru dan siswa seakan-akan berada dalam satu ruangan yang sama, misalnya fitur presentasi.

Melalui fitur ini, guru dapat menjelaskan materi sama seperti ketika menjelaskan di depan ruang kelas. Selain presentasi, fitur ini sifatnya dua arah sehingga guru juga dapat melakukan interaksi kepada siswa, seperti mengajak diskusi, tanya jawab, dan lainnya.
  

5. Penyimpanan terpusat di Google Drive

Tidak perlu khawatir data-data siswa dan materi yang diberikan kepada siswa akan hilang karena google classroom terintegrasi langsung dengan beberapa fitur google lainnya, seperti google drive. Semua data yang diupload di google drive akan otomatis tersimpan dengan aman di google drive.

Nah, itulah ulasan mengenai aplikasi Google Classroom. Selain mudah untuk diakses, penggunaan aplikasi ini dapat menjadi inovasi kegiatan belajar mengajar yang mengikuti perkembangan teknologi. Di samping hal itu, keterampilan siswa dalam menggunakan teknologi untuk hal-hal yang bermanfaat makin meningkat.

Share Artikel :

Blog Terkait

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Dalam menghadapi ancaman keamanan cyber yang terus berkembang, jadi mengamankan jaringan adalah

Apa itu Latency?

Apa itu Latency?

Image By freepik Latency jaringan, ibarat jeda hening sebelum sebuah lagu dimainkan.

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Cara Memilih Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Di era digital yang terus berkembang, pemilihan internet terbaik menjadi faktor penting