G Suite: Tools Praktis Untuk Para Pebisnis

Di era serba digital ini, kebutuhan akan layanan atau aplikasi yang mumpuni merupakan sebuah hal yang wajar. Pasalnya, hampir semua kegiatan bisnis kini berhubungan dengan internet dan dilakukan secara online. Inilah mengapa belakangan banyak sekali pelaku internet yang melakukan inovasi dan terobosan untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Sebagai penyedia produk-produk digital, Perusahaan raksasa Google tentu tidak mau ketinggalan untuk ikut berinovasi. Salah satu inovasi yang ikut dikembangkan dan diharapkan mampu menjadi jawaban bagi para pebisnis dalam meningkatkan efisiensi kerjanya adalah G Suite.

Apa Itu G Suite ?


G Suite merupakan layanan kontrol terpadu terhadap lebih dari 10 aplikasi yang dikembangkan oleh Google. Fitur-fitur tersebut merupakan aplikasi yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan, mulai dari aplikasi komunikasi seperti Gmail dan Google Hangouts, hingga kolaborasi seperti G Sheet, G Docs, serta G Drive.

G Suite sendiri pertama kali diluncurkan secara profesional pada tahun 2006 dengan nama Google Apps For Work. Layanan terpadu ini juga sempat diberi nama Google Apps for Your Domain hingga akhirnya diberi nama G Suite.

Sama seperti produk Google lainnya, G Suite juga hadir dalam versi lokal dengan G Suite Indonesia. Meskipun melayani pengguna dari Indonesia, tetapi produk G Suite yang ditawarkan sama dengan yang ditawarkan di negara lainnya.

Produk G Suite


Jika aplikasi Google lainnya diedarkan secara gratis dan semua orang bisa mengaksesnya dengan mudah, berbeda halnya dengan G Suite. Tools ini merupakan salah satu produk premium dari Google yang pembayarannya bisa dilakukan setiap tahun. Inilah mengapa, G Suite hadir dalam tiga plan.

Setiap plan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mahal atau tidaknya, tentu tergantung dengan kebutuhan sebuah perusahaan. Namun secara umum, G Suite mendukung layanan komunikasi dan kolaborasi yang diatur secara terpusat oleh sebuah panel admin dan vault yang disebut admin G Suite.

Berikut ini adalah beberapa plan G Suite yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan:

  • Basic Plan G Suite
  • Basic Plan merupakan plan G Suite dengan kapasitas memori sekitar 30 GB. Dengan memilih plan ini, Anda akan mendapat akses email dengan domain pribadi, video, voice calls, kelender, aplikasi kolaboratif, spreadsheets, presentation, sites, dan kontrol penuh atas keamanan serta privasi akun G Suite.

    Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mendapatkan support dan layanan pengaduan melalui telepon atau email selama 24/7. Untuk mendapatkan akun Basic Plan ini, pengguna bisa membeli langsung melalui situs resmi G Suite atau melalui partner reseller G Suite terpercaya seperti nusa.id cloud.

  • Business Plan G Suite
  • Berbeda dengan Basic Plan, Business Plan menawarkan layanan dengan memori unlimited atau 1 TB jika jumlah penggunanya kurang dari empat. Selain itu, business plan juga memberikan tambahan panel eDiscovery dan fitur lain yang tidak didapatkan oleh pengguna Basic Plan. Adapun akses adminnya kurang lebih sama dengan akses yang dimiliki pengguna basic plan.

    Admin bisa melakukan moderasi pada fungsi kolaborasi, mengeliminasi atau menambah pengguna, hingga melakukan pelaporan konten, audit, dan pembagian Drive.

  • Enterprise Plan G Suite
  • Secara garis besar, Enterprise Plan memiliki fitur yang serupa dengan yang didapatkan pengguna business plan. Bedanya, pada plan ini, pengguna akan mendapatkan akses ke Google Vault, sebuah layanan arsip email berbasis cloud.

    Layanan semacam ini tentu saja dibutuhkan oleh sebuah perusahaan karena biasanya perusahaan akan mendapat atau mengirim email penting yang kadangkala berkaitan dengan kebutuhan hukum. Dengan adanya sistem pengarsipan yang sistematis, pencarian email penting yang dibutuhkan bisa dilakukan dengan mudah.

    Jika suatu saat perusahaan terlibat masalah yang mengharuskan pihak terkait menghadirkan bukti email, fitur vault ini akan sangat membantu. Sebab dengan layanan e Discovery-nya, vault mampu mencari file tertentu dalam sekali klik selama kata kunci yang terkait tepat.

Harga G Suite Indonesia

Pembelian plan akun G Suite bisa dilakukan melalui situs resminya di situs lokal G Suite Indonesia atau melalui partner Google resmi. Harga setiap plan berbeda-beda, yaitu mulai dari USD 6 hingga USD 12 per bulan per orang.

Karena dalam satu tim atau perusahaan bisa terdiri dari beberapa orang, harganya pun menyesuaikan. Pembayaran akun G Suite melalui situs resmi dilakukan menggunakan kartu kredit dalam mata uang dolar Amerika.

Berbeda halnya jika Anda mendaftar melalui partner G Suite. Di Nusa.id Anda dapat membuat akun atau membeli plan G Suite dengan mata uang rupiah, dengan biaya sekitar Rp59.000-Rp359.000 per bulannya.

Jika harga yang ditetapkan G Suite disesuaikan dengan jumlah anggota yang akan menggunakan akun tersebut, di Nusa.id, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih kompetitif karena biaya yang dikenakan adalah harga tim. Jadi sebanyak apapun pengguna aplikasi di akun G Suite Anda, harganya tetap sesuai dengan yang tertera.

Untuk memudahkan proses pembayarannya, di Nusa.id, Anda tidak perlu melakukan pembayaran dengan kartu kredit (dalam mata uang dolar). Anda bisa transfer langsung melalui bank lokal menggunakan mata uang rupiah. Mudah dan praktis.

Bagaimana, tertarik menggunakan aplikasi kolaborasi G Suite untuk efisiensi kerja perusahaan Anda ?