Mengenal G Suite, Produk Inovatif dari Google

G Suite merupakan jawaban dari Google untuk para pengguna yang menginginkan kemudahan akses pada berbagai fitur untuk menyelesaikan masalah produktivitas. Pada masa awal peluncurannya di tanggal 28 Agustus 2006 silam, inovasi ini dikenal dengan nama Google Apps For Work.

G Suite terdiri dari beberapa aplikasi Google seperti Gmail, Hangouts, Calendar, Google+ untuk komunikasi, G Drive, G Docs, G Sheets, G Slides, G Form, dan G Sites untuk kolaborasi. Semuanya dikelola dalam satu sistem yang disebut panel admin untuk mengontrol kolaborasi antar pengguna dan mengatur servisnya.

G Suite hadir dalam beberapa plan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, yaitu: G Suite Basic, G Suite Bisnis, dan G Suite Enterprise. Layanan ini bisa disinkronisasi dengan domain perusahaan dengan tampilan tanpa iklan yang efektif.

Bagi kalangan bisnis, keberadaan layanan seperti G Suite tentu saja sangat bermanfaat. Mengingat di era digital seperti sekarang , segala hal bisa dilakukan secara online melalui internet dari mana dan kapan saja. Di Indonesia sendiri, layanan ini juga sudah bisa dinikmati melalui situs lokal G Suite Indonesia.


Cara Mendaftar Akun G Suite


Tidak seperti aplikasi Google lainnya, G Suite merupakan layanan premium berbayar yang mewajibkan penggunanya untuk melakukan registrasi. Prosedur registrasinya pun tidak terlalu merepotkan dan mirip dengan registrasi pada akun media sosial kebanyakan.

Untuk sebuah perusahaan, Anda hanya membutuhkan satu akun yang bisa dibeli langsung melalui situs resmi G Suite atau melalui partner yang bertindak sebagai reseller G Suite. Situs resminya pun tidak hanya tersedia dalam Bahasa Inggris tetapi juga bahasa lokal seperti Bahasa Indonesia.

Satu akun ini cocok untuk digunakan banyak orang, karena salah satu kelebihan layanan G Suite adalah, perusahaan tidak membutuhkan sebuah tim untuk mengelola IT. Siapa saja dapat menggunakan layanan ini dan mendapatkan pengelolaan email atau dokumen sekelas bisnis kelas atas di perusahaan mereka.

Meskipun bersifat “publik,” tetapi G Suite menawarkan keamanan yang cukup mumpuni. Karena begitu mendaftar akun, Anda akan mendapatkan akses ke Admin G Suite. Fitur ini merupakan panel kontrol untuk mengatur semua aplikasi Google yang digunakan perusahaan.

Akses admin G Suite memberikan kesempatan pada Anda untuk menambah pengguna baru, memoderasi informasi yang masuk dan keluar dari perusahaan, menonaktifkan aplikasi yang tidak dibutuhkan perusahaan, serta menjaga akun bisnis agar tetap aman.

Bisa dibilang, Admin G Suite merupakan pusat kontrol dari kurang lebih 10 aplikasi Google. Karena diatur dan dikontrol dalam satu rangkaian software, karyawan atau pemilik perusahaan dapat bekerja lebih efisien dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Kelebihan lainnya, G Suite menawarkan penyimpanan cloud dengan kapasitas mulai dari 30 GB per akun sampai unlimited. Akun G Suite juga dapat diakses tidak hanya melalui laptop atau PC tetapi juga smartphone Android dan iOS. Jadi di mana pun karyawan berada, kolaborasi tetap bisa dilakukan dengan efektif.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, G Suite memang dirancang sebagai jawaban untuk para pengguna yang ingin membuat lingkungan kerja semakin efisien dan efektif. Jadi jangan heran apabila aplikasi ini mampu melakukan kontrol penuh pada setiap aplikasi Google yang dibutuhkan untuk komunikasi maupun kolaborasi pada sebuah perusahaan.


Partner G Suite di Indonesia


Tidak seperti layanan cloud lainnya, sebuah perusahaan bisa mendaftar akun G Suite Indonesia secara langsung melalui situs resminya atau memanfaatkan jasa partner Google yang terpercaya. Partner tersebut biasanya bertindak sebagai reseller resmi yang dapat membantu Anda menentukan mana plan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Karena G Suite merupakan layanan premium, memanfaatkan jasa partner-nya pun akan dikenakan biaya. Bedanya, beberapa partner menawarkan harga yang lebih kompetitif dan menawarkan jasa migrasi antar-plan jika sewaktu-waktu plan yang dipilih sudah tidak sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu partner resmi G Suite di Indonesia adalah Nusa.id. Perusahaan jasa ini merupakan mitra Google tepercaya yang telah membantu banyak perusahaan besar dalam pembuatan akun G Suite. Dilengkapi dengan tenaga profesional, Nusa.id menyediakan layanan bantuan 24/7 jika dibutuhkan.

Bertindak sebagai partner dan reseller G Suite, Nusa.id melayani pembayaran melalui transfer bank lokal menggunakan mata uang rupiah. Hal ini tentu bisa meringankan, karena Anda tidak perlu repot melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit atau Paypal, atau bahkan melakukan penukaran mata uang dolar terlebih dahulu untuk proses pendaftarannya.

Layanan cloud seperti G Suite merupakan solusi sistem pengelolaan bisnis digital yang komprehensif. Daftarkan perusahaan Anda melalui G Suite partner Indonesia Nusa.id dan dapatkan fitur kolaborasi terbaik untuk meningkatkan efisiensi kerja di perusahaan Anda.