Install LAMP Ubuntu 16.04

Install LAMP Ubuntu 16.04

Pengertian LAMP

Sebelum memulai konfigurasi hal yang perlu kita ketahui yaitu LAMP Adalah singkatan dari Linux, Apache, Mysql/Mariadb, dan PHP. Merupakah sebuah software open source yang biasa digunakan untuk menjakankan aplikasi secara lengkap.

Berikut adalah Komponen – komponen dari LAMP :

Linux – Sebagai Sistem Operasi

Apache HTTP Server – Sebagai Web Server

Mysql atau Mariadb – Sebagai sistem basis data atau databases

PHP, Perl, dan Python – Sebagai bahasa pemograman yang digunakan

Cara Kerja LAMP

Sebagian orang pasti sudah sering menggunakan atau konfigurasi LAMP, tapi bagaimana sih cara kerja LAMP itu sendiri, Nah sesuai dengan fungsi dari masing –  masing bagiannya Kapan pun permintaan halaman web tiba di server, permintaan tersebut akan diteruskan ke sebuah aplikasi yang disebut server web, nah dalam kasus ini yang bekerja ialah Apache. Apache mencari file yang diminta di URL dan membawa informasi ini ke penerjemah yaitu PHP. Penerjemah PHP menjalankan logika yang tertulis dalam file tersebut, menarik data dari database MySQL jika diperlukan, dan membuat halaman web. Apache, web server mengirimkan halaman web yang telah dibuat ini ke klien. Keseluruhan proses ini dijalakan dengan beberapa varian setiap kali kalian meminta halaman web dari server LAMP.

Setelah kita mengetahi apa Itu LAMP dan cara kerjanya berikut ini langkah – langkah mengistall LAMP, kali ini pada sistem operasi linux Ubuntu 16.04.

Langkah Pertama : Menginstall Apache Sebagai Server WEB.

Sebelum melakukan instalasi, perbaharui dahulu sistem dan pastikan sistem memiliki paket – paket software terbaru.

Caranya dengan mengetikan perintah dibawa ini :

pada ubuntu 16.04 dan seterusnya telah ada update untuk setiap install paket tidak perlu menambahkan perintah -get kita hanya cukup menggunakan perintah apt (paket yang akan kita install) sekarang kita mulai untuk mengistall.

$ sudo apt update
$ sudo apt upgrade

Sekarang kita Install Apache2 dengan perintah dibawah ini:

$ sudo apt install apache2

Langkah Kedua : Menginstall Mysql

MySQL merupakan database untuk aplikasi. Untuk menginstall MySQL, dengan perintah dibawah ini.

$ sudo apt intall mysql-server

Untuk melihat status mysql yang sudah kita install bisa dengan perintah dibawah ini :

$ sudo systemctl status mysql

Langkah Ketiga : Menginstall PHP

PHP berfungsi untuk menjalankan aplikasi. untuk mengInstall PHP kita perlu  beberapa modul tambahan, kita bisa lihat paket apa saja yang disediakan dengan perintah berikut ini.

$ apt search php

Berikut adalah Modul tambahan yang perlu kita install :

$ sudo apt install php7.0-cli php7.0-common php7.0-curl php7.0-gd php7.0-mysql php7.0-xml php7.0-zip

Nah pada php7.0 ini nanti bisa menyesuikan jika mengistal di ubuntu 18.04 sudah mengunakan php7.2 

Perintah ini akan menginstall versi terbaru dan stabil dari PHP dan beberapa modul tambahan yang dibutuhkan aplikasi web agar supaya bekerja dengan maksimal.

Selanjutnya kita akan mengecek instalasi PHP

Kita sudah menginstall PHP. Sekarang saatnya mengecek apakah PHP yang kita install dapat berfungsi dengan benar. Caranya adalah dengan membuat file untuk mengetes dan membukanya di browser. Pertama-tama, install Vim text editor dengan perintah dibawah ini :

$ sudo apt install vim

Vim adalah program komputer yang dipakai untuk menulis teks (text editor/editor teks) sama seperti program-program di atas. Vim merupakan singkatan dari Vi iMproved yang dirilis pertama kali tahun 1991

$ sudo vim /var/www/html/index.php

Perintah diatas ini akan membuka vim editor dan menampilkan file kosong yaitu index.php untuk mulai mengedit. Direktori /var/www/html, tempat kita membuat file test  PHP, disebut sebagai webroot. Di sinilah Apache akan mencari file yang diminta di dalam URL website secara standar jika tidak dikonfigurasikan untuk mencari di tempat lain. bisa di Cek pada halaman dokumentasi Apache Ubuntu untuk informasi mengenai konfigurasinya. Kita pun memerlukan hak akses root agar bisa menulis di direktori ini. Kali ini kita menggunakan sudo di depan perintah yang digunakan. Masukkan teks berikut dibawah ini di dalam editor yang telah dibuka

<?php

phpinfo();

?>

Setelah memasukkan teks di atas, tekan tombol keyboard esc. kemudian ketik :wq,untuk menyimpan lalu tekan ENTER. File akan tersimpan dan Anda keluar dari editor.

Untuk melihat hasilnya bisa buka web dibawah ini :

http//:ip_address_vps/index.php

Kesimpulan

Kita telah mempelajari cara install LAMP Ubuntu 16.04. Setelah proses instalasi selesai, Kita dapat copy file PHP Kita ke server dan melakukan deploy pada aplikasi web Kita. Kita juga dapat menginstall phpMyAdmin untuk mengelola database Kita di software antarmuka web.

About the Author

Leave a Reply