Cara Dan Proses Mendaftar Langganan G Suite By Google Cloud

Beberapa waktu belakangan, platform G Suite sangat populer digunakan untuk kolaborasi berbagai organisasi maupun perusahaan. Fungsinya adalah untuk meningkatkan produktivitas kerja. Adanya layanan yang berbasis cloud dari G Suite memungkinkan data-data yang disimpan terjamin keamanannya. Namun, tak sedikit pula orang yang bertanya-tanya bagaimana cara langganan G Suite ini. Berikut cara dan proses yang bisa Anda lakukan.

Tiga Langkah Mendaftar G Suite Dengan Mudah

Sebagaimana dilansir dari laman resminya, cara langganan G Suite dan mendaftarkannya bisa ditempuh dalam tiga langkah mudah. Namun, sebelumnya perlu diketahui bahwa G Suite tidak ada minimal akun, bahkan satu akun pun sudah dapat menggunakan G Suite. Anda pun bisa mendapatkan uji cobanya secara gratis. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buatlah domain dari perusahaan maupun organisasi Anda. Nama domain yang digunakan bisa dengan domain yang sudah ada atau Anda membuat atau membeli domain baru selama pendaftaran ini.
  • Masukkanlah nama pengguna pribadi yang digunakan dengan layanan G Suite. Nama pengguna secara pribadi pada domain tersebut bisa digunakan oleh Google. Nama inilah yang bisa Anda gunakan untuk login ke akun G Suite yang ada.
  • Langkah ketiga, pastikan alamat yang digunakan untuk akun G Suite tidak berada dalam domain G Suite. Alamat email ini haruslah valid dan tidak berada di domain G Suite untuk menerima email langganan.

Mendaftar Melalui Reseller Resmi G Suite

Cara langganan G Suite berikutnya adalah Anda bisa mendaftarkannya langsung melalui reseller resminya. Hampir di setiap negara, Google memiliki reseller resmi untuk menjual produk dan layanannya. Di Indonesia sendiri, untuk layanan G Suite Anda bisa memilih nusa.id cloud. Mendaftar melalui Nusa.id akan memberikan Anda kemudahan. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin mendaftar langganan G Suite dengan Nusa.id.

  • Setelah Anda masuk ke website utama Nusa.id, silakan pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan. Ada tiga paket yang ditawarkan, mulai basic, business, dan enterprise. Anda bisa klik menu atau tulisan ‘Choose Plan’.
  • Kemudian, Anda bisa teruskan dengan klik tulisan ‘Pesan Sekarang’ pada paket yang dipilih.
  • Anda pun perlu untuk mengisikan nama domain yang akan digunakan. Bila Anda tidak memiliki domain dan ingin registrasi domain yang baru, maka bisa klik menu ‘Register a New Domain’. Namun, jika sebelumnya telah memiliki domain dan ingin memindahkannya ke Nusa.id, bisa memilih menu ‘Transfer your domain from another registrar’
  • Selain domain utama, Anda bisa mengisikan subdomain pada menu yang tersedia.
  • Langkah berikutnya adalah dengan memilih siklus pembayarannya. Biasanya pembayaran ini bersifat bulanan, lalu klik ‘Continue’.
  • Bila menggunakan akun baru, langkah pertamanya adalah mengisi informasi data diri di formulir yang disediakan. Jangan lupa untuk membuat password yang kuat dan aman untuk login.
  • Anda pun akan diarahkan ke tampilan invoice untuk pembayaran. Metode pembayarannya bisa berupa online payment maupun transfer antar bank.
  • Kini, Anda pun bisa berlangganan G Suite selama kurun waktu yang dibutuhkan.

Dari ketiga cara langganan G Suite di atas, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingat, masing-masing cara memiliki keunggulan tersendiri. Baik itu berupa kecepatan dalam transaksi dan layanan yang diberikan. Jadi, Anda jangan sampai salah pilih ketika melakukan proses pendaftaran tersebut. Selamat mencoba!

Jika Anda Mengalami Kesulitan Saat Pendaftaran G Suite, Silahkan Hubungi Kami, Kami Akan Membantu Dengan Senang Hati