Propagasi DNS Dan Faktor Yang Mempengaruhinya

Terkadang saat order domain baru, domain tersebut tidak langsung dapat di akses padahal domain sudah terdaftar. Salah satu hal yang mempengaruhi adalah Propagasi DNS (Domain Name System).

Apa itu DNS

DNS merupakan sebuah sistem yang menjadi pengubah URL website ke bentuk IP address. Tanpa adanya DNS, Anda harus mengetikkan IP address lengkap saat ingin mengunjungi website tertentu di internet.

Masa Propagasi DNS

Masa Propagasi DNS adalah waktu yang dibutuhkan oleh domain untuk dapat tersambung dengan server. Untuk masa Propagasi DNS sendiri mempunyai beragam variasi, namun pada umumnya bisa berlangsung hingga 1 x 24 Jam. Tetapi kadang bisa mencapai 1×48 jam tergantung ISP yang digunakan. Jika Domain sudah melewati masa Propagasi, maka domain yang sudah aktif tersebut dapat diakses.

Faktor Yang Mempengaruhi Propagasi DNS

  • Lama Domain Terdaftar
  • DNS Server ISP Yang Digunakan : Pada umumnya ISP menggunakan DNS Server Cache sehingga saat ada perubahan dns record pada domain, Pada DNS Cache ISP yang digunakan tidak langsung terupdate namun menunggu TTL tercapai dan query record baru.
  • Registrar Domain: Tempat Anda melakukan pendaftaran domain akan mempengaruhi percepatan Propagasi DNS Anda. Domain name internasional atau TLD biasanya memiliki respon yang lebih cepat jika dibandingkan registrar domain name lokal atau ccTLD.
Jika pergantian DNS Record terencana, ada baiknya sebelum dilakukan pergantian DNS Record terlebih dahulu modifikasi TTL(Time to Live) ke masa yang lebih kecil. Misalnya 24 jam sebelum pergantian DNS Record terlebih dahulu TTL di set ke 300.