#Mulai Dari 69K G Suite Basic

10 Cara Menggunakan G Suite Untuk Pendidikan

Lebih dari 10 tahun yang lalu, Google Inc. (sekarang Google LLC) merilis platform Google Apps for Education dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar antara guru dengan murid di seluruh penjuru dunia.

Sekarang platform tersebut lebih dikenal dengan nama G Suite for Education. Meski secara umum fungsinya sama, Google Suite untuk Pendidikan mempunyai lebih banyak fitur unggulan yang bisa diakses secara gratis.

Lantas bagaimana sih memaksimalkan tools G Suite untuk kebutuhan pendidikan ?

  1. Google Drawing
  2. Kelas menggambar biasanya hanya diisi aktivitas monoton yang mungkin membosankan untuk murid. Nah, dengan memanfaatkan Google Drawing, siswa bisa lebih mengasah kreativitasnya lewat cara-cara yang lebih menyenangkan.

    Google Drawing tidak cuma bisa dipakai untuk menggambar dan desain, tapi juga memungkinkan pengguna untuk saling berkolaborasi membuat flowchart, diagram, mind map, konsep, wireframe website, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  3. Google Classroom
  4. Google Classroom adalah tool favorit yang paling banyak digunakan untuk belajar mengajar jarak jauh. Di dalamnya, guru bisa menyampaikan materi, presentasi, memberikan tugas, mengadakan kuis/tanya jawab, dan lain-lain secara real time.

    Pengajar juga dapat melakukan penilaian dan file sharing kepada siswa tanpa perlu meninggalkan platform. Tool ini bisa diakses dari browser, iOS, maupun Android.

  5. A Google A Day
  6. A Google A Day mungkin masih terdengar asing untuk banyak orang. Namun, siapa sangka kalau game online bawaan Google ini ternyata bisa jadi media pembelajaran yang bagus di kelas.

    Game ini berupa teka-teki yang harus dicari jawabannya di Google. Jenis pertanyaan yang diberikan juga beragam dan dapat menambah wawasan peserta didik, mulai dari olahraga, budaya pop, sains, sejarah, musik, geografi, seni, sastra, dan lain-lain.

  7. Google Form
  8. Fitur G Suite for Education yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan penilaian (assessment) terhadap murid adalah Google Form. Cara penggunaannya juga mudah dan praktis.

    Misal untuk kebutuhan kuis/ulangan harian, guru hanya perlu memasukkan daftar pertanyaan dan pilihan jawabannya. Selanjutnya sistem akan meng-generate dan menampilkan hasilnya. Nilai pun keluar.

  9. Mengutip Referensi dari Docs
  10. Murid perlu dibiasakan dengan metode sitasi (pengutipan) saat menulis atau membuat esai agar mereka lebih siap saat melanjutkan pendidikan tinggi nantinya. Ada trik yang jauh lebih praktis tanpa harus meninggalkan lembar kerja, yakni:

    • Di lembar Docs, klik “Explore” yang terletak di kanan bawah. Hasilnya akan muncul secara otomatis sesuai dengan topik yang ditulis siswa.
    • Tambahkan sumber sitasi secara otomatis sebagai catatan kaki pada dokumen yang sedang dikerjakan.
  11. Hangouts / Google Chat Untuk Komunikasi
  12. Untuk berkomunikasi dengan orang tua murid, guru bisa memanfaatkan platform instant messaging seperti Hangouts dari Google. Tool ini sangat ringan dan user friendly. Lewat Hangouts / Google Chat, pendidik bisa menyampaikan beragam informasi terkait pendidikan atau feedback setiap siswa kepada orang tuanya masing-masing.

  13. Google Meet untuk Undang Guest Speaker
  14. Ingin membahas topik menarik tertentu tapi tidak punya cukup kapasitas di dalamnya? Manfaatkan saja Google Meet! Dengan platform ini, Anda bisa mengundang guest speaker dari manapun untuk berbicara atau menyampaikan kuliah di depan siswa.

  15. Google Spell Up
  16. Guru bisa menggunakan layanan Google Spell Up untuk membantu murid mengembangkan kemampuan speaking dan spelling-nya. Mereka pun bisa mengikuti kelas bahasa dalam atmosfer yang lebih seru dan menyenangkan. Yuk, cek di sini untuk mencoba !

  17. Buat Gradebook Online
  18. Sekarang guru bisa membuat gradebook online untuk siswa dengan memanfaatkan spreadsheet. Dokumen ini berisi catatan tentang progres individual setiap murid, daftar nilai, tugas yang dikerjakan, serta mata pelajaran yang diambil. Nantinya, gradebook bisa dijadikan acuan bagi guru saat melakukan evaluasi.

  19. Google Calendar
  20. Guru bisa mengagendakan pertemuan dengan wali murid dengan memanfaatkan tool Calendar sebagai pengingat. Secara otomatis Anda akan menerima email berupa notifikasi mengenai agenda pertemuan pada hari dan tanggal yang sudah diatur sebelumnya.

Semua layanan yang tersedia di G Suite for Education tersebut bisa dinikmati secara gratis sampai kapan pun.

Anda juga bisa mendapatkan paket berbayar G Suite untuk bisnis di nusa.id cloud. Kami adalah perusahaan penyedia jasa layanan cloud sekaligus Partner Resmi Google Indonesia. Didukung oleh SDM profesional, kami siap menghadirkan solusi untuk kebutuhan IT Anda.