Yuk Mengenal Layanan G Suite dari Google beserta Kelebihannya

Masihkah Anda asing dengan istilah G Suite? Yuk mengenal layanan G Suite beserta kelebihannya !

Bagi para penggiat dunia IT, mengenal layanan G Suite tentu sudah tidak asing untuk mendengar salah satu layanan yang diciptakan oleh Google yaitu G Suite. Fitur yang mengedepankan kemampuan kolaborasi dan mobilitas ini seolah menjadi penyempurna kebutuhan IT pada bisnis di era modern dewasa ini.

Apa itu G Suite ?

G Suite adalah paket layanan berbasis komputasi awan (cloud) yang dapat memungkinkan Anda untuk mengerjakan apapun dan dimanapun. G suite juga memberikan solusi bagi perusahaan untuk melakukan pekerjaan bersama-sama secara online menggunakan e-mail dengan domain sendiri, chatting dan melakukan konferensi video melalui aplikasi Hangouts, kolaborasi dokumen dalam waktu bersamaan menggunakan Google Docs untuk membuat dokumen; Google Slide untuk presentasi; Google Sheet untuk data tabel, akuntansi, maupun rekapitulasi dan masih banyak lagi. Layanan ini sepenuhnya berbasis online sehingga Anda tidak perlu memikirkan kapasitas ruang penyimpanan pada perangkat Anda.

  • G Suite Basic
  • Bagi para pemula didunia bisnis, Anda bisa coba memulai pengenalan penerapan layanan tersebut dengan memilih G Suite Basic. Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan maksimal 30 GB per user. Kapasitas tersebut meliputi seluruh penyimpanan semua fitur pada setiap akun.

  • G Suite Bisnis
  • Jika anda ingin meng-upgrade kebutuhan teknologi, Anda dapat menggunakan layanan Gsuite Business. Layanan ini memberikan fitur tambahan Admin Konsol sebagai fitur kontrol segala data yang ada di domain perusahaan Anda dan Google Vault sebagai eDiscovery yang membuat data-data menjadi lebih mudah ditemukan.

  • G Suite Enterprise
  • G Suite Enterprise yang merupakan pengembangan lebih sempurna dari G Suite Business dengan menambahkan beberapa fitur tambahan seperti DLP (Data Loss Prevention) dan pengarsipan yang lebih terintegrasi.

Apa saja kelebihan G Suite ?

Keunggulan/Keuntungan yang bisa didapatkan dari mengimplementasikan tools dari G Suite untuk Perusahaan adalah :

  • Dimanapun dan Kapanpun
  • G suite menawarkan konsep cloud computing, dimana semua file berada dalam server google, sehingga pengguna tidak terbatasi oleh waktu dan tempat, file yang dikerjakan pada jam kerja bisa segera di edit di luar kantor melalui laptop yang terkoneksi internet atau menggunakan smartphone maupun tablet.

  • Hemat Kertas dan Simple
  • Dengan G Suite, setiap orang yang memiliki wewenang dapat langsung mengedit pada file yang bersangkutan dan melakukan chatting melalui google talk atau chat dan memberikan komentar untuk berdiskusi mengenai pekerjaan pada file tersebut, setelah semua pihak sudah setuju barulah melakukan print. Cara tersebut terbilang lebih praktis dan simple daripada harus terus melakukan revisi dalam bentuk hardcopy berkali-kali yang membuat boros kertas dan waktu.

  • Email dengan nama domain perusahaan sendiri
  • memiliki email dengan domain perusahaan merupakan salah satu hal yang sangat penting, karena berhubungan dengan image profesionalitas dan identitas perusahaan yang bersangkutan. Dengan G Suite, membuat alamat email dengan domain perusahaan menjadi sangat mudah, dan selain itu mendapatkan berbagai fitur gmail yang keren dan juga dengan tampilan yang sudah tidak asing (user friendly interface).

  • Full Kolaborasi
  • G Suite sengaja di desain untuk mempermudah koordinasi antar bagian/divisi dan antar personal. Semua aplikasi dalam G Suite dapat ber-kolaborasi antar akun yang satu dengan yang lain, mulai dari kolaborasi olah data dengan google docs, sharing jadwal dengan calender, chatting dengan Gtalk, shaing file dan perkembangan project dengan google site dan lainnya.

  • G Suite Marketplace
  • Bagi yang kurang puas dengan aplikasi standar G Suite, tersedia banyak aplikasi dari pihak ketiga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik perusahaan yang bersangkutan.

Dimana Saya Dapat Mendaftar Akun G Suite ?

Untuk pembuatan akun G Suite, Dapat dilakukan langsung ke Halaman G Suite Google atau Melalui G Suite Partner Lokal seperti nusa.id cloud