Panduan untuk Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Google Workspace (Sebelumnya G Suite)

Sampai dengan saat ini, Google Suite tetap menjadi aplikasi bisnis terbaik yang bisa membantu perusahaan menjadi lebih produktif. Tools tersebut memiliki sistem Gmail terbaik yang cocok untuk tim marketing. Tidak hanya menawarkan email, tetapi ada banyak layanan lainnya yang sangat berhubungan dengan penyimpanan data marketing.

Seluruh karyawan dalam perusahaan yang diberi akses ke Google Suite akan dapat menggunakan seluruh layanan sesuai dengan paket yang digunakan oleh akun perusahaan. Beberapa layanan yang penting adalah Google sheets, Google docs, dan Google Drive. Seberapa efisien penggunaan tos rilisan Google ini tergantung dari jenis bisnis yang Anda jalankan. Perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan G Suite.


Beberapa Kelebihan G Suite


Anda yang berniat untuk mendaftarkan akun ke G Suite dalam rangka menjalankan perusahaan dari rumah, harus mengetahui seluruh kelebihannya. Berbagai kelebihan tersebut bisa dilihat dalam ulasan di bawah.

  1. User Interface Yang Ramah
  2. Perusahaan Google memang sudah terkenal dalam membuat berbagai macam aplikasi dengan tampilan sederhana. Tampilan tersebut membuat penggunanya menjadi mudah mengenali seluruh layanan yang ditawarkan. Bahkan pengguna yang masih awam sekalipun akan bisa mengakses dengan mudah.

  3. Kompatibilitas
  4. Sebuah aplikasi harus memiliki coding yang bisa cocok dengan banyak sistem operasi dan Google Suite memenuhi syarat tersebut. Anda akan dapat melakukan proses ini dengan menggunakan sistem operasi di komputer.

    Kemudahan dalam rangka kompatibilitas lainnya adalah pemilik akun akan mudah untuk berganti akun. Maksudnya Anda yang memiliki Gmail personal akan bisa berganti menjadi akun Google Suite dengan mudah.

  5. Kemudahan Berbagi Informasi
  6. Layanan utama yang ditawarkan dalam pembuatan akun ini adalah membagikan berbagai data dengan menggunakan aplikasi Google ini. Anda akan dapat berbagi data kepada sesama pengguna lainnya yang berada dalam satu grup.

  7. Membuat Keuangan Perusahaan Lebih Efektif
  8. Anda pasti sudah memahami bahwa saat ini perusahaan di seluruh dunia telah berusaha untuk bertahan di masa pandemi. Salah satu cara yang dapat membuat perusahaan berhemat adalah tetap menjalankan kegiatan perusahaan namun dilakukan secara online.

    Pengguna Google Suite akan bisa membuat buat sebuah grup kecil maupun besar di mana grup yang kecil memiliki jumlah member paling rendah bisa lebih dari 10 pengguna. Setiap member dalam grup tersebut akan mampu mengakses fasilitas yang disediakan, seperti kalender, Google office, email, dan lain sebagainya.

  9. Aplikasi Terpercaya
  10. Seluruh pengguna internet saat ini sudah pasti mengetahui perusahaan Google. Perusahaan yang satu ini selalu berinovasi dengan mengembangkan berbagai macam aplikasi, termasuk Google suite yang mana sangat berguna dalam dunia bisnis.

    Sampai saat ini sudah lebih dari 6.000.000 perusahaan yang ikut tergabung dalam Google Suite. Anda memiliki banyak kesempatan untuk bisa bermitra dengan perusahaan lain secara internasional dengan bergabung bersama Google Suite.

  11. Sistem Keamanan Tingkat Tinggi
  12. Seluruh karyawan yang masuk dalam perusahaan Google sudah pasti memiliki kemampuan yang baik, terutama programmer nya. Hal ini membuat aplikasi yang dirilis oleh Google memiliki keamanan yang tinggi. Anda tahu sendiri bahwa seluruh karyawan Google yang bekerja bisa berasal dari berbagai macam negara. Selain itu Google juga telah memenuhi semua sertifikasi keamanan yang ada di dunia.

  13. Profesionalisme
  14. Setiap perusahaan perlu menjaga citra masing-masing dengan jalan mendaftarkan di akun G Suite. Sebuah perusahaan akan dipandang menjadi lebih profesional saat memiliki email dengan domain nama perusahaannya, daripada menggunakan @gmail.com. Bagi Anda yang seorang pebisnis perlu mengalokasikan dana untuk membuat akun G Suite.

    Perusahaan akan dapat memiliki domain dengan nama perusahaan yang dinilai lebih profesional di mata masyarakat. Ini bisa dipakai sebagai validasi oleh para pencari kerja juga. Alamat domain email perusahaan yang menggunakan G Suite akan memiliki rumus dasar berupa nama@brandperusahaan.com.

    Sudah pasti rumus dasar tersebut akan terlihat lebih profesional daripada menggunakan email dengan basis nama@gmail.com. Setidaknya tersedia tiga jenis paket G suite yang bisa Anda pilih sendiri sesuai kemampuan budget perusahaan.

  15. Kemudahan Melakukan Integrasi
  16. Setidaknya ada pihak ketiga dari tools aplikasi website yang bisa diintegrasikan dengan Google Suite. Beberapa aplikasi tersebut dapat mendukung performa bisnis dalam melakukan kegiatan secara online. Seluruh integrasi tersebut sangat membantu perusahaan dalam berhemat uang dan waktu.

  17. Berbagai Fitur Advance
  18. Layanan Google Suite juga memiliki versi advance. Perusahaan yang memiliki akun tersebut akan bisa mengakses fitur berupa eDiscovery, search, dan lain sebagainya. Seluruh fitur advance tersebut disediakan dengan harga rendah dibandingkan dengan platform serupa lainnya.

  19. Kapasitas Penyimpanan Dokumen Besar
  20. Menyimpan dokumen bisa menjadi masalah yang serius dan biasanya perlu anggaran yang tidak sedikit, terutama untuk menyediakan perangkat berkapasitas penyimpanan yang besar. Paket Basic memiliki kapasitas penyimpanan sampai dengan 30 GB. Sedangkan paket Business dan Enterprise memiliki kapasitas penyimpanan data yang tidak terbatas.

    Apabila bisnis yang Anda jalankan masuk dalam kategori UMKM, maka Anda dapat menggunakan paket Basic. Pada skala UMKM belum perlu kapasitas penyimpanan dokumen yang tidak terbatas. Sedangkan perusahaan dengan skala Startup dan besar perlu pakai paket yang lebih tinggi daripada paket Basic.



Kontra Dari Penggunaan G Suite


Anda sudah memahami seluruh kelebihan yang berkaitan dengan layanan yang diberikan oleh Google. Kemudian hal lain yang harus diketahui sebelum mendaftarkan akun perusahaan di Google suite adalah mengenai kekurangan dari layanan ini. Seluruh informasi kekurangannya bisa Anda lihat di sini.

  1. Permasalahan Konversi Dokumen
  2. Salah satu kekurangan yang perlu dipertimbangkan adalah penggunanya dapat mengalami masalah yang berkaitan tentang konversi dokumen. Misalkan saja konversi dokumen non G Suite seperti document Microsoft menjadi Google sheets. Namun saat ini Anda tidak perlu khawatir, update terbaru Google Drive Anda sudah dapat mengedit file asli document Office Microsoft tanpa perlu melakukan konversi ke format Google Excel.

  3. Fitur Google Meet Terbatas
  4. Kita harus mengakui bahwa saat ini Google Meet Conference besutan G Suite masih memiliki fitur yang terbatas jika dibandingkan dengan aplikasi conference sejenis. Namun Anda tidak perlu khawatir, di timeline product development G Suite saat ini kebanyakan mengenai fitur Google Meet. Tinggal menunggu waktu untuk fitur - fitur terbaru Google Meet jadi Anda tidak perlu khawatir.

  5. Koneksi internet
  6. Aplikasi ini untuk bisa berfungsi secara normal, penggunanya harus selalu tersambung dengan internet. Saat penggunanya berada di daerahnya kesulitan sinyal internet, maka layanannya akan langsung mengalami gangguan. Perusahaan yang berada di daerah koneksi internet yang kurang baik, dapat mengalami gangguan saat menggunakan layanan.


Sekarang Anda sudah mengetahui seluruh kelebihan dan kekurangan G Suite berdasarkan ulasan ini. Apabila perusahaan yang Anda jalankan berada pada daerah yang memiliki sinyal internet yang kuat dan memiliki tim support yang paham tentang instalasi konversi dokumen ke Google Sheets, maka menggunakan layanan Google Suite sangat disarankan.

Anda yang berminat untuk mendaftarkan akun Google Suite untuk perusahaan, dapat segera menghubungi nusa.id cloud. Salah satu perusahaan di Indonesia yang sudah menjadi partner resmi Google adalah nusa.id cloud. Pastikan Anda hanya menggunakan layanan kami untuk hasil yang terpercaya.