Cara Reset Password Root pada CentOS 7

Cara Reset Password Root pada CentOS 7

Artikel singkat ini akan menunjukkan kepada Anda Langkah sederhana yang dapat Anda gunakan untuk mereset password root Anda yang terlupakan untuk server CentOS 7. Ini pasti akan berguna bagi webmaster yang terkunci dari mesin CentOS Anda dan tidak dapat masuk.

Langkah ini hanya akan berfungsi jika Anda memiliki akses langsung ke perangkat atau akses terminal dengan opsi menu boot. Anda tidak dapat mengatur ulang kata sandi root jika Anda terhubung dari jarak jauh karena Anda memerlukan akses menu boot. Berikut langkah yang perlu anda lakukan.

  1. Pada menu boot, tekan tombol (e) pada keyboard untuk mengedit kernel yang ada (Core) seperti gambar di bawah ini.
  2. Selanjutnya scroll ke bawah dan cari baris yang di awali kata linux16, kemudian ubah ro menjadi rw seperti gambar yang dibawah ini.
  3. Rubah baris ro menjadi rw dan tambahkan init=/sysroot/bin/sh, sehingga menjadi rw init=/sysroot/bin/sh , seperti tampilan gambar di bawah ini, kemudian tekan tombol ctrl + x untuk masuk ke Single User Mode.
  4. Setelah berada di single user mode, jalankan perintah
    chroot /sysroot
  5. Selanjutnya reset password root anda dengan perintah dibawah ini
    passwd root
  6. Anda akan diminta untuk membuat dan mengonfirmasi kata sandi baru. Setelah membuat kata sandi, jalankan perintah di bawah ini untuk memperbarui parameter SELinux
    touch /.autorelabel
  7. Reboot system dengan perintah dibawah ini dan anda sudah bisa login dengan password yang baru.
    reboot -f
About the Author