SSL / HTTPS gratis untuk Hosting di Nusa.ID

SSL / HTTPS gratis untuk Hosting di Nusa.ID

SSL atau Secure Socket Layer adalah sebuah protokol keamanan yang digunakan menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman antara sesi browser mereka dan web server melalui Internet dengan cara dienkripsi. Hal ini sangat penting mengingat ketika kita bertransaksi di internet, informasi yang kita kirimkan akan melewati beberapa proses dari router ke router lain hingga mencapai server tujuan.

 

Kemudian coba bayangkan bagaimana jika data atau request yang kita kirimkan tanpa dienkripsi atau dengan teks polos maka device lain yang berada di antara kita dan server tujuan  dapat melihat beberapa informasi penting seperti, username, password dan lain-lain. Nah selain itu, Google secara resmi telah mengumumkan akan menandai situs HTTP yang tidak terenkripsi sebagai situs tidak aman. Situs HTTP yang tidak aman akan dibubuhi keterangan “Not Secure” di sebelah kiri address bar. Untuk custumer yang menggunakan layan VPS juga bisa mendapatkan SSL / HTTPS gratis dengan menggunakan Free SSL dari LetsEncrypt yang bisa di baca artikel yang berjudul Cara install Free SSL LetsEncrypt + Wildcard di Ubuntu 16.04

 

Nusa.ID memberikan layanan SSL secara GRATIS yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan akses https secara gratis dengan menggunakan Hosting dari Nusa.ID. Jika Anda sudah berlangganan, berikut ini adalah tutorial bagaimana cara mengaktifkan layanan SSL secara GRATIS di Nusa.ID:

 

  • Login ke halaman cPanel Hosting dengan mengakses cpanel.namadomain.com, kemudian masukkan username dan password cpanel hosting

 

  • Kemudian pada bagian “Security”, klik “Let’s Encrypt™ SSL”

  • Maka akan muncul list domain, Pada bagian Action, Klik “+ Issue”

 

  • Untuk menggunakan SSL Gratis Wildcard pada bagianSSL validation method pilih dns-01

  • Kemudian Centang Include Wildcard*?
  • Terakhir Klik “Issue” Untuk melakukan challenge SSL.
  • Setelah selesai, kembali ke menu “Let's Encrypt™ SSL” pada bagian “Security”, kita dapat melihat hasil nya.

  • Pada bagianAlt Name Certificate SSL telah terinstall untuk domain *.nusadatacenter.com, itu menandakan SSL Gratis Wildcard telah selesai di buat.

 

Demikian tutorial ini, semoga bermanfaat dan selamat menikmati  layanan SSL / HTTPS gratis dengan menggunakan Hosting dari Nusa.ID.

About the Author

Leave a Reply