Penyebab Domain Bermasalah, Siapa yang harus Disalahkan ?

Penyebab Domain Bermasalah, Siapa yang harus Disalahkan ?

Penyebab Domain Bermasalah, Mungkin akan menjadi salah satu pertanyaan bagi pemilik domain, mengapa domain saya bermasalah? Lantas siapa yang harus saya salahkan dalam hal ini ?

Berikut penjelasannnya,

Ada beberapa faktor penyebabnya, tidak semua kesalahan ada pada provider atau penyedia domain, maka pengguna juga harus tau apa saja penyebab utama domain anda bermasalah :

  • Nama Domain telah kadaluarsa atau expired

Domain jika tidak diperpanjang akan memasuki masa expired, dimana domain tersebut dikunci dan dialihkan ke sebuah halaman yang disebut domain parking. Setelah masa domain expired berakhir, sebuah domain akan memasuki masa deleted, pada masa ini domain masih ada kemungkinan direstore namun dengan biaya yang tinggi. Jika domain terlalu lama tidak diperpanjang, maka akan tidak bisa diperpanjang lagi untuk selamanya namun beberapa domain ada yang bisa dibeli lagi oleh orang lain.

  • IP anda terblokir Server

Website anda tidak bisa diakes di internet bisa juga karena IP Komputer anda terblokir oleh server. Blokir ini bisa terjadi karena beberapa hal berikut :

a) Salah Login CPanel/Webmail,FTP/SSH hingga berulang-ulang

b) Terlalu sering me-refresh browser

c) Terdeteksi melakukan tindakan spam

d) Hacking

e) DOS Attack

f) Port Scan

  • Komputer anda terinfeksi Virus

Internet banyak mendatangkan manfaat, namun pada saat yang sama juga masalah. Saat ini banyak sekali program jahat yang mencoba untuk menghalangi komputer anda untuk mengakses internet.

  • Kesalahan setting DNS

Kesalahan dalam setting DNS maupun nameserver dapat menyebabkan web anda tidak dapat diakses. Umumnya website tidak dapat diakses dalam beberapa jam atau beberapa hari setelah perubahan DNS. Meskipun setting DNS salah, website masih bisa diakses dalam beberapa jam, namun tiba-tiba tidak bisa diakses selang beberapa waktu kemudian.

Selain itu, Banyak kejadian dimana domain ter suspend karena aktifitas SPAM, Phising, dan sebagainya. Dan untuk provider domain/hosting mungkin bisa dikatakan tidak ada yang melakukan suspend domain.

Jika web ada phising atau spam atau penggunaan ilegal atau penggunaan nama merek terdaftar maka pelapor langsung melaporkan ke pihak registar atau selevel ICANN sehingga domain disuspend.

Jadi hindarilah masalah-masalah seperti ini. jika semisal ada kejadian begini jangan langsung menyalahkan provider domain anda karena kebanyakan bukan provider lah yang salah. Provider akan membantu anda untuk meneruskan ke registrar. Jadi di sini provider bertindak sebagai mediator.

Pada kebanyakan kasus hal ini bisa diselesaikan tapi misal kasus penggunaan merek terdaftar yang sama bisa jadi anda kehilangan domain kecuali anda juga bisa membuktikan merek terdaftar yang sama dengan legalitas yang terakui.

 

Maka, dengan berat hati saya menyampaikan, penggunalah/aktifitas di domainnya yang kebanyakan akan menjadi Penyebab Domain Bermasalah 

 

NUSA.ID perusahaan penyedia jasa layanan Corporate Email Solution, Web Hosting, Registrasi Domain, Dedicated Server, VPS Server Indonesia, VPS Server SIngapore, Colocation Server dan Datacenter Services yang berbasis di Medan Sumatera Utara Indonesia. NUSA.ID merupakan bagian dari Grup NUSANET yang telah berpengalaman sebagai perusahaan penyedia jasa Internet Solution Provider sejak tahun 2000. Menjadi bagian dari Grup NUSANETmerupakan kebanggan dan modal yang berharga bagi NUSA.ID. Dengan didukung sumber daya manusia yang berpengalaman ditambah infrastruktur yang stabil dan telah teruji  lebih dari 17 tahun dari Grup NUSANET maka NUSA.ID percaya mampu memberikan layanan Hosting Dan Email Solution terbaik bagi Anda.

 

 

 

About the Author