#Mulai Dari 160K G Suite Business

Ini Tips Maksimalkan G Suite untuk Remote Learning

Selain work from home, tren remote learning rupanya juga populer dalam beberapa tahun terakhir, terlebih di tengah pandemik seperti sekarang. Mengingat guru tidak bertatap muka langsung dengan muridnya, tentu dibutuhkan metode yang lebih kreatif agar tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan maksimal.

Untuk urusan yang satu ini, kita patut berterima kasih pada Google Suite. G Suite adalah layanan mobilitas dan kolaborasi dengan banyak fitur canggih yang didesain untuk berbagai keperluan, salah satunya pendidikan.

Lantas, fitur Google Suite apa saja sih yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh?

  1. Google Classroom
  2. Tool pertama dari G Suite yang sangat populer di kalangan para akademisi adalah Google Classroom. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan mempermudah kolaborasi jarak jauh antara guru dan siswa.

    Di Google Classroom, guru bisa mendistribusikan tugas, presentasi, memberi nilai, mengadakan kuis dan diskusi, dan aktivitas lain layaknya kelas konvensional. Selain meringankan tugas administratif guru, aplikasi ini juga bisa diakses kapan saja, lewat PC maupun smartphone. Praktis sekali, bukan?

  3. Google Forms


  4. G Suite juga menyediakan tool berupa Google Form yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat kuis, formulir pendaftaran, atau survei untuk murid atau walinya. Dibantu oleh machine learning, Anda pun bisa mengumpulkan serta menganalisis jawaban dari survei/kuis/formulir yang disebar.

    Contoh Penggunaan Google Form

    Beberapa pengajar di luar negeri juga punya ide out of the box menggunakan Google Form untuk mengecek kesehatan mental muridnya, lho. Form ini berisi daftar pertanyaan yang harus dijawab murid. Jika tertarik, Anda bisa menduplikasi metodenya di sini.

  5. Dokumen, Spreadsheet, Dan Slide
  6. Kerja kelompok secara online kini bukan hal yang mustahil dilakukan, lho. Di Google Suite terdapat beberapa fitur berbasis cloud seperti document, spreadsheet, dan slide yang bisa diakses dan diedit bersama-sama secara real time.

    Sebagai pengajar, Anda pun bisa saling berkolaborasi dengan murid dan memberi koreksi/masukan atas hasil pekerjaan mereka. File juga bisa di-download agar nantinya bisa diakses meski tanpa jaringan internet.

  7. Google Meet


  8. Untuk pertemuan atau kelas harian dengan murid, Anda juga bisa memanfaatkan Google Meet yang bisa diakses lewat komputer atau smartphone. Selain presentasi online, Anda juga dapat mengadakan sesi tanya jawab dengan fitur tambahan berupa recording, sehingga hasilnya bisa diakses kembali di lain waktu.

  9. Google Calendar
  10. G Suite juga menawarkan fitur berupa Google Calendar yang akan sangat membantu Anda dalam mengatur serta menyusun agenda sekolah, mulai dari jadwal mengajar tiap kelas, kuis, presentasi online, sampai rapat dengan wali murid.

    Kalender ini bisa Anda integrasikan dengan Google Mail. Jadi, sistem secara otomatis akan mengirim notifikasi ke email tentang agenda terkait di tanggal dan hari tertentu. Remote learning pun jadi lebih teratur.

  11. Jamboard


  12. Tak banyak yang tahu aplikasi canggih milik G Suite yang satu ini. Ya, Google Jamboard merupakan papan tulis digital yang bisa dipakai sebagai kanvas untuk membuat sketsa gambar atau lukisan.

    Smartboard interaktif berbasis cloud ini juga bisa diakses secara bersama-sama, sehingga kolaborasi dengan murid di kelas pun jadi lebih gampang. Tool ini dapat diakses dari perangkat apa pun, baik komputer, smartphone, atau tablet.

Untuk dapat menikmati layanan Google Suite premium dengan akses tak terbatas, Anda sangat dianjurkan mendaftar dan berlangganan G Suite untuk pendidikan. Cek nusa.id cloud untuk informasi lebih lengkap seputar layanan G Suite dan biayanya.

nusa.id cloud merupakan reseller sekaligus partner resmi G Suite di Indonesia. Bersama support team profesional, kami siap membantu perusahaan/institusi Anda tumbuh dan berkembang lebih besar.