Ini Kelebihan Google Sheets Dibanding Excel

Spreadsheet merupakan tool pengolah data yang banyak dipakai di berbagai aktivitas bisnis dan perkantoran. Dulu, Microsoft Excel adalah jenis spreadsheet yang paling populer. Namun, seiring perkembangan teknologi (ketika berbagai perangkat lunak ramai-ramai migrasi ke cloud), orang pun mulai beralih ke Google Sheets.

Ya, meski pada dasarnya punya kegunaan yang sama, Google Sheets tetap dianggap lebih efisien dibanding Excel. Selain harga G Suite yang terjangkau, ada banyak fitur pada G Sheets yang tak tersedia di Excel.

Sedikit info, Google Sheets merupakan salah satu produk andalan Google Suite. Agar lebih jelas, simak perbandingan berikut :

  1. Fitur Kolaborasi Real Time
  2. Excel maupun Google Sheets adalah fitur andalan saat pekerjaan mengharuskan Anda berkolaborasi dengan tim secara real time. Fungsi ini akan semakin terasa manfaatnya ketika Anda dan kolega harus bekerja secara remote. Berbagi dan edit dokumen pun jadi lebih gampang.

    Sayangnya, kolaborasi di Excel mesti menggunakan email Outlook. Sedangkan untuk chatting saat mengedit dokumen Anda harus membuka Skype. Repot, kan? Berbeda dengan Google Sheets. Untuk mengakses dan mengedit dokumen, Anda hanya perlu menggunakan Gmail. Chatting dengan kolega pun bisa dilakukan di spreadsheet tanpa harus membuka aplikasi lainnya.

  3. Harga dan Kapasitas Penyimpanan
  4. Kelebihan Google Sheets adalah gratis! Anda bahkan tidak dipungut biaya apa pun untuk mengakses fitur tambahan seperti Google Drive, Slides, dan Docs untuk membuat, mengedit, sampai mempresentasikan dokumen. Jika ingin menikmati fitur advance, Anda bisa berlangganan G Suite dengan biaya tertentu.

    Sebaliknya, Excel adalah tool berbayar yang didapat saat membeli paket Office 365. Harganya juga bervariasi tergantung metode pembeliannya,

  5. Fitur Autosaving
  6. PC mati atau jaringan internet yang tiba-tiba putus saat bekerja adalah bencana besar bagi sebagian orang. Bagaimana tidak? Dokumen kerja ternyata tak bisa diselamatkan karena lupa memencet tombol save. Itulah kalau Anda menggunakan Microsoft Excel dan lupa menaktifkan fitur auto save!

    Kejadian semacam ini tentu tidak akan terjadi jika Anda bekerja dengan Google Sheets. Ya, Google Sheets memang menyediakan fitur auto saving otomatis, baik ketika Anda mengaksesnya secara online maupun offline. Jadi Anda tak perlu khawatir hasil kerja hilang karena lupa menekan opsi simpan di layar.

  7. Keamanan
  8. Tingkat keamanan Excel sempat diragukan karena file masih bisa dengan mudah diretas meskipun sudah dikunci dengan kata sandi. Namun, sekarang Anda tak perlu khawatir karena ada OneDrive yang akan menyelamatkan dokumen penting Anda dari tangan hackers.

    Walaupun sama-sama secure, Google Sheets ternyata dianggap lebih maksimal dalam hal keamanannya. Ini karena file yang dibuat lewat Google Sheets sudah tersimpan otomatis di cloud. Terlebih Google menggunakan HTTPS dan two-factor authentication untuk menghalau peretas.

  9. Integrasi Data dengan Form Survey
  10. Kelebihan lain yang ditawarkan Google Sheets adalah fitur integrasi dengan Google Form. Artinya Anda bisa membuat survei, aplikasi lamaran kerja, pengumpulan data konsumen/pegawai/alumni, customer feedbacks, sampai kuesioner.

    Data yang terkumpul di Google Form akan langsung diimpor ke Google Sheets saat responden mengisinya. Anda pun tidak perlu repot menyalin-edit dokumennya. Sayangnya fitur integrasi seperti ini tidak tersedia di Microsoft Excel.

  11. Formula
  12. Baik Excel maupun Sheets sama-sama menggunakan formula/rumus dasar seperti SUM, MIN, MAX, dan AVERAGE dalam pengoperasiannya. Namun, Google Sheets punya beberapa formula tambahan yang bisa jadi sangat dibutuhkan perusahaan atau instansi Anda.

    Contohnya adalah fitur GOOGLEFINANCE yang berfungsi untuk mengimpor data tentang saham, dana, atau obligasi langsung dari layanan. Selain itu, ada juga GOOGLETRANSLATE via spreadsheet. Jadi saat mengerjakan dokumen Anda tak harus bolak-balik ke website penerjemahan.

  13. Excel Harus Terinstal di PC
  14. Excel merupakan tool bawaan Office dan oleh karena itu harus terinstal di PC atau laptop. Sebaliknya, Google Sheets yang berbasis cloud bisa dengan mudah diakses melalui browser tanpa harus diinstal terlebih dahulu, meskipun saat ini sudah tersedia versi yang online

    Soal mobilitas, Excel memang kalah dibanding Google Sheet. Anda masih perlu memindahkan file secara manual dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Ini tentu akan sangat merepotkan.

    Sebaliknya, Google Sheets lebih efisien. Jika sewaktu-waktu Anda kehilangan akses ke komputer (misalnya karena laptop rusak atau dicuri), Anda tidak perlu khawatir karena file masih bisa diakses lewat komputer lainnya.

Pilih Google Sheets atau Excel?

Meskipun secara keseluruhan punya fitur yang mirip, Google Sheets dan Excel tetap punya kekurangan dan kelebihan. Jika pekerjaan Anda menuntut kolaborasi tapi tetap menggunakan versi dasar Office, Google Sheets dari G Suite adalah opsi yang paling direkomendasikan.

Alasannya tentu tidak jauh-jauh dari bujet. Dibanding lisensi Office 365, harga berlangganan G Suite memang cenderung lebih murah. Anda pun bisa menghemat pengeluaran untuk pos lain yang lebih perlu.

Punya pertanyaan seputar G Suite basic ? Kunjungi nusa.id cloud sekarang. Kami adalah partner resmi Google di Indonesia dengan lokasi kantor di Jakarta. nusa.id cloud telah membantu lebih dari 1.500 pelanggan di seluruh Indonesia. Sekarang giliran Anda!