Mengamankan Akun Gmail Tips & Trick

Mengamankan Akun Gmail Tips & Trick

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kata Gmail, Karena setiap orang yang sudah memiliki gadget pastinya sudah memiliki yang namanya Gmail. bahkan anda sendiri pasti sudah memiliki gmail bukan?. karna dari semua layanan email yang tersedia saat ini gmail merupakan yang paling mudah digunakan. Namun apakah Gmail anda sudah benar-benar aman?

Pada artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mengamankan akun gmail pada komputer atau perangkat lain yang anda gunakan. sebelum masuk pada inti dari artikel ini. akan dibahas dahulu apa itu gmail?

Gmail Adalah layanan email milik google, pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surta web HTTPS Protocol POP3 atau IMAP4, Gmail di perkenalkan pertama sekali dengan sistem undangan dalam beluk beta pada 1 April 2004 dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 meskipun pada masa itu masih dalam status Beta bersama seluruh produk Google Apps dan pada 7 Juli 2009 layanan ini sudah tidak lagi status Beta.

Dengan kapasitas penyimpanan awal 1 GB per pengguna, Gmail berhasil meningkatkan standar penyimpanan gratis surat web dari 2-4 MB yang ditawarkan para pesaingnya pada waktu itu. Pesan pribadi, termasuk lampiran, dibatasi hingga 25 MB, lebih besar daripada layanan surat web lainnya. Gmail memiliki antarmuka berorientasi pencarian dan “tampilan percakapan” yang mirip dengan forum Internet. Sejumlah pengembang web mengakui Gmail adalah layanan pertama yang memakai metode pemrograman Ajax. Gmail beroperasi dengan Google GFE/2.0 di Linux Hingga Juni 2012, Gmail adalah layanan surat elektronik berbasis web terbesar dengan 425 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

langsung saja Berikut adalah 4 cara yang dapat Anda gunakan untuk memastikan bahwa akun Gmail Anda aman.

Langkah 1: Selesaikan Pemeriksaan Keamanan

Gmail memiliki halaman yang dapat membantu Anda meninjau semua pengaturan penting  pada Gmail Anda di satu tempat.

Ini dibagi menjadi 3 bagian:

1) Informasi pemulihan

Ini untuk ketika Anda mencurigai aktivitas yang tidak biasa dari akun Anda, atau jika Anda tidak sengaja dikunci. Mereka memiliki nomor telepon Anda, pertanyaan keamanan, dan email alternatif yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan akun Gmail Anda.

2) Perangkat Terhubung

Ini digunakan untuk meninjau semua perangkat yang terhubung ke akun Anda. Ini termasuk, ponsel, laptop, tablet, dan perangkat lain apa pun yang baru saja Anda masuki.

Jika ada perangkat yang terlihat asing bagi Anda, tekan tombol, ‘Sesuatu yang Terlihat Salah.’

Gmail akan memberi tahu Anda bahwa Anda telah memberi tahu mereka, dan kemudian akan menyarankan bahwa Anda mengubah kata sandi Anda sampai mereka menyelesaikan masalah.

3) Izin Akun

Ini akan memberi Anda daftar semua aplikasi, situs web, dan perangkat yang Anda izinkan untuk mengakses informasi dari akun Anda. Ini juga akan menunjukkan kepada Anda apa informasi terkait Google yang dimilikinya.

Dalam contoh di bawah ini, Google Chrome memiliki akses ke akun Google saya. Namun, ada program Google lainnya yang mungkin Anda berikan akses untuk aplikasi tertentu. Ini dapat termasuk akun YouTube Anda, kontak Google Anda, Google+, Google Kalender Anda, dll.

Langkah 2: Perbarui Kata Sandi Anda

Anda tidak akan percaya berapa banyak orang yang memiliki kata sandi di email mereka yang sangat mudah ditebak (yaitu kata sandi seperti ‘123456’ dan ‘password’.)

Pastikan kata sandi Anda adalah salah satu yang tidak Anda gunakan untuk situs web lain.

Langkah 3: Periksa Pengaturan Gmail Anda

Untuk memastikan tidak ada orang lain yang memiliki akses ke email Anda, pastikan Anda melakukan hal berikut:

1. Buka Gmail

2. Klik tombol Pengaturan di sudut kanan atas; itu adalah ikon roda gigi.

3. Klik ‘Pengaturan.’

4. Klik tab di bawah ini untuk memeriksa pengaturan Anda.
Di Tab Umum:

1. Periksa tanda tangan Anda. Ini menandakan bahwa pesan tersebut berasal dari Anda dan bukan dari orang lain.

2. Periksa penjawab kala Anda libur dan lihat apakah itu sudah diubah.
Di Tab Akun dan Impor:

1. Periksa opsi ‘Kirim Email Sebagai’ untuk memastikan Anda yang mengirim semua email melalui akun itu.

2. Periksa ‘Berikan akses ke akun Anda’ untuk melihat bahwa tidak ada orang yang tidak dikenal yang memiliki akses ke akun Anda.

3. Periksa ‘Periksa surat dari akun lain (menggunakan POP3).’ Jika ada alamat email dalam daftar yang bukan milik Anda atau seseorang yang Anda percayai, segera ubah sandi Anda.
Di Tab Filter dan Alamat yang Diblokir:

1. Periksa untuk memastikan bahwa surat tidak diteruskan ke akun yang tidak Anda ketahui. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan filter ‘Teruskan ke’.

2. Pastikan bahwa tidak ada filter yang Anda buat tidak menghapus pesan secara otomatis.
Langkah 3: Perbarui Browser Anda:

Ini sangat penting. Setiap kali Anda memperbarui browser Anda, Anda juga mendapatkan pembaruan keamanan terbaru.

Untuk mengetahui apakah Anda memiliki pengaturan yang paling diperbarui, buka WhatBrowser.org.

Anda akan menerima satu dari dua pesan di bawah ikon browser web yang Anda gunakan.

Jika Anda melihat, “Ini adalah versi terbaru,” pengaturan keamanan Gmail Anda sepenuhnya diperbarui.

Jika Anda melihat “Ada versi yang lebih baru”, unduh versi terbaru dengan mengeklik, ‘Perbarui browser Anda.’

Langkah 4: Laporkan Penipuan, Spam, dan Phishing

Google melakukan pekerjaan yang cukup baik dengan memastikan Anda tidak mendapatkan email yang tidak diinginkan di akun Gmail Anda. Namun, jika Anda melakukannya, mereka memiliki metode untuk cara menghindari dan melaporkan penipuan Google.

Kapanpun Anda menerima sesuatu yang mencurigakan, hapus saja.

Namun, jika Anda menerima email yang tidak diinginkan, laporkan ke Google dengan mengklik menu drop-down di sisi kanan layar (lihat di bawah).

About the Author