Migrasi Email Zoho ke G Suite

Migrasi Email Zoho ke G Suite

Pada Artikel Kali ini akan membahas Bagaimana cara migrasi email dari Zoho ke G Suite atau Google Suite, dan cara ini juga nantinya bisa anda ikuti jika ingin migrasi email anda dari server anda sendiri atau server mail lainnya. pada artikel kali ini akan dijelaskan cara migrasi dari server mail zoho. Sebelum masuk pada inti pembahasan, Artikel ini akan menjelaskan sedikit tentang Zoho dan G Suite.

Pengertian Zoho Mail.

Zoho mail adalah sebuah layanan yang dikhususkan sebagai mail server dari Zoho yang cukup menarik, baik dari sisi fitur maupun tampilan. Jika Anda berlangganan Zoho mail otomatis Anda berlangganan produk Zoho lainnya. Menariknya lagi, layanan Zoho yang gratis ini, kita diberi ruang kosong (space disk) sebanyak 5 GB

Pengertian G Suite.

G Suite adalah paket layanan berbasis cloud yang dapat menyediakan cara baru untuk bekerja sama secara online bagi perusahaan atau sekolah Anda tidak hanya menggunakan email dan chat, namun juga melalui konferensi video, media sosial, kolaborasi dokumen secara real-time, dan lainnya. Cukup daftarkan akun G Suite dan sediakan nama domain yang ingin Anda gunakan dengan layanan Google. Setelah terverifikasi sebagai pemilik domain, Anda dan tim Anda dapat mulai menggunakan Gmail, Kalender, Drive, dan layanan inti G Suite lainnya, serta layanan tambahan seperti Google+, Hangouts, Blogger, dan layanan lainnya. Anda bisa mengikuti cara migrasi email dari Zoho ke G Suite dibawah ini.

  1. Silahkan Anda Login ke mail.zoho.com terlebih dahulu
    – Jika Anda mengaktifkan Two Factor Authentication maka anda akan di minta untuk konfirmasi, seperti gambar dibawah ini.
    – Perlu di perhatikan jika anda ingin melakukan migrasi ke GSuite, Two Factor Authentication harus anda nonaktifkan.
  2. Setelah Anda berhasil login maka anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini.
  3. Selanjutnya silahkan Anda Klik Setting yang ada di sebelah kanan atas
    – Pilih Mail Account
    – Klik IMAP Access.
    Seperti pada Gambar dibawah ini.
  4. Selanjutnya pastikan settingan IMAP Anda dalam Status Enable
    – Klik IMAP untuk melihat Detail configurasi imap server Anda
    – IMAP Server Configuratuin adalah settingan Imap server anda
    – Pada proses migrasi anda akan di minta mengisikan imap server, pastikan sama seperti gambar dibawah ini supaya tidak terjadi kesalahan(error)
  5. Proses migrasi akan berjalan jika server google (GSuite) bisa mengakses ke server anda atau server anda bisa di akses oleh google, menggunakan salah satu user yang terdaftar di server anda. oleh sebab itu anda perlu untuk menonaktifkan  Two Factor Authentication Anda Berikut cara untuk menonaktifkan Two Factor Authentication.
    – Klik My Account Seperti pada gambar dibawah ini.
  6. Pilih Two Factor Authentication Seperti pada Gambar dibawah ini.
  7. Selanjutnya Anda bisa Disable Two Factor Authentication seperti pada gambar dibawah ini.
  8. Setelah penganturan IMAP Server anda sudah di enable dan Two Factor Authentication sudah Disable selanjutnya anda bisa login ke admin.google.com dengan user admin anda untuk proses migrasi email anda.
    jika sudah berhasil login anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini.
  9. Setelah berhasil login Silahkan Anda Klik Pengguna untuk melihat list user Anda, Sebelum lanjut ke tahap berikutnya Anda pastikan dahulu semua user sudah ditambahkan. dan semua user sudah benar dan sesuai.
  10. pada gambar di bawah ini.
    – Klik icon tambah (+) untuk menambahkan user baru. dengan ketentuan anda masih memiliki lisensi.
    – Klik icon gembok untuk reset password user dengan ketentuan anda login sebagai Admin.
    – Klik icon Pensil jika Anda ingin merubah atau rename nama user anda.
    .
  11. Setelah semua user sudah ditambahkan dan sudah sesuai. Anda bisa kembali ke menu dashboard dengan Klik Google Admin yang berada di atas kiri.
    – Pilih Migrasi data seperti gambah dibawah ini
    – Silahkan Anda centang data yang ingin anda migrasi.
    – Data yang bisa di migrasi pada gsuite yaitu Email, Kontak dan Kalender. pada artikel kali ini akan membahan migrasi email.
  12. Pada gambar dibawah ini Anda akan di minta untuk mengisikan Data server dan user anda.
    1. Sumber migrasi anda bisa memilih saya ” tidak tahu/sever IMAP lainnya ”
    2. Protokol sambungan Pilih ” IMAP ” dan Masukkan Nama server IMAP anda.
    3. Akun Peran silahkan ada masukkan Alamat email dan password salah satu akun pada server email anda yang lama. supaya gsuite bisa terhubung ke server email anda dan juga mengirimkan laporan migrasi ke server email anda. Seperti pada gambar dibawah ini. jika sudah selesai Klik Sambungkan.
  13. Selanjutnya anda hanya perlu menunggu sampai migrasi selesai dan email anda sudah bisa digunakan

 

About the Author