#Mulai Dari 160K G Suite Business

Migrasi Email Zoho ke G Suite

Pada Artikel Kali ini akan membahas Bagaimana cara migrasi email dari Zoho ke G Suite atau Google Suite, dan cara ini juga nantinya bisa anda ikuti jika ingin migrasi email anda dari server anda sendiri atau server mail lainnya. pada artikel kali ini akan dijelaskan cara migrasi dari server mail zoho. Sebelum masuk pada inti pembahasan, Artikel ini akan menjelaskan sedikit tentang Zoho dan G Suite.

Sekilas Mengenai Zoho Mail

Zoho mail adalah sebuah layanan yang dikhususkan sebagai mail server dari Zoho yang cukup menarik, baik dari sisi fitur maupun tampilan. Jika Anda berlangganan Zoho mail otomatis Anda berlangganan produk Zoho lainnya. Menariknya lagi, layanan Zoho yang gratis ini, kita diberi ruang kosong (space disk) sebanyak 5 GB.

G Suite By Google Cloud

G Suite adalah paket layanan berbasis cloud yang dapat menyediakan cara baru untuk bekerja sama secara online bagi perusahaan atau sekolah Anda tidak hanya menggunakan email dan chat, namun juga melalui konferensi video, media sosial, kolaborasi dokumen secara real-time, dan lainnya. Cukup daftarkan akun G Suite dan sediakan nama domain yang ingin Anda gunakan dengan layanan Google. Setelah terverifikasi sebagai pemilik domain, Anda dan tim Anda dapat mulai menggunakan Gmail, Kalender, Drive, dan layanan inti G Suite lainnya, serta layanan tambahan seperti Google+, Hangouts Chat, Google Meet, dan layanan lainnya.

Migrasi Mail Zoho ke Gmail G Suite

Pada intinya proses migrasi akan berjalan jika server google memiliki akses ke server anda Anda bisa mengikuti cara migrasi email dari Zoho ke G Suite dibawah ini.

  1. Login ke mail zoho dan nonaktifkan Two Factor Authentication(Jika Aktif).
  2. Selanjutnya silahkan klik Icon Setting pada sebelah kanan atas
  3. Selanjutnya Enable IMAP Access
  4. Proses migrasi akan berjalan jika server Google bisa mengakses ke server anda atau server anda bisa di akses oleh Google, menggunakan salah satu user yang terdaftar di server anda. oleh sebab itu anda perlu untuk Menonaktifkan Two Factor Authentication
  5. Selanjutnya Login ke admin.google.com dan Klik Menu "Migration Data" atau "Migrasi Data"
  6. Pastikan user tujuan telah ditambahkan di admin.google.com
  7. Setelah semua user sudah ditambahkan dan sudah sesuai. Selanjutnya tinggal mengikuti step by step proses migrasi
  8. Pada gambar dibawah ini Anda akan di minta untuk mengisikan Data server lama (source). Isi username dan password user yang akan di migrasi (user dan password pada server lama)
  9. Pada bagian Migration start date anda hanya bisa memilih data migrasi misalnya 6 bulan terakhir. Anda juga dapat memilih custom date
  10. Pada Migrate From Masukkan Alamat email dan password email anda yang lama, Pada migrate To Masukkan Alamat email tujuan migrasi
  11. Selanjutnya Anda hanya tinggal menunggu proses migrasi selesai. Selamat mencoba
Cara Migrasi Email Zoho ke Gmail G Suite ini dapat juga diterapkan pada mail server lain selain Zoho. Syarat utamnya adalah disable semua two factor authentication dan pastikan mail server lama mendukung protocol IMAP.