6 Manfaat Upgrade G Suite Basic, G Suite Legacy ke Google Workspace

G Suite Basic merupakan salah satu suite bisnis yang paling banyak digunakan. Menawarkan berbagai tools dalam satu tempat, semua fungsi G Suite bisa digunakan di perangkat seluler. Dengan begitu, Anda bisa mengakses dan menggunakannya di mana saja Anda berada.

Banyak bisnis kecil yang terbantu dengan adanya G Suite Basic, versi gratisnya G Suite Legacy. Namun, Google Workspace menawarkan berbagai potensi yang menjanjikan. Dengan melakukan upgrade, Anda bisa memaksimalkan semua fitur sehingga produktivitas juga bisa turut terdongkrak.

Jika Anda masih belum memutuskan untuk melakukan upgrade G Suite Basic ke Google Workspace, simak berbagai pertimbangan berikut ini!

  1. Penyimpanan Hingga 5TB / User
  2. Dengan versi Google Workspace Business Plus misalnya, Anda bisa memperoleh akses penyimpanan yang hampir tak terbatas hingga 5TB per pengguna. Tidak hanya menyimpan, Anda juga bisa mentransfer file dengan Google Drive ataupun Shared Drive. Penyimpanan file terpusat yang aman ini akan memudahkan banyak aktivitas bisnis Anda.

  3. Google Vault
  4. Bagi Anda yang bergelut dalam industri yang dekat dengan aturan kepatuhan seperti industri keuangan, Google Vault merupakan alasan paling penting Anda harus segera melakukan upgrade ke G Suite versi Google Workspace. Google Vault merupakan aplikasi e-discovery dan kepatuhan Google. Dengan menggunakan Google Vault, tim IT bisa menyimpan, meng-hold, menelusuri, mengekspor, dan mengarsipkan data dari seluruh spektrum aplikasi Google Workspace. Ini akan membantu Anda mengelola audit dan litigasi dengan lebih mudah.

  5. Kontrol Drive Tingkat Lanjut
  6. Google Workspace menyertakan kontrol tingkat perusahaan untuk seluruh aplikasi yang disertakan, termasuk Google Drive. Kontrol akses lanjutan, penegakan kunci keamanan, dan pencegahan hilangnya data semuanya adalah standar untuk akun Google Workspace Business Enterprise. Google Workspace juga memungkinkan integrasi dengan suite analisis data umum. Ini akan memberi Anda visibilitas lengkap tentang bagaimana penggunaan sumber daya yang Anda miliki.

  7. Kemudahan Pencarian
  8. Google Workspace Business Plus memungkinkan Anda memiliki akses sekali sentuh ke fitur pencarian di seluruh data perusahaan. Pencarian dilakukan dengan bantuan AI dan didasarkan pada teknologi Google terbaru sehingga prosesnya lebih cepat dan intuitif. Jika Anda membutuhkan lebih banyak bantuan untuk menemukan data tertentu, contextual assist card akan membantu Anda melewati semua prosesnya.

  9. Fitur Audit dan Pelaporan
  10. Dengan Activity API bawaan, Google Workspace memungkinkan Anda untuk mengakses data pelaporan utama secara terprogram. Pencatatan log Audit Admin mencatat semua aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan akun Anda. Semua laporan penggunaan dan keamanan bisa ditampilkan dalam format jelas sehingga mudah dipahami oleh semua stakeholder. Ada lima struktur laporan dasar yang tersedia termasuk laporan ikhtisar strategis.

  11. Mobile Audit dan Peringatan
  12. Administrator di Google Workspace bisa memperoleh pembaruan secara langsung di perangkat seluler mereka saat aktivitas sistem penting berlangsung. Misalnya saja yang berkaitan dengan keamanan seperti adanya proses masuk yang mencurigakan, akses dari perangkat yang sudah diretas atau adanya perubahan pada pengaturan admin. Audit aktivitas seluler dan jenis laporan keamanan serta kepatuhan lainnya bisa diakses langsung lewat ponsel.

    Sebagian besar alasan Anda harus melakukan upgrade dari G Suite Basic ke versi Google Workspace adalah karena keamanan. Meskipun dengan menggunakan versi Basic Anda sudah bisa melakukan berbagai hal untuk bisnis Anda, melakukan upgrade sangat penting terutama saat perusahaan Anda mulai berkembang.

Singkatnya, dengan Google Workspace Anda bisa meningkatkan keamanan perusahaan. Dengan begitu, data perusahaan akan tetap tersimpan dengan baik meskipun jumlah karyawan yang menggunakan Google Workspace bertambah.

Itulah beberapa alasan Anda harus upgrade G Suite Basic ke versi Google Workspace. Ingin melakukan upgrade segera? Hubungi nusa.id cloud sekarang juga. Sebagai Google Cloud Partner, kami siap membantu Anda memaksimalkan G Suite Business untuk kinerja yang optimal.