Tipe SSl Certificate Yang Perlu Diketahui

Tipe SSl Certificate Yang Perlu Diketahui

Tipe SSL Certificate Yang Perlu Diketahui. Baru-baru ini Google Chrome dan Apple sudah mengumumkan akan memberikan notifikasi tidak aman pada website yang tidak menggunakan SSL/HTTPS. Ini dilakukan agar para pengguna internet dapat dengan aman bertukar informasi/data di sebuah website. Oleh karena itu bagi pemilik website yang masih menggunakan HTTP sudah saatnya untuk pindah ke HTTPS.

 

Alasan utama mengapa menggunakan SSL adalah untuk menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui Internet dengan cara dienkripsi, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut. Hal ini sangat penting, karena informasi yang kita kirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer sampai mencapai server tujuan.

 

Komputer lain yang ada diantara Anda dan server dapat melihat nomor kartu kredit, username dan passwords, dan informasi sensitif lainnya bila  tidak dienkripsi. Dengan menggunakan SSL informasi menjadi tidak dapat terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju saat mengirim informasi tersebut. Hal ini melindungi informasi tersebut dari hackers dan pencuri identitas. disaat perkembangan internet dan aplikasi berbasis online yang terus berkembang khususnya di Indonesia, pengamanan data dari sebuah website sangatlah penting.

Berikut Tipe SSL Certificate Yang Perlu Diketahui:

Domain Validation SSL (DV)

SSL jenis validasi domain (DV) merupakan jenis sertifikat SSL yang sangat mudah dan proses validasi tercepat karena hanya memerlukan kelengkapan persyaratan berupa bukti kepemilikan dari domain yang ingin dilindungi. Proses untuk mendapatkan SSL Certificate ini hanya membutuhkan beberapa menit atau tergantung kesanggupan dalam melakukan approval pada domain regsitrar yang dikirimkan ke registrant email domain.

Satu hal yang penting untuk diingat adalah bahwa sertifikat DV menawarkan tingkat perlindungan yang sama seperti produk SSL lainnya yang lebih mahal. Sertifikat SSL jenis validasi DV ini adalah sertifikat yang sangat dapat diandalkan ketika membutuhhkan sertifikat SSL dengan proses yang mudah dan cepat.

 

Organization Validation SSL (OV)

Merupakan jenis sertifikat yang memiliki kualitas high Assurance Dalam proses validasi sertifikat OV juga memerlukan kelengkapan persyaratan yang cukup lengkap. Masa validasi dari sertifikat OV yaitu 7-10 hari tergantung dari kecepatan tanggapan user dalam memberikan kelengkapan persyaratan.

Salah satu keuntungan saat memilih sertifikat SSL dengan jenis validasi OV adalah  mendapatkan jaminan keamanan dan Trust yang mumpuni. Selain itu jenis validasi ini banyak menawarkan pilihan produk sertifikat SSL unggulan yang laris di pasaran industri SSL Certificate.

 

Extended Validation SSL (EV)

Dalam dunia SSL/TLS sertifikat SSL EV merupakan kualitas terbaik dan terpercaya dalam menjamin keamanan website. Memberikan level tertinggi dari enkripsi , keamanan, dan rasa percaya terhadap identitas oleh pengunjung dan pelanggan maka proses validasi dari sertifikat ini tentu sangat dibutuhkan persyaratan yang lengkap mengenai data perusahaan/organisasi. Proses validasi dari sertifikat SSL jenis EV ini dapat mencapai kurang lebih 7-14 hari atau bisa lebih cepat tergantung dari kecepatan tanggapan pelanggan dalam memberikan kelengkapan persyaratan validasi.

About the Author

Leave a Reply