Cara Membuat Akun G Suite

Cara Membuat Akun G Suite

Cara membuat akun G Suite. G Suite adalah paket layanan berbasis cloud yang dapat menyediakan cara baru untuk bekerja sama secara online bagi perusahaan atau sekolah Anda tidak hanya menggunakan email dan chat, namun juga melalui konferensi video, media sosial, kolaborasi dokumen secara real-time, dan lainnya.

Cukup daftarkan akun G Suite dan sediakan nama domain yang ingin Anda gunakan dengan layanan Google. Setelah terverifikasi sebagai pemilik domain, Anda dan tim Anda dapat mulai menggunakan Gmail, Kalender, Drive, dan layanan inti G Suite lainnya, serta layanan tambahan seperti Google+, Hangouts, Blogger, dan layanan lainnya.

Bagaimana membuat akun G Suite?

Cara membuat akun G Suite sangat mudah, karena pada saat pembuatan akun Anda akan dimudahkan dengan tahap-tahap yang sangat mudah dimengerti. Sebelum berlangganan anda dapat mecoba email secara gratis selama 14 hari. dengan catatan anda telah memiliki domain arau anda juga bisa menggunakan subdomain.

Langsung saja berikut langkah-langkah untuk membuat akun G Suite.

  1. Silahkan Anda akses halaman G Suite melalui link berikut https://gsuite.google.com/
  2. Klik “Mulai Uji Coba Gratis
  3. Silahkan isi nama anda dan alamat email anda saat ini lalu Klik ” Berikutnya ” untuk melanjutkan
  4. Untuk menyiapkan email dan akun G Suite untuk bisnis anda, memerkukan domain karna domain nantinya akan di gunakan sebagai alamat email seperti nama-perusahaan.com, jika anda sudah memiliki domain pilih ” YA SAYA MEMILIKI DOMAIN YANG DAPAT DIGUNAKAN ” Jika anda belum memiliki domain pilih ” TIDAK, SAYA MEMERLUKAN DOMAIN   kami juga menyediakan pendaftaran domain jika anda tertarik silahkan akses halaman kami di Pendaftaran Domain
  5. Selanjutnya isikan nama domain anda lalu klik ” Berikutnya
  6. Anda akan menggunakan nama pengguna Anda untuk masuk ke akun G Suite dan membuat alamat email bisnis.
  7. Akun G Suite anda telah berhasil dibuat, selanjutnya klik ” BUKA PENYIAPAN
  8. Sebagai administrator akun G Suite, Anda dapat mengelola semua pengguna, setelan, dan layanan G Suite Anda. Untuk memulai, login ke konsol Google Admin dan ikuti langkah-langkah penyiapan.
  9. Setelah berhasil login akan muncul tampilan seperti dibawah ini, anda bisa membacanya terlebih dahulu jika anda setuju silahkan Klik ” TERIMA
  10. Selanjutnya Anda akan membuat akun untuk tim anda untuk saat ini dalam masa uji coba Anda hanya bisa menambahkan maksimal 10 akun saja. anda bisa menambahkan beberapa akun sekarang dan sisanya anda bisa tambahkan nanti dengan login ke admin.google.com sebagai admin.
    1. Verifikasi domain dan siapkan email Pada bagian ini ada 3 metode pilihan untuk verifikasi Domain, yaitu:

      1. Dengan menggunakan Meta Tag.
      2. Upload File HTML ke directory website.
      3. Menambahkan record TXT atau CNAME di Domain.
      untuk cara 1. dan 2 khusus untuk Anda yang sudah memiliki Website atau Web Hosting untuk upload file HTML ke dalam root Directory website Anda.Berikut adalah 3 cara untuk Verifikasi kepemilikan domain :

      1. Menggunakan Meta Tag


      Pilih metode Met tag, dan selanjutnya klik tombol LIHAT CONTOH untuk melihat contoh penerapannya. Jika sudah centang “I added the meta tag to my homepage” dan selanjutnya klik tombol VERIFIKASI DOMAIN DAN SIAPKAN EMAIL.

      2. Upload File HTML ke Hosting

      Cara yang ke 2 ini yaitu dengan cara upload file HTML ke directory utama website Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

      1. Pilih metode verifikasi Upload HTML File.
      2. Login ke cPanel.
      3. Cari dan klik fitur File Manager.
      4. Buka direktori/folder public_html.
      5. Upload file yang sudah di download dari halaman g suite tadi ke dalam direktori public_html.
      6. Setelah selesai upload, kembali ke halaman G Suite dan centang pada bagian “I downloaded the HTML verification file” dan “I uploaded the HTML verification file”.
      7. Klik tombol VERIFIKASI DOMAIN DAN SIAPKAN EMAIL.

      3.  Menambahkan record TXT atau CNAME di Domain

      Ini adalah cara untuk menambahkan record pada DNS Management bagi Anda yang domainnya tidak terhubung dengan layanan web hosting. Anda bisa menambahkannya dengan login ke Client Area Provider anda atau anda bisa meminta kepada provider anda untuk ditambahkan.
      Berikut cara menambahkan record TXT dan CNAME di Client Area.
      1. Login ke Client Area Provider domain anda
      2. Setelah berhasil login Klik Menu Hosting & Domain
      3. Pada bagian domain Klik tombol Kelola
      4. Klik Tab DNS Management
      5. klik tombol ADD New Record. Setelah di klik tombol tersebut, kembali lagi ke halaman G Suite.
      Copy host dan selanjutnya tambahkan ke dalam record domain anda yang ada pada DNS Management Selanjutnya klik tombol Save Changes. seperti pada contoh berikut:
      Tambahkan data MX berikut ke panel kontrol domain untuk mengarahkan email ke kotak masuk G Suite Gmail yang baru.
      Simpan data MX baru anda dan hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini

      Setelah semua perubahan selesai anda masih membutuhkan waktu kurang lebih 1*24 jam untuk bisa menggunakan email g suite. seperti keterangan di bawah ini.
      Setelah semuanya telah di lakukan Klik ” VERIFIKASI DOMAIN DAN SIAPKAN EMAIL
      Anda hanya perlu menunggu sampai proses propagasi selesai dan bisa menggunakan email untuk mengirim dan menerima email.

 

 

 

About the Author