#Mulai Dari 69K G Suite Basic

Panduan Lengkap Mengenai G Suite Admin Console

Anda mungkin sudah mendaftar sebagai salah satu pengguna Google Suite, sehingga sekarang perlu mengetahui cara mengelola dari akun tersebut. Pengoperasian G Suite admin console akan bisa dengan mudah dipelajari sendiri. Sebagian besar ulasan tersebut akan dibahas secara singkat melalui artikel ini.

Menggunakan Google Suite dapat membuat admin melakukan berbagai aktivitas terkait dengan penambahan user, manajemen perangkat, dan konfigurasi keamanan. Bahkan seorang admin akan memiliki kemampuan untuk melakukan pengaturan data agar tetap aman. Admin tidak harus melakukan semua aktivitas itu secara manual.


Pengelolaan Fitur Keamanan


Membuat administrasi tersentralisasi dapat diwujudkan dengan mudah menggunakan Google Suite. Bahkan proses manajemen akan menjadi lebih efisien dan lebih cepat, terutama dalam melakukan integrasi beberapa fitur mengenai identitas cloud.

Admin akan dapat mengelola fitur-fitur yang boleh digunakan oleh user yang tergabung dalam akun. Seluruh data dapat diamankan oleh admin dengan menggunakan analisa keamanan yang sudah direkomendasikan secara global.

  1. Pusat Keamanan
  2. Anda bisa menggunakan G Suite untuk melindungi data yang berkaitan dengan organisasi dan ini sangat direkomendasikan oleh Google. Fitur ini terdapat pada Google Suite Enterprise. Fitur keamanan lainnya yang ditawarkan adalah unified security dashboard.

    Kemampuan tersebut memungkinkan untuk dilakukannya pembagian file secara eksternal, sehingga terhindar dari spam dan malware yang diterbitkan kepada pengguna yang tergabung dalam suatu akun admin organisasi. Seluruh sistem keamanan akan dilakukan secara efektif dan admin pada suatu akun G Suite akan dapat melindungi seluruh pengguna servisnya.

    Proses menghindari terjadinya pencurian data dilakukan dalam beberapa langkah, seperti identifikasi, triage, dan pengambilan keputusan keamanan maupun masalah privasi dalam suatu domain. Sistem keamanan yang mampu menampilkan beberapa aksi pengamanan termasuk dalam hal menghapus malicious email.

    Memungkinkan proses identifikasi data yang dibagikan dari satu user ke user lain dan dapat mencegah eksfiltrasi data. Keseluruhan fungsi pengamanan yang sudah disebutkan cukup tinggi dan memang sengaja ditawarkan oleh perusahaan Google.

  3. End Point Management
  4. Admin bisa menggunakan end point manajemen untuk mendistribusikan aplikasi melalui perangkat smartphone. Pengecekan dan pengelolaan serta pembatasan akses dengan fitur endpoint.

    Bagan seorang admin mengakses secara transparan dan mengetahui seluruh data yang beredar dari satu akun ke akun lain penggunanya. Seorang admin dapat memberikan pembatasan berdasarkan lokasi geografis penggunanya dalam mengakses fitur yang dimiliki admin.

  5. Ratusan Aplikasi Pihak Ketiga
  6. Seorang admin bisa memanfaatkan G Suite marketplace untuk melakukan pencarian terintegrasi, seperti CRM, manajemen proyek compliance dan lain sebagainya yang tersedia dalam layanan. Admin dapat mencari aplikasi yang berhubungan dengan performa akun perusahaan yang dikelolanya.

    Jika berniat untuk mengetahui beberapa aplikasi yang terintegrasi dengan G Suite, maka hanya perlu mengunjungi situs dengan alamat pada browser berupa https://gsuite.google.com/marketplace/. Anda akan bisa mengetahui kualitas dari setiap aplikasi dengan melihat rangking berupa bintang dan review yang diberikan oleh orang yang sudah menggunakannya.

    Ada banyak daftar pilihan aplikasi, mulai dari aplikasi terpopuler, peringkat teratas, bekerja dengan drive, berfungsi dengan Gmail, dan lain sebagainya. Pengguna akan bisa menelusuri aplikasi mana yang cocok dengan keperluan menggunakan G Suite Marketplace.

    Bahkan pengguna akan bisa menemukan aplikasi yang bekerja dengan terintegrasi pada Spreadsheet, Slide, kalender, dan lain sebagainya yang masuk dalam fitur-fitur yang diberikan G Suite. Pengguna layanan G Suite akan benar-benar dimanjakan dengan banyak fitur yang sudah pasti sangat berpengaruh terhadap bisnis.


  7. Pengawasan Advance dan Reporting
  8. Seorang admin dapat mengawasi cara penggunaan Google Suite suatu perusahaan tempat dia bekerja dan bisa menyadari apabila terdapat aktivitas mencurigakan. Admin memiliki kapabilitas audit yang sengaja diberikan melalui rekaman dan perubahannya, sehingga dapat melakukan pinpoint sesuai dengan keperluan.

    Anda pasti dapat memahami bahwa kasus cyber crime akhir-akhir ini semakin tinggi. Pengawasan advance dan pemberitahuan adanya aktivitas yang abnormal bisa menjadi langkah dini dalam mencegah cyber crime yang peredarannya dimulai dari dalam suatu akun. Menggunakan G Suite sudah pasti lebih terjamin keamanannya.

  9. Kemudahan Menyelesaikan Masalah melalui Smartphone
  10. Seorang admin mampu mengakses aplikasi admin Google melalui smartphone dengan sistem operasi Android atau iOS seluruh proses administrasi dan pengelolaannya bisa dilakukan melalui mobile. Hal tersebut termasuk dalam menambahkan user, reset terhadap password akun, melakukan audit terhadap pengguna, melakukan kontak terhadap support, dan lain sebagainya.


Hal yang Harus Diketahui Seorang Admin


Memiliki banyak pertanyaan sebagai seorang admin Google switch adalah hal yang wajar. Calon admin akan bisa menemukan beberapa jawaban dari pertanyaan yang biasa diajukan oleh seorang admin di bawah ini.

  1. Bagaimana Cara Masuk ke dalam Admin Console?
  2. Anda akan bisa mengakses admin console melalui admin.google.com. Kemudian hanya akan mengisi email address dan password untuk melakukan login. Sisanya tinggal menunggu sampai munculnya console.

  3. Apa Itu Akun Pengguna?
  4. Pertanyaan lain yang sering diajukan oleh seorang admin adalah mengenai akun pengguna. Kapan pengguna memberikan nama dan password untuk bisa melakukan login ke dalam Google Suite yang mana mirip dengan alamat email biasa. Seorang admin akan dapat membuat banyak akun terhadap penggunaannya, sehingga sehingga bisa digunakan dengan cara mining list maupun memberikan alternatif alamat email terhadap pengguna.

  5. Apakah Admin Dapat Mengubah Data Regions dengan Organizational Unit?
  6. Seorang admin tentu saja dapat melakukan pengubahan data region dengan memanfaatkan organisasional united admin guna membagi lokasi dari seluruh penggunaannya dalam hal melakukan cover data. Tidak ada larangan dalam jumlah pembagian ataupun dalam jumlah waktu untuk melakukan request terhadap data yang bergerak.

  7. Apakah Itu Lokasi Geografis untuk Data Admin?
  8. Fitur geographic location atau lokasi geografis hanya disediakan dalam paket G Suite Business maupun Enterprise. Admin yang mendaftar ke akun jenis Basic tidak akan bisa menggunakan fitur lokasi geografis. Seorang admin akan dapat memilih untuk menyimpan data tertentu saja berdasarkan lokasi geografisnya dengan memanfaatkan data region policy.

    Tidak semua data dapat dicover dengan data region policy, sehingga admin harus dapat memahaminya secara spesifik. Beberapa data yang dimaksud adalah pengguna yang memiliki edisi, seperti G Suite Business, G Suite Enterprise, G Suite Enterprise untuk pendidikan, dan G Suite Enterprises Essentials.

    Apabila sekarang sudah memahami lebih lanjut mengenai apa saja yang dapat dilakukan oleh seorang admin terhadap akun Google Suite admin console, sisanya hanya perlu langsung membuka dashboard. Apabila masih memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar layanan admin rumah, maka Anda dapat berkonsultasi secara gratis via online di nusa.id cloud.

    Apapun pertanyaan konsumen dan masalah yang berkaitan dengan layanan admin akan kami bantu untuk selesaikan. Anda bisa percaya terhadap layanan yang kami berikan mengenai Google Suite, karena kami sudah menjadi bagian dari partner resmi Google Suite.