Apa arti clientHold? / Mengapa domain ditangguhkan (suspended)?

Rosalia Ayu Darmawan
2018-05-18 09:55

Jika status domain menunjukkan "clientHold" atau "serverHold" (status domain dapat diperiksa di WHOIS) hal itu berarti domain tersebut telah ditangguhkan dan tidak dapat berfungsi saat berada di negara pendaftaran domain.

clientHold bisa jadi karena berbagai alasan, ada beberapa alasan yang paling umum yaitu:

  1. Verifikasi Kontak ICANN belum selesai
  2. Domain telah kedaluwarsa
  3. Domain telah terkunci karena masalah kepatuhan (compliance issue)

 

Verifikasi Kontak ICANN:

Pada tanggal 1 Januari 2014 registrar (OpenSRS) diperlukan untuk memverifikasi data kontak di WHOIS.

Hal ini berarti ketika seorang pendaftar (registran) memperbarui nama pendaftarannya dan / atau alamat emailnya, maka akan memicu proses verifikasi. Verifikasi dilakukan dengan cara pendaftar (registran) akan mendapatkan email yang isinya adalah meminta mereka untuk mengklik link dan memverifikasi domainnya.

Jika pendaftar lupa atau gagal untuk mengklik link pada email dan memverifikasinya dalam waktu 15 hari maka domain tersebut akan berstatus clientHold dan akan berhenti bekerja.

Untuk memperbaikinya pendaftar (registran) perlu mengklik link di email mereka.

Jika alamat email tidak berfungsi atau sudah lama maka mereka dapat memperbarui rincian kontak secara normal, hal ini akan memicu verifikasi ulang dan email baru akan dikirim ke alamat email yang baru kemudian setelah diklik maka domain akan unsuspended secara otomatis.

 

Domain telah kedaluwarsa:

Ketika sebuah domain telah kedaluwarsa, terkadang domain bisa berstatus clientHold - bahkan mungkin nama server juga dapat berubah.

Jika hal ini yang terjadi, maka yang perlu dilakukan untuk mengembalikannya secara online adalah dengan memperbarui domain secara normal.

 

Masalah kepatuhan (Compliance Issue):

Masalah yang satu ini lebih rumit, terkadang Anda mungkin melihat bahwa ada kunci khusus yang diterapkan pada tampilan domain di OpenSRS atau HRS. Bahkan mungkin  Anda tidak dapat memeriksanya.

Jika Anda sudah melakukan pengecekan dan yakin bahwa domain tersebut belum kedaluwarsa, dan status verifikasinya menunjukkan bahwa itu TIDAK pending, maka yang Anda harus lakukan adalah meningkatkannya.

 

NUSA.ID perusahaan penyedia jasa layanan Corporate Email Solution, Web Hosting, Registrasi Domain, Dedicated Server, VPS Server Indonesia, VPS Server SIngapore, Colocation Server dan Datacenter Services yang berbasis di Medan Sumatera Utara Indonesia. NUSA.ID merupakan bagian dari Grup NUSANET yang telah berpengalaman sebagai perusahaan penyedia jasa Internet Solution Provider sejak tahun 2000. Menjadi bagian dari Grup NUSANETmerupakan kebanggan dan modal yang berharga bagi NUSA.ID. Dengan didukung sumber daya manusia yang berpengalaman ditambah infrastruktur yang stabil dan telah teruji  lebih dari 17 tahun dari Grup NUSANET maka NUSA.ID percaya mampu memberikan layanan Hosting Dan Email Solution terbaik bagi Anda.

Tags: ClientHold, Domain, suspended
Average rating: 0 (0 Votes)

You cannot comment on this entry