Cara Menggunakan Gmail Tanpa Akses Internet (Offline)

Gmail merupakan salah satu layanan email paling populer di dunia. Saat ini setiap orang pengguna handphone berbasis android pasti menggunakan Gmail. Layanan Gmail di sedikan oleh Google dan memiliki 2 versi, yaitu versi berbayar dan versi gratis. Untuk versi berbayar bisa didapatkan dengan berlangganan G Suite dengan alamat email yang akan digunakan menggunakan domain sendiri. Sedangkan Gmail yang gratis alamat email yang digunakan adalah @gmail.com.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa Gmail merupakan layanan email berbasis web yang secara default memerlukan akses internet agar dapat digunakan. Namun bagaimana jika sedang berada di lokasi tanpa internet ?

Untuk hal tersebut Google telah menyediakan solusinya yaitu dengan menyediakan fitur Gmail Offline. Fitur Gmail Offline memungkinkan untuk menulis email meskipun dalam keadaan offline atau tanpa internet. Email yang ditulis akan di sinkronkan sesaat setelah terkoneksi ke internet.

Berikut cara untuk mengatur akses offline di Gmail :

  1. Buka mail.google.com
  2. Setelah login dan muncul Inbox, Pilih Settings > Settings
  3. Pilih Tab Offline
  4. Beri tanda centang pada pilihan Enable Offline Mail Box
  5. Klik Save Changes
  6. Jangan lupa buat bookmark untuk Akses Offline Gmail

Sekarang Gmail dapat di akses secara Offline atau tanpa koneksi internet dengan mengunjungi mail.google.com. Fitur ini hanya bisa digunakan di Chrome Browser

nusa.id cloud sebagai Google Partner Di Indonesia untuk layanan G Suite dapat membantu Anda untuk bekerja lebih efisien, produktif dengan memanfaatkan Tools yang ada di dalam layanan G Suite.